in

Pendakian Gunung Butak Via Pundensari Titik Baru yang Sedang Tren Dilalui

Sumber Gambar: wisatabaru.com

Pendakian Gunung Butak Via Pundensari merupakan titik baru yang belum banyak orang tahu. Jalur ini terletak di Dusun Purworejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Blitar. Sebenarnya, kawasan ini tidak asing bagi masyarakat Blitar.

Karena, disana terdapat sebuah situs pundensari yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Situsnya berupa batu pipih, konon katanya di bangun pada abad ke 15. Buktinya adalah salah satu batu tersebut memuat angka jawa kuno.

Jarak dari stasiun Blitar ke lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit menggunakan kendaraan pribadi. Untuk jalannya sudah cukup baik jadi, tidak terlalu berat bila harus berbelok ke kanan atau ke kiri.

Setelah sampai sini, kamu harus meminta izin dulu kepada para warga. Biasanya, mereka akan menyampaikan sedikit aturan agar saat perjalanan berangkat dan pulang bisa selamat tanpa ada halangan apa-apa.

Pendakian Gunung Butak Via Pundensari Dimulai

Perjalanan dimulai dengan jalur tangga batu yang cukup melelahkan. Baru 10 menit berjalan sudah sampai di area situs. Lebih baik lanjutkan perjalanan saja untuk menghemat waktu. Karena, setelah ini trek menanjak dengan kemiringan 45 derajat sudah siap menanti.

Sumber Gambar: Google Maps @Denny Kurniawan

Lebih disarankan jalan santai saja dan mengatur nafas agar cepat sampai. Total perjalanan dari basecamp sampai ke pos 2 kurang lebih 2 jam 10 menit. Sampai disini, belum ada sumber air dan tanah lapang.

Jadi kesempatan mendirikan tenda harus tertunda terlebih dulu. Setelah beristirahat di pos 2 siapkan tenaga karena, jalur mulai menyempit dan tanjakan berubah menjadi 60 derajat. Dari sini, para pendaki wajib memainkan tangan dan kaki untuk bisa naik.

Total waktu yang dibutuhkan menuju pos 3 adalah 1 jam. Disini juga belum ideal untuk mendirikan tenda, karena kontur tanahnya miring dan sedikit berundak. Tetapi, pemasangan flysheet masih bisa dilakukan dan disarankan.

Sumber Gambar: Google Maps @candra sarwo

Setidaknya istirahat dulu untuk mengisi tenaga dan beribadah. Walau tidak luas, kapasitas tempat ini mampu untuk 15 orang. Jangan heran bila kamu bertemu dengan berbagai hewan liar di dalam hutan. Jangan panik, tetap tenang agar mereka tidak menyerang.

Selepas hutan belantara, pendaki akan memasuki batas vegetasi. Dimana, kabut akan semakin pekat, tanjakan curam dan seakan tidak mau memberikan kesempatan untuk bernafas. Setelah berjalan kurang lebih 5 jam 10 menit, akhirnya tiba juga di pos 4.

Pendakian Gunung Butak Via Pundensari Menuju Puncak

Kesulitan selanjutnya, dalam mengarungi trek baru ini adalah ilalang yang cukup banyak. Jika beruntung, saat istirahat di pos ini kamu bisa melihat burung elang jawa terbang. Melanjutkan perjalanan selanjutnya, pendaki akan memasuki vegetasi tumbuhan lumut.

Sumber Gambar: Google Maps @Lailatul. Fitriyaah

Hal ini menjadi pertanda bahwa, sebentar lagi puncak akan segera tiba. Tidak perlu lama untuk sampai di pos lima kurang lebih 1 jam 30 menit. Dari sini, terlihat savana begitu luas, cukup mendaki punggungan satu lagi maka, puncak akan tiba.

Berjalan ke puncak cukup melelahkan, dari pos 5 setidaknya membutuhkan waktu 59 menit. Tempat yang luas, dengan pemandangan super indah terhampar di depan mata. Panorama matahari tenggelam dan lautan awan membuat semua lelah itu akan runtuh seketika.

Di puncak 2868 mdpl ini kamu bisa mendirikan tenda dan menikmati dinginnya malam sambil menunggu pagi. Sunrisenya juga tidak kalah menakjubkan, pendakian yang sulit untuk dilupakan dan pastinya ingin kembali lagi kesini.

Tips Pendakian Gunung Butak Via Pundensari

Perlu diketahui, bahwa jlaur ini termasuk paling baru. Usahakan untuk menggunakan guide warga sekitar agar tidak tersesat. Untuk tenda hanya bisa didirikan di puncak. Jika datang terlalu sore, bisa di pos 5.

Perhatikan pembagian air, jangan terlalu boros karena, tidak ada sumber sama sekali. Oleh karena itu, pembagiannya harus tepat. Terakhir, jangan lupa membawa sampah kembali dan buang pada tempatnya, agar asrinya jalur pendakian Gunung Butak Via Pundensari tetap terjaga hingga nanti.

Geomedia - JFK 2022