OUR NETWORK

Pesona Danau Tarusan Kamang Yang Fenomenal

Danau Tarusan Kamang adalah danau fenomenal yang terdapat di Sumatera Barat. Kondisi dari danau yang cukup fenomenal tersebut hanya terdapat pada danau Tarusan Kamang. Mungkin menjadi satu – satunya danau yang dapat pasang surut sewaktu – waktu.

Area danau tersebut dari dulu hingga kini tidak dihuni oleh siapapun. Bahkan tidak ada suatu petunjuk yang menegaskan bahwa area danau pernah dihuni. Sebagian area danau yang sempat surut memang dapat dijadikan sebagai hunian. Tetapi hal tersebut tidak dalam kurun waktu lama. Karena sewaktu – waktu air danau menjadi pasang dan menenggelamkan area yang tadinya surut.

Sumber: Instagram @hardi_photography

Berdasarkan informasi dari penduduk setempat, air yang surut akan kembali pasang hanya dalam ±5 bulan. Terkadang hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar ±2 tahun. Begitu pula dengan sebaliknya.

Lokasi Danau Tarusan Kamang

Danau yang cukup fenomenal ini terletak di Jorong Halalang, Kamang Mudiak, Kamang Magek, Agam, Sumatera Barat. Letak dari destinasi wisata tersebut tidak terlalu jauh dari pusat kota Bukittinggi. Hanya membutuhkan waktu selama ±30 dari kota Bukittinggi.

Tetapi cukup disayangkan lokasi Danau cukup jauh dari jalur Trans Sumatera HWY. Hal ini menyebabkan wisatawan yang berasal dari luar Sumatera Barat, menjangkau destinasi wisata tersebut. Begitu juga dengan jarak antara danau dan Minangkabau International Airport.

Bandara tersebut menjadi satu – satunya akses transportasi udara yang terdapat di provinsi Sumatera Barat. Untuk lokasi dari Minangkabau International Airport terletak di Katapiang, Batang Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

SUmber: Instagram @minangtourism

Meskipun dapat menyita waktu seharian penuh jika hendak mengunjungi danau Tarusan Kamang yang fenomenal. Hal itu bukan suatu kendala besar, mengingat pesona dari danau yang sangat langka ini.

Hal tersebut menjadi ciri khas sekaligus karakteristik dari danau Tarusan Kamang. Terlebih lagi sangat sulit ditemukan sebuah danau yang mempunyai keunikan seperti danau tersebut.

Penjelasan Ilmiah Tentang Danau Tarusan Kamang

Dengan keadaan danau yang cukup unik dan langka, membuat beberapa pakar ilmiah tertarik untuk mengaji kondisi dari danau Tarusan Kamang tersebut. Dari semua penelitian yang telah dilakukan menghasilkan berbagai macam hipotesa mengenai danau fenomenal tersebut.

Sumber: Instagram @archedman

Aliran danau ini berhubungan dengan sungai bawah tanah secara langsung. Pasang surutnya danau pun dipengaruhi oleh kondisi air sungai bawah tanah.
Lain menyatakan bahwa letak danau berada di zona patahan pulau Sumatera di bagian timur. Oleh sebab itu, kondisi air di danau tersebut sangat tidak stabil. Serta dapat pasang surut sewaktu – waktu tanpa adanya perkiraan waktu tepat untuk menentukan kapan danau pasang dan juga surut.

Keberadaan danau pun diperkirakan ada sejak 70 ribu tahun lalu. Namun bukan dalam bentuk danau, melainkan dalam bentuk lain. Hipotesa tersebut diperkuat dengan penemuan batuan kapur / gamping di tepi – tepi danau. Kondisi dari gamping tersebut sama seperti gamping / batuan kapur yang umumnya terdapat di tepi pantai.

Umur batuan kapur tersebut telah mencapai ratusan abad tahun. Batu kapur tersebut mengandung zat mineral COCA 2. Area perbukitan karst di danau Tarusan Kamang tersebut berusia jauh lebih lama daripada perbukitan karts di pulau Jawa. Tepatnya sekitar 300 – 400 juga tahun lalu. Bukit karst merupakan sebuah wilayah yang terdapat beberapa bukit, gua dan juga sungai bawah tanah.

Kondisi perbukitan karst ini secara tidak langsung mematahkan hipotesa yang menyatakan bahwa Danau Tarusan Kamang awalnya berupa lautan. Karena salah satu karakteristik dari bukit karst adalah adanya endapan hasil dari batuan kapur / gamping yang lapuk.

Selain itu daerah ini mempunyai suatu sungai yang alirannya seakan terputus begitu saja. Tetapi pada dasarnya aliran sungai tidak terputus sama sekali. Hanya saja sungai tersebut mengalir ke bawah tanah. Dengan kata lain, terhubung secara langsung dengan sungai bawah tanah.

Sumber: Instagram @ghaardi

Area danau yang termasuk ke dalam jenis bukit karst, telah menimbulkan berbagai macam anggapan. Kawasan tersebut memang berupa perbukitan dan terdapat beberapa gua. Di samping bukit dan gua tersebut, akan ditemukan danau bawah tanah, sungai bawah tanah hingga curug bawah tanah.

Hal tersebut masih dalam hipotesa dari beberapa penelitian. Sehingga belum dapat dipercaya sepenuhnya hingga ada bukti yang menunjukkan keberadaan dari sungai dan danau bawah tanah.

Tips Mengunjungi Destinasi Wisata Alam Danau Tarusan Kamang

Sebelum mengunjungi destinasi wisata alam fenomenal ini, sebaiknya pertimbangan dengan baik transportasi yang hendak digunakan. Satu – satunya transportasi yang sangat memadai untuk mengunjungi danau ini adalah sepeda motor.

Sebab area jalan yang menuju ke lokasi cukup sempit. Serta sangat sulit untuk dilalui oleh mobil, apalagi jika keadaan jalan sedang macet. Hal tersebut membuat mobil sulit untuk bergerak.

Sumber: Instagram @noval_saptio11

Lalu hindari pula menggunakan jasa alat transportasi umum. Karena lokasi danau yang jauh dari jalan raya sangat sulit untuk menjumpai transportasi yang menuju ke arah destinasi wisata tersebut. Selain itu pasti akan mendapatkan kesulitan dalam menemukan alat transportasi untuk pulang.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Danau Tarusan Kamang

Destinasi wisata alam ini mempunyai fasilitas yang cukup minim. Namun bukan berarti adanya batasan aktivitas yang dapat dilakukan di danau tersebut. Bukan hanya pengunjung, penduduk setempat pun juga melakukan berbagai macam aktivitas di danau tersebut secara bebas. Inilah aktivitas yang ada di danau Tarusan Kamang :

1. Beternak

Sumber: Instagram @ariftamaminst

Untuk aktivitas yang satu ini dilakukan oleh penduduk setempat. Danau tersebut dimanfaatkan sebagai area peternakan. Ada berbagai macam hewan ternak yang terlihat sekitar danau, mulai dari kerbau, kambing, bebek hingga ikan.

Air danau yang dijadikan sebagai area peternakan warga setempat, tentu saja membuat kondisi danau sangat tidak memungkinkan untuk berenang. Padahal air danau sangat jernih dan juga segar.

Namun dengan adanya berbagai hewan ternak yang ada, semua pengunjung pun mengurungkan niat untuk berenang.

2. Mengelilingi danau dengan rakit

Sumber: Instagram @adhyan.chaniago06

Aktivitas yang satu ini cukup menyenangkan dan menjadi satu – satunya cara mengeksplorasi pesona danau Tarusan Kamang. Di tepi danau terdapat jajaran rakit milik warga setempat, pengunjung pun dapat secara bebas meminjam rakit yang ada. Penggunaan rakit tentu saja dengan membayar jasa sewa.

Dengan mengelilingi danau menggunakan rakit, dapat menikmati luaskan danau. Selain itu dapat juga singgah sejenak di suatu pulau kecil yang terdapat di tengah – tengah danau.

3. Berburu ikan

Sumber: Instagram @fauzi_pujik

Khusus aktivitas yang satu ini hanya dapat dilakukan ketika kondisi danau dalam keadaan surut. Sebab pada keadaan tersebut, banyak ikan – ikan yang tergeletak di daratan. Pengunjung pun secara bebas memungut ikan tersebut.

Tetapi sebaiknya hindari untuk memungut ikan yang terletak dekat dengan area pertambangan warga yang ada. Karena sudah dipastikan bahwa ikan yang tergeletak tepat di sekitar pertambangan merupakan milik para peternak ikan.

Ada beberapa jenis spesies ikan yang dapat dijumpai di danau tersebut. Spesies tersebut meliputi bada putih, nila, rayo, panser dan lain – lain.

Comments

Loading...