spot_img

Pergi ke Mukomuko ? Mampir Dulu di 10 Destinasi Wisata Berikut Ini

Pernah ke Provinsi Bengkulu? Jika iya, kamu pasti pernah lewat atau mungkin sekedar mampir ke Kabupaten Mukomuko. Nah, akan sangat disayangkan jika kamu hanya sekedar lewat tanpa mampir dan menjelajahi setiap sudut Kabupaten Mukomuko. Karena kabupaten dengan penduduk 165 ribu jiwa ini memiliki banyak destinasi wisata yang cukup menarik.

Dengan letaknya yang bersebalahan dengan Samudra Hindia, membuat kabupaten yang satu ini memiliki banyak wisata pantai yang cukup memukau. Selain pantai, ada juga danau yang bisa memanjakan siapa saja yang berkunjung ke sana.

Maka dari itu, berkunjung ke Mukomuko tidak akan terasa lengkap jika kamu tak berkunjung ke 10 destinasi wisata yang berikut ini. Dijamin, kamu tidak akan menyesal.

Air Terjun Lalayang

Sumber: amristj.blogspot.com

Yang pertama ada Air Terjun Lalayang, yang terletak di Desa Bunga Tanjung. Dinamakan Lalayang karena memang dulunya banyak burung walet yang bersarang di goa besar yang ada di sekitar lokasi air terjun. Namun saat ini walet-walet tersebut sudah punah karena banyaknya eksploitasi yang dilakukan penduduk setempat untuk mengambil sarangnya. Meskipun demikian, air terjun ini tetap memiliki keindahan yang akan menyegarkan pikiranmu.

Air Terjun Sungai Telun

Sumber: gerbangbengkulu.com

Selanjutnya ada Air Terjun Sungai Telun, yang juga tak kalah indahnya dengan Air Terjun Lalayang. Air terjun yang satu ini berada di tengah-tengah hutan, yang membuat udara disekitarnya menjadi terasa sejuk dan segar. Namun sayang, derasnya aliran air terjun membuat para pengunjung dilarang untuk berendam atau berenang persis di bawah air terjun.

Bendungan Air Manjunto

Sumber: sda.pu.go.id

Kemudian ada Bendungan Air Majunto, yang menjadi bendungan air terbesar yang ada di Provinsi Bengkulu. Sama seperti bendungan lainnya, Bendungan Air Manjunto juga digunakan sebagai irigasi dan sumber air bersih warga Mukomuko. Bendungan yang satu ini juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata saat akhir pekan, karena memiliki keindahan alam yang cukup menyejukkan mata. Untuk bisa sampai ke objek wisata Bendungan Air Majunto, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari pusat kota Mukomuko.

Air Terjun Mandi Angin

Sumber: ctzonedehasenbkl.com

Air Terjun Mandi Angin adalah air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu dengan ketinggain mencapai angka 50 m yang terletak di Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh. Air terjun ini sendiri berada dikawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) yang kealamiannya masih sangat terjaga. Dinamakan Air Terjun Mandi Angin karena memang air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar, sehingga para pengunjung yang berada dekat dengan air terjun dipastikan bakal basah kuyup terkena percikan air yang terbawa oleh angin.

Benteng Anna

Sumber: izwandihusaini.blogspot.com

Benteng Anna atau Fort Anne adalah benteng peninggalan Inggris yang dibangun di sepanjang pesisir Bengkulu. Dari informasi, benteng yang satu ini didirikan oleh Inggris pada tahun 1789 yang lalu. Namun saat ini Benteng Anna sudah runtuh, dan tidak nampak bagaimana bentuk aslinya. Di Benteng Anna hanya ada dua peninggalan, yakni meriam kuno milik Inggris dan juga reruntuhan tembok benteng.

Danau Nibung

Sumber: radarutara.id

Danau Nibung adalah danau air rawa yang lokasinya berada di jalur lintas yang menghubungkan Desa Danau Nibung dengan desa SP 6. Akses untuk menuju ke Danau Nibung cukup mudah, dan bahkan bisa dituju dengan menggunakan kendaraan roda empat. Selain menyuguhkan keindahan alam, Danau Nibung juga menyuguhkan beberapa fasilitas penunjang seperti halnya wahana air, gazebo, dan beberapa lokasi spot foto yang menarik.

Pantai Abrasi

Sumber: Youtube @Ash Shaffaat

Pantai Abrasi adalah salah satu pantai yang lokasinya cukup strategis, yakni berada di lintas jalur Sumatera. Dinamakan Pantai Abrasi karena di sepanjang bibir pantai telah dibangun tembok beton dan beberapa tumpukan beton yang digunakan untuk menahan abrasi pantai. Karena memang dampak abrasi di pantai ini sangat tinggi. Menariknya, kamu tidak akan dipungut biaya ketika berkunjung ke Pantai Abrasi.

Pantai Badri

Sumber: Instagram @agung_mqhf

Selanjutnya ada Pantai Badri, yang terkenal akan keindahan sunset-nya. Selain itu, di sekitar Pantai Badri juga terdapat puluhan pohon cemara yang berjajar rapi, seakan menambah keindahan suasana. Keindahan sunset di Pantai Badri membuat banyak para pengunjung yang memilih untuk menghabiskan waktu sore mereka di pantai yang satu ini.

Pantai Batu Kumbang

Sumber: Instagram @irwan_adelio

Ada juga Pantai Batu Kumbang, yang terletak di Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko. Dinamakan Pantai Batu Kumbang karena memang dulunya terdapat 3 buah batu yang bentuknya mirip seperti tungku besar dan berwarna hitam. Namun sayang, kini batu itu sudah berada di tengah laut, karena cepatnya abrasi pantai.

Pantai Pandan Wangi

Sumber: lamia.irhamny

Yang terakhir adalah Pantai Pandan Wangi. Yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan banyaknya bebatuan yang berada di sekitar pantai.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.