OUR NETWORK

Pesona Alam Terbaik di Air Terjun Lapasi Pasi yang Mungil

Source Image: Instagram @ombobs_

Alam Sulawesi Tenggara lagi-lagi tak pernah habis menebarkan cerita yang mempesona. Tidak hanya soal pantainya yang eksotis, di Sulawesi Tenggara masih banyak surga yang tersembunyi di balik rimbunnya hutan belantara, salah satunya adalah Air Terjun Lapasi Pasi. Cantik dan menawan, setidaknya itulah dua kata yang mampu memggambarkan pesona dari air terjun yang satu ini. Yuk, mari berkenalan dengan Air Terjun Lapasi Pasi!

Lokasi Air Terjun Lapasi Pasi

Sumber: Instagram @ombobs_

Ditinjau secara letak administratif, Air Terjun Lapasi Pasi berada di Desa Lapasi Pasi, Kecamatan Lambai, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Dari pusat Kolaka Utara, para wisatawan masih harus menempuh perjalanan sejauh 110 km dengan lama waktu tempuh sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan. Tidak adanya kendaraan umum menuju ke lokasi memaksa para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau pun sewa untuk menuju ke Air Terjun Lapasi Pasi.

Bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota, ada baiknya bertanya terlebih dahulu kepada warga di sekitar Desa Lapasi Pasi mengenai keberadaan air terjun tersebut. Belum banyak papan petunjuk arah yang bisa mengantarkan para wisatawan menuju ke Air Terjun Lapasi Pasi, hal itu tidak lepas dari lokasi air terjun yang berada di dalam rimbunnya hutan dan juga belum dikenal banyak wisatawan. Tapi tidak perlu khawatir, para wisatawan masih bisa menggunakan sepeda motor untuk menembus hutan, sehingga tidak perlu trekking terlalu jauh untuk menuju ke Air Terjun Lapasi Pasi. Sesampainya di jalan leter S, itu artinya Air Terjun Lapasi Pasi sudah dekat dari lokasimu berada.

Pesona Air Terjun Lapasi Pasi

Sumber: Instagram @@exploresulawesi_tenggara

Setelah melalui perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan, setibanya di Air Terjun Lapasi Pasi para wisatawan akan disambut oleh suara gemericik air terjun yang mengalun indah, bagaikan simfoni alam. Udara juga masih terasa sejuk ditambah dengan rindangnya suasana hutan di sekitar. Sesekali suara burung juga terdengar saling bersahutan, untuk memberikan kesan yang damai dan alami.

Sumber: pidii.info

Surga yang tersembunyi, setidaknya itu adalah gambaran awal tentang Air Terjun Lapasi Pasi. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, kira-kira hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter, dengan debit aliran yang cukup deras. Keunikan Air Terjun Lapasi Pasi adalah air terjun yang mengalir di antara celah dua batu besar yang berdiri kokoh layaknya tembok alam. Di bawah guyuran air terjun juga terdapat kolam alami dengan air yang sangat menyegarkan, disertai dengan bebatuan yang menyelimuti bagian tepinya.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Lapasi Pasi

Sumber: Instagram @meylaniarnold

Keberadaan kolam alami di Air Terjun Lapasi Pasi menjadikan berenang atau bermain air adalah aktifitas terbaik di sana. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Air Terjun Lapasi Pasi tanpa merasakan kesegaran airnya secara langsung. Kolamnya tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk para pengunjung yang memang tidak bisa berenang.

Apabila tidak membawa pakaian ganti, bersantai dengan duduk-duduk di atas bebatuan di sekitar air terjun juga bisa menjadi pilihan. Apabila membawa kamera atau smartphone dengan kualitas yang tinggi, berfoto di sekitar Air Terjun Lapasi Pasi juga bisa menjadi aktifitas yang menarik.

Terjadi Vandalisme di Sekitar Air Terjun

Sumber: Instagram @tinong_faiq

Namun sayang, seiring berjalannya waktu keindahan Air Terjun Lapasi Pasi mulai dirusak oleh tangan-tangan jahil manusia. Bahkan di sana telah terjadi aksi vandalisme dengan mencoret salah satu batu alam di sekitar air terjun. Tentunya hal itu sangat disayangkan, karena bisa merusak keindahan alam yang dimiliki oleh Air Terjun Lapasi Pasi. Jangan meninggalkan apa pun di tempat wisata alam kecuali jejak dan jangan mengambil apa pun kecuali jepretan foto.

Fasilitas di Air Terjun Lapasi Pasi

Sampai saat ini Air Terjun Lapasi Pasi masih belum memiliki fasilitas penunjang yang memadai untuk para wisatawan. Di sana juga belum tersedia toilet yang layak, tempat sampah, hingga warung-warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan. Oleh karena itu, ada baiknya membawa bekal dari rumah sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Air Terjun Lapasi Pasi.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…