Pesona Alam Madiun: Menjelajahi Keindahan Alam

Madiun, sebuah kota yang terletak di lereng Gunung Wilis, memiliki pesona alam yang tak tertandingi. Keindahan alamnya yang meliputi waduk, air terjun, hutan pinus, taman kota, dan taman bunga, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi para pecinta alam dan pencari ketenangan. Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda mengenal lebih dekat beberapa tempat indah di Madiun yang tak boleh dilewatkan.

1. Waduk Kedungbrubus

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Waduk Kedungbrubus adalah sebuah bendungan yang mengendalikan aliran Sungai Kedungbrubus dan menampung air dengan debit yang melimpah saat musim hujan. Berfungsi sebagai objek wisata dan irigasi, waduk ini telah mengalami pemanfaatan optimal. Setiap hari, terutama di malam hari dan saat liburan, waduk ini menjadi tujuan para penggemar memancing. Di sekitar area Waduk Kedungbrubus, fosil-fosil purba juga banyak ditemukan.

Bagi pengunjung yang ingin berfoto di Waduk Kedungbrubus dengan teman atau keluarga, beberapa spot foto telah tersedia untuk menciptakan hasil foto yang menarik. Latar belakang waduk memberikan nuansa alam yang indah, sementara sore hari menawarkan cahaya khas matahari terbenam untuk hasil yang lebih memukau dan modern.

Selain itu, mengambil foto pengunjung lain juga bisa menjadi opsi, tetapi dengan meminta izin terlebih dahulu. Penting untuk menghindari merasa tidak nyaman bagi individu yang tanpa sepengetahuan difoto secara diam-diam. Bagi yang belum pernah mengunjungi, sebaiknya persiapkan rencana dengan matang bersama teman atau keluarga sebelum menikmati pesona Waduk Kedungbrubus.

AlamatGPX2+9R9, Area Perhutani, Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63154

2. Air Terjun Seweru

Sumber Gambar: topwisata.info

Air Terjun Seweru, juga dikenal dengan nama Serondo, Selampir, dan Kedung Malem Waterfall, adalah destinasi alam yang memukau terletak di lereng Gunung Wilis. Terletak sekitar 25 km dari pusat Kota Madiun, air terjun ini menawarkan pengalaman tak tertandingi dalam suasana yang sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Tinggi air terjun ini cukup mengesankan, dengan dua aliran air yang bertemu dan jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter. Pemandangan ini menciptakan gambaran yang memukau dan menarik pengunjung untuk menikmati alam dengan cara yang unik. Air yang mengalir sangat jernih, dingin, dan bahkan bisa langsung diminum, mengalir dari dalam tanah di antara akar pohon yang menciptakan suasana alami yang khas.

Dikelilingi oleh batu-batu alam yang besar dan pepohonan rindang, lokasi Air Terjun Seweru memberikan suasana yang sejuk dan nyaman. Pengunjung dapat menikmati bermain air, berendam, atau sekadar bersantai sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam yang mempesona. Tidak jauh dari air terjun, terdapat agrowisata perkebunan apel dan jeruk yang menambah nilai tambah bagi pengalaman wisata.

Air Terjun Seweru adalah destinasi yang cocok untuk mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam. Dengan air terjun yang cantik, suasana yang sejuk, dan panorama alam yang menakjubkan, tempat ini menyediakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menyatu dengan alam sekitar.

Alamat: 7P23+X93, Branjang, Kare, Kec. Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63182

3. Hutan Pinus Nongko Ijo

Sumber Gambar: visitpare.com

Hutan Pinus Nongko Ijo, sebuah destinasi wisata di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menggabungkan pesona alam hutan pinus dengan spot-spot Instagenic yang memukau. Terletak di kaki Gunung Wilis, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan barisan pohon pinus tinggi dan rindang, ditanam sejak tahun 1981 oleh Perhutani.

Suasana alam yang mempesona di Hutan Pinus Nongko Ijo dihadirkan dalam suasana pegunungan yang sejuk. Selain panorama alamnya, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai spot foto menarik dan instagenic. Pengunjung dapat bermain di area bermain anak, berkemah, dan menikmati liburan bersama keluarga di tengah alam terbuka.

Di tengah pohon pinus yang rindang, sebuah sungai mengalir dengan indah, memberikan suasana yang lebih tenang dan menambah daya tarik tempat ini. Sungai ini juga dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan dua PLTA yang terletak di Desa Kare.

Tidak hanya untuk bersantai dan berlibur, Hutan Pinus Nongko Ijo juga menjadi tempat pemotretan yang populer. Dengan berbagai spot selfie seperti rumah pohon, gardu pandang, ayunan, dan taman bunga, pengunjung dapat merasakan pengalaman berfoto yang unik. Terbaru, ada pula taman edukasi dengan kincir angin raksasa yang menawarkan ilmu dan keindahan.

Bagi yang ingin menghabiskan malam, area berkemah juga tersedia di sini, memungkinkan wisatawan untuk merasakan hutan pinus di malam hari. Hutan Pinus Nongko Ijo memberikan kesempatan untuk beristirahat di hammock, menikmati udara sejuk pegunungan, dan merasakan keindahan alam yang hijau dan asri. Dengan berbagai potensi alam dan hiburan yang ditawarkan, tempat ini menjadi destinasi yang cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman.

AlamatKare, Kec. Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63182

4. Taman Trembesi Kota Madiun

Sumber Gambar: liburanyuk.co.id

Taman Trembesi Kota Madiun adalah destinasi rekreasi yang luasnya sekitar 2.000 meter persegi, diatur untuk menjadi tempat liburan keluarga di Kota Madiun. Tempat ini menawarkan suasana yang nyaman dengan tempat duduk panjang yang terbuat dari balok kayu, menciptakan suasana santai di bawah rindangnya pohon Trembesi yang berusia ratusan tahun.

Dalam taman ini, terdapat beragam spot teduh dengan pepohonan berumur puluhan hingga ratusan tahun, termasuk pohon Trembesi yang menjulang setinggi 50 meter dengan diameter sekitar satu meter. Taman Trembesi menyuguhkan berbagai aktivitas rekreasi, termasuk flying fox sepanjang 70 meter, panahan, paintball, kendaraan ATV, dan lajur mini.

Dikelola oleh Perhutani KPH Madiun, taman ini memiliki keunikan dengan pohon Trembesi yang berusia hampir 100 tahun. Selain menjadi tempat rekreasi, taman ini juga memiliki gudang kayu yang luas, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Cafe-cafe di taman menawarkan makanan dan minuman, dan terdapat spot foto yang menarik dengan latar kayu yang diatur rapi.

Taman Trembesi menawarkan suasana yang sejuk dan teduh di tengah kota, menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga atau teman. Dengan suasana alam yang asri, berbagai fasilitas rekreasi, dan spot-spot menarik, Taman Trembesi merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan di Kota Madiun.

Alamat9GFG+7X8, Jl. Rimbakaya, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63117

5. Raden Sekar Park

Sumber Gambar: Google Maps @Helmi Fitri

Raden Sekar Park adalah destinasi wisata alam yang menggabungkan keindahan taman bunga, edukasi alam, dan area outbound. Tempat ini diinisiasi oleh kelompok tani hutan Riski Abadi pada tahun 2019 dan diresmikan pada Desember 2020. Terletak di lahan perhutani, tempat ini memadukan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dengan pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan.

Taman bunga yang indah menjadi ciri khas Raden Sekar Park, dengan berbagai jenis bunga seperti iler, refugia, matahari, dan anggrek. Miniatur kincir angin khas Belanda menambah pesona tempat ini. Selain taman bunga, tempat ini juga menawarkan area outbound yang melibatkan pembelajaran praktis dalam alam terbuka, menggabungkan aspek fisik, mental, dan intelegensia.

Wisata edukasi juga menjadi bagian penting dari Raden Sekar Park. Program edukasi lebah madu menggabungkan pariwisata dengan pendidikan, memberikan informasi tentang ilmu alam, sosial, budaya, serta pengembangan imajinasi dan kreativitas. Selain menghasilkan produk madu yang bernilai ekonomi tinggi, budidaya lebah juga membantu penyerbukan tanaman.

Selain itu, edukasi pengembangan porang juga ditawarkan di tempat ini. Porang, sebagai tanaman umbi-umbian, memiliki banyak manfaat seperti bahan baku tepung, kosmetik, dan penjernih air. Pengembangan porang memiliki potensi ekonomi dan peluang untuk diekspor.

Raden Sekar Park bukan hanya sekadar destinasi wisata, tetapi juga tempat pembelajaran, konservasi, dan mengapresiasi keanekaragaman alam. Dengan kombinasi antara keindahan alam, edukasi, dan rekreasi, tempat ini memberikan pengalaman yang unik dan bermanfaat bagi pengunjungnya.

AlamatUnnamed Road, Sukorejo, Kradinan, Kec. Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63174

Madiun tidak hanya menghadirkan pesona alam yang menawan, tetapi juga memberikan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya. Dari waduk yang menenangkan hingga air terjun yang memukau, setiap sudut kota ini memiliki cerita dan keindahan uniknya sendiri. Jika Anda ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari dan merasakan kedamaian alam, Madiun adalah destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.