in

Pesona Indonesia Dari Puncak Gunung Cikuray Via Cikajang

Sumber Gambar: Wikipedia

Gunung Cikuray menjadi salah satu sajian yang tidak boleh kamu lewatkan. Ada beberapa jalur yang bisa kamu tempuh. Tetapi, kali ini kami akan mencoba Via Cikajang terlebih dahulu yang ternyata juga mempunyai dua titik awalan. Ada yang melalui kampung Olan, ada pula yang memulainya dari Kampung carik.

Hal yang menarik disini, kamu tidak menemukan pos seperti di jalur Bayongbong dan Cilawu. Maklum saja, Jalur Cikajang memang menjadi trek resmi hanya saja, kurang begitu favorit di kalangan pendaki. Oleh karena itu, tidak heran bila jarang pendaki yang akan berpapasan dengan kamu disini.

Menuju Basecamp Cikajang

Dari Mana pun kamu memulai entah dari Olan atau carik, kamu bisa memulainya dari Terminal Garut. Dari sini, kamu bisa menggunakan ojek dengan harga 20 ribu hingga 40 ribu rupiah. Atau kamu bisa menggunakan angkot yang bisa disewa dengan harga 400 ribu sampai 650 ribu untuk pulang pergi.

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kebutuhan air. Maklum saja, salah satu hal yang memang susah di trek ini adalah hampir tidak adanya sumber air bersih. Jadi, kamu harus bawa air yang cukup dari bawah.

Menuju ke Pos Cacakan 1

Perjalanan dimulai menuju ke Pos Cacakan 1 dengan waktu tempuh 2 jam. Jalannya cukup datar dan di kanan dan kiri kamu bisa melihat ladang serta kebun warga yang begitu mengesankan. Terkadang mereka juga akan menyapa kamu dalam bahasa sunda yang begitu kental.

Bagi kamu yang ingin menghemat tenaga, kamu bisa naik ojek menuju ke pos selanjutnya. Waktu tempuhnya kurang lebih 15 menit saja. Dengan harga kurang lebih 20 ribu hingga 35 ribu rupiah. Sedikit mahal memang tetapi, cukup untuk menjaga tenaga agar bisa mendaki di pos selanjutnya.

Menuju Ke Pos Cacakan 2

Menuju kek Cacakan 2 kamu akan menempuh waktu kurang lebih 1 jam 20 menit. Dimana, kamu akan menemukan tanah datar dengan beberapa kali tanjakan yang cukup menguras tenaga.

Menuju ke Cacakan 2 kamu akan disuguhkan dengan jalur jurang yang cukup dalam. jadi, kamu harus berhati-hati dalam melangkah. Bagi yang membawa beban berat lebih baik berada di bagian tengah bila kamu memang datang bersama dengan rombongan.

Dari pos ini kamu bisa menikmati area yang cukup luas. Kamu bisa beristirahat dan menikmati camilan atau juga minuman yang sudah dibawa dari rumah. kamu harus persiapkan dengan benar fisik dan mengatur nafas. Karena, setelah ini perjalanan menuju ke puncak tidaklah mudah.

Menuju Puncak

Sumber Gambar: dailyvoyagers.com

Inilah yang menarik dari pendakian Cikuray, kamu tidak memerlukan waktu yang panjang. dengan ketinggiannya yang hanya 2821 Mdpl. Pendakian ini memang cocok bagi kamu yang sedang pertama kali naik ke atas. Walaupun, kamu harus mengeluarkan tenaga yang cukup. 30 menit berjalan, kamu akan tiba di persimpangan, dimana  belok kekiri ke arah bawah kamu akan tiba di Jalur Bayongbong. Ambil jalur ke kanan menuju ke Arah Puncak.

Puncak di Cikuray memang begitu unik, dimana kamu akan melihat sebuah bangunan bekas dari tv nasional. Pemandangan yang akan disuguhkan benar-benar mengesankan. Jangan lupakan untuk menikmati pemandangan matahari terbitnya. Dimana, panoramanya akan mencengangkan bersama dengan Gunung Guntur yang bisa kamu nikmati.

Lautan awan yang menjadikanmu seperti berada di negeri di atas awan bisa kamu nikmati disini. Rasanya, ingin berlama-lama di tempat ini. Total perjalanan menuju ke atas kurang lebih 6 jam sampai 7 jam. Untuk waktu turun kurang lebih 4 jam hingga 5 jam. Jalan turun sedikit licin, jadi diharapkan kamu berhati-hati melalui jalur disini.

Kesimpulan

Perjalanan ke Gunung Cikuray memang mengesankan. Walaupun, ada dua percabangan jalan tetapi, semuanya akan bertemu di pos 1 Cacakan. dengan pemandangan yang hampir sama. Perkebunan warga dan ladangnya yang begitu elok dari sisi fotografi.

Jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang sudah kamu bawa dari bawah. Jangan sampai kamu tinggal diatas dan membuat suasana di Cikuray menjadi kurang bagus dengan tumpukan sampah. Jadi, sudah siap menjelajahi Gunung Cikuray?