OUR NETWORK

Pesona Cantiknya Air Terjun Kanabu Wai di Sumba Timur

Nusa Tenggara Timur tidak pernah berhenti menebarkan cerita manis kepada para wisatawan. Entah itu tentang pantainya yang eksotis, goannya yang unik, pulau-pulau yang menawan, atau mungkin tentang keramahan penduduk dan budayanya yang masih kental tak termakan oleh zaman. Namun satu yang pasti, para wisatawan akan selalu dimanjakan ketika datang di Nusa Tenggara Timur, semua keindahan bisa mereka nikmati di wilayah Indonesia bagian tengah ini.

Sumber: gustiahae.wordpress.com

Ngomong-ngomong soal Nusa Tenggara Timur, lebih tepatnya Kabupaten Sumba Timur, tidak lengkap jika tidak membicarakan Air Terjun Kanabu Wai. Walau pun lokasinya jauh terpencil di pelosok hutan, namun keindahan dari Air Terjun Kanabu Wai mampu menghipnotis para wisatawan yang datang menyambanginya.

Lokasi Air Terjun Kanabu Wai

Sumber: atourin.com

Apabila dilihat secara letak administratif, Air Terjun Kanabu Wai terletak di Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, kira-kira sekitar 130 km dari Waingapu. Tidak ada transportasi umum yang bisa mengantarkan wisatawan menuju ke Air Terjun Kanabu Wai, sehingga satu-satunya cara adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Walaupun terletak di Desa Waikanabu, namun jalur terdekat untuk menuju ke Air Terjun Kanabu Wai adalah dari Desa Mahaniwa. Dari desa tersebut, para wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki atau trekking selama 4 hingga 5 jam, tergantung kondisi fisik. Walau pun cukup melelahkan, namun di sepanjang perjalanan kamu akan ditemani oleh rimbunnya hutan yang memberikan suasana sejuk, ditambah kicauan burung yang saling bersahut-sahutan, akan sedikit mengurangi rasa lelahmu.

Sumber: Instagrm @mas.indraena

Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan belantara, membuat wisatawan berpeluang untuk bertemu dengan beberapa hewan liar di tengah-tengah perjalanan. Apabila bertemu dengan hewan buas, jangan bertindak agresif dan usahakan untuk selalu bergerombol atau berjalan berkelompok, karena hewan liar cenderung takut ketika berhadapan dengan banyak orang.

Pesona Air Terjun Kanabu Wai

Sumber: Instagram @mas.indraena

Setelah melalui perjalanan yang panjang dan melelahkan, kini saatnya kamu sampai di Air Terjun Kanabu Wai. Air terjun ini sangat unik, karena airnya seperti keluar menyembur dari celah-celah rimbunnya dedaunan hijau. Pada bagian bawah air terjun bentuknya berundak, menciptakan pemandangan yang sangat menawan. Di sekitar Air Terjun Kanabu Wai juga terdapat beberapa kolam alami, yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berenang atau mungkin sekedar bermain air.

Apabila tidak ingin basah-basahan, menikmati keindahan Air Terjun Kanabu Wai dengan cara duduk bersantai di atas batu-batu besar juga bisa menjadi pilihan. Untuk kamu yang hobi fotografi, jangan lupa membawa kamera beresolusi tinggi dan ruang penyimpanan yang besar, karena landscape di setiap penjuru Air Terjun Kanabu Wai akan sangat sayang untuk dilewatkan. Lokasinya yang jauh di pelosok hutan, membuat air terjun ini memiliki suasana yang sangat tenang dan damai, cocok untuk kamu yang ingin merelaksasikan diri dan menjauh dari hingar bingar kehidupan kota. Pokoknya kamu bakal betah untuk berlama-lama di Air Terjun Kanabu Wai.

Tiket Masuk

Sumber: wijatnikaika.id

Setiap pengunjung yang ingin datang menghampiri Air Terjun Kanabu Wai tidak akan dikenakan tiket masuk, dalam arti gratis. Hal tersebut dikarenakan air terjun ini belum dikelola oleh pemerintah setempat.

Gratisnya tiket masuk juga senada dengan fasilitas yang ada di sana, yang mana para wisatawan tidak akan menemukan fasilitas apa pun di Air Terjun Kanabu Wai, kecuali tempat sampah. Di sekitar lokasi juga tidak akan ditemukan warung yang menjual minuman atau pun makanan ringan, seperti di tempat wisata pada umumnya.

Tempat Penginapan

Tidak ada penginapan di sekitar Air Terjun Kanabu Wai. Penginapan terdekat dari Air Terjun Kanabu Wai adalah Peter Magic’s Paradise, yang terletak di Jalan Tarimbang, Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung. Ada juga Tarimbang Beach, yang terletak di lokasi yang sama.

Walau pun minim akomodasi dan fasilitas, namun pemandangan yang disuguhkan oleh Air Terjun Kanabu Wai membuatnya layak untuk masuk dalam daftar kunjunganmu di Sumba Timur, terutama bagi kamu yang berjiwa petualang. Pokoknya dijamin kamu tidak akan menyesal berkunjung ke air terjun yang satu ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…