spot_img

Pesona Curug Embun, Sang Primadona Wisata Air Terjun Paling Tersohor di Kapahiang

Apabila anda ingin bermain air namun malas ke waterpark, maka mengunjungi Curug Embun adalah alternatif yang tepat. Yup, seperti yang kita tahu bahwa jika bermain air di waterpark anda akan merasakan nuansa modern khas buatan tangan manusia, namun jika pergi ke curug tentu saja anda akan diajak pada nuansa natural atau kembali ke alam.

Dua duanya tetap seru, namun atmosfer alami ditambah pemandangan yang super asri milik sang pecipta, tentu saja akan membuat anda lebih nyaman, rileks, dan merasakan energi positif seolah meminjam kekuatan dari alam.

Ada dimana sih, Curug Embun itu? Curug Embun berada di Desa Tapak Gedung, Tebat Karai, Kepahiang. Keindahan yang dipancarkan oleh air terjun ini tidak heran menjadikannya sebagai primadona wisata air yang selalu ramai dikunjungi di Bengkulu.

Ah, yang bener Curug Embun itu indah? Tidak percaya? Yuk, intip saja potretnya dibawah ini.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @ramadhan.e.s

Untuk menuju lokasi Curug Embun sangat mudah dan dapat dilewati baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat sebab akses jalannya sudah di-hotmix. Selain itu lokasi parkir kendaraanya pun terbilang cukup luas.

Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam dari Kota Bengkulu. Sementara jika anda mengambil rute dari Bandara Fatmawati maka untuk menuju Kapahiang memakan jarak sekitar 60 KM. Setelah anda tiba di Kota Kapahiang maka harus melanjutkan perjalanan kembali menuju Desa Tapak Gedung yaitu sekitar 10 KM.

Sumber: Instagram @m.frengky_wijaya

Sst … tahu tidak, ternyata desa tersebut sebelum dibangun rumah penduduk dulunya merupakan tempat bangunan beton lama peninggalan Belanda, loh, Selain terdapat bekas gedung, ada pula makam kuno yang berada di bagian atas Curug Embun. Menurut cerita warga sekitar konon katanya makam kuno tersebut adalah kuburan rakyat yang dijatuhkan penjajah dari atas air terjun.

Pesona Curug Embun

Sumber: trepelin.com

Udara di Curug Embun sangatlah sejuk. Hal ini tidak mengherankan sebab lokasinya yang berada di daerah pegunungan tempat dimana tumbuh suburnya aneka sayuran juga padi. Di lokasi ini pun anda akan banyak menjumpai tanaman bunga yang indah dan berwarna-warni, loh. Selain itu ada banyak pula tanaman kopi. Yup, menanam kopi adalah mata pencaharian penduduk desa ini.

Nah, untuk memasuki kawasan Curug Embun anda akan dipungut biaya sebesar 5 ribu rupiah. Jika membawa kendaraan pribadi tarifnya 2 ribu rupiah untuk motor dan 3 ribu rupiah untku mobil. Setelah keluar dari pintu masuk, anda harus melakukan tracking menurun selama kurang lebih 10 menit. Jalan yang dilalui terbilang cukup curam dengan kondisinya yang selalu basah. Namun jangan khawatir, pihak pengelola telah memfasilitasi akses tersebut dengan jalan setapak juga pembatas besi sehingga lebih mudah untuk melewatinya. Dan taraa.. anda pun akan langsung disambut dengan pesona Curug Embun.

Sumber: Instagram @bengkulu_photography

Daya tarik dari curug ini adalah karena tingginya mencapai seratus meter. Sepanjang pinggiran curug juga banyak bunga cantik yang kian membuat suasana semakin manis dan eksotis. Brr… airnya sangat dingin, loh, namun menyegarkan. Anda bisa merasakan kesejukan dari percikan air curug sambil berjalan di atas batu-batu sungai.

Volume air Curug Embun tidak terlalu besar. Tingginya pancuran juga volume air kecil inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari Curug Embun sehingga seolahnya air yang tumpah dari ketinggian akan berubah menjadi embun saat mencapai bawah. Sekarang anda tidak heran lagi, kan, kenapa pada akhirnya curug ini dinamakan Curug Embun.

Air tersebut lalu mengalir dan tertampung dalam sebuah kolam alami dibawahnya. Nah, dikolam tersebutlah anda bisa menghabiskan waktu untuk berendam atau pun bermain air. Selain itu para muda-mudi milenial pun biasanya langsung mengambil kamera digital  andalan mereka dan menyempatkan foto bersama background air terjun.

Sumber: Instagram @recobarna

Jika beruntung, anda juga bisa menyaksikan anak-anak asli Kapahiang yang berani terjun dikedalaman 4 meter lebih, loh. Pemandangan ini tentu saja semakin membuat suasana kian ceria. Apabila sudah tiba waktunya untuk anda pula, jangan lupa membeli oleh-oleh buah-buahan segar yang dijual penduduk setempat disana. Wah, semakin lengkap deh liburan anda. Itulah keseruan jika anda mengunjungi Curug Embun. Bagaimana? Menarik bukan? Tunggu apalagi, yuk, liburan ke Curug Embun.

 

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.