in

Pendakian Gunung Butak Via Panderman Siapkan Tenaga dan Kamera

Sumber Gambar: Google Maps @Very Brillianto

Pendakian Gunung Butak melalui Bukit Panderman sering dijadikan pilihan para pendaki. Karena, jalannya yang masih ramah khususnya untuk pemula seperti, kamu. Selain itu, ciri khas yang sulit ditemukan di jalur lain adalah pemandangannya yang luar biasa.

Sayangnya, membutuhkan waktu cukup lama karena, Setiap pendaki harus berputar dulu melewati sisi Gunung Panderman. Untuk biaya simaksi kamu akan dikenakan biaya kurang lebih Rp10 ribu saja.

Perlu diketahui bahwa, pendakian Puncak panderman dan Butak ini jadi satu basecamp. Hanya saja, untuk perjalanannya nanti terpisah. Perlu diperhatikan, bahwa ada banyak alur bercabang. Jadi, disarankan untuk membawa peta agar tidak tersesat di jalan.

Pendakian Gunung Butak Menuju Pos 1 dan 2

Sebelum mendaki ke atas, disarankan untuk melihat kembali bagaimana perbekalan sebelum pergi ke puncak. Terutama air minum harus disesuaikan dengan kebutuhan. Menuju pos 1 jalanan masih landai dan ramah bagi pendaki.

Jangan terlalu bersemangat lebih baik jalan santai sembari menikmati keindahan menarik Pemandangan Kota Batu dari atas ketinggian. Perlu waktu 1 jam 15 menit untuk sampai di pos 1. Dimana, merupakan kesempatan terakhir bagi Anda untuk mengambil sumber air selama perjalanan hingga bertemu lagi di pos 4.

Karena, setelah ini sudah tidak ada lagi sumber yang bisa diambil sebagai bekal menuju puncak. Menuju ke Pos 2 setiap pendaki akan diberi dua pilihan jalan. Lebih disarankan ambil saja jalur alternatif.

Sumber Gambar: Google Maps @Juninka Hendy H.

Dimana, jalan tersebut sengaja dibangun oleh warga karena, disana habitat kera sangat banyak. Biasanya banyak pendaki yang merasa terganggu dengan keberadaannya. Apalagi, kalau tahu bahwa, kamu bawa stok makanan, pasti akan direbut paksa.

Jalur ini diberi nama Tanjakan PHP dimana, jalurnya memang menanjak tetapi belum terlalu signifikan. Masih cukup ramah untuk pendaki pemula. Tetapi, tetap mampu membuat Kamu merasakan kelelahan. Kurang lebih butuh waktu 1 jam 15 menit untuk bisa sampai di pos 2.

Pendakian Gunung Butak Menuju Pos 3 dan 4

Sumber Gambar: batumalanghits.wordpress.com

Menuju ke Pos 3 jalur sudah berubah menjadi hutan disini, para pendaki bisa melihat sekawanan kera, dan lutung jawa berkeliaran. Hanya butuh waktu 1 jam 30 menit. Agar Kamu bisa dipercabangannya.

Menuju ke Gunung Panderman serta Parang Tejo Dau. Disini para pendaki bisa mendirikan tenda walau tidak terlalu banyak. Perjalanan menuju ke pos 4 berlanjut, pinggiran bukit dan kayu roboh akan dilewati.

Kurang lebih butuh waktu 1 jam 35 menit untuk bisa sampai di Cemoro Kandang. Sampai disini kamu dan rombongan harus hati-hati. Karena, cuaca bisa berubah sewaktu-waktu terkadang turun kabut tebal.

Jika, datang saat kondisi cerah para pendaki akan melihat Bunga Edelweis yang tumbuh subur. Ingat! jangan dipetik dan biarkan mereka hidup cukup dilihat saja dan abadikan di dalam foto. karena, mengambilnya berarti akan merusak ekosistemnya.

Keindahan bunga keabadian ini bisa dilihat dari Pso 4 yang merupakan padang sabana terluas. Dari sini pendaki sudah terlihat bukit serta puncak gunung yang begitu megah.

Pendakian Gunung Butak Menuju Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @nurdin jejak

Tempat paling ideal untuk mendirikan tenda adalah di pos 4 tepatnya berada di dekat mata air. Perlu diketahui, dengan cuaca yang tidak menentu. Para pendaki disarankan untuk tidak mendirikan tenda di bawah pohon besar sangat berbahaya.

Ingat, tetap jaga kebersihan gunung dari sampah. Jangan kotori sumber mata air agar bisa digunakan kembali. Kebersihan alam menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama. Jadi, jangan sampai dirusak.

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Amin H

Menuju ke puncak memang cukup sulit dimana tanah gembur yang membuat jalan begitu sulit, ada bebatuan pula. Jadi harus hati-hati, setelah menempuh waktu 1 jam 45 menit. Akhirnya, kamu akan tiba di puncak Butak pada ketinggian 2868 Mdpl.

Pemandangannya begitu luar biasa dengan lautan awan. Bila Kamu beruntung, matahari bisa terlihat sangat cantik. Perlu diperhatikan sebelum mendaki adalah cuaca. Jadi, disarankan sebentar saja dipuncak karena, turun dalam suasana kabut cukup membahayakan. Selamat mendaki!