in

Pesona Indonesia Dari Puncak Gunung Cikuray Via Cilawu/Pemancar

Sumber Gambar: ardiyanta.com

Gunung Cikuray menjadi sajian yang memang mengesankan bagi warga Jawa Barat khususnya untuk mereka yang menyukai pendakian. Dengan ketinggian 2821 Mdpl menempatkannya sebagai Gunung Tertinggi di kabupaten garut dan no.4 di Jawa barat.

Kali ini kami akan mencoba jalur Pemancar yang konon menjadi jalur terpanjang di Cikuray. Mengapa disebut dengan Trek Pemancar, karena disini kamu bisa melihat banyak pemancar televisi seperti TVRI, dan beberapa TV swasta yang sering kamu tonton.

Menuju Basecamp Pemancar

Sumber Gambar: Google Maps @ahmad zulfi andika

Nama lain dari jalur ini adalah Cilawu. Karena, terletak di desa Cilawu Menuju ke Desa ini bisa kamu mulai dari Terminal Guntur, Kabupaten Garut. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan 06 menuju ke titik pendakian.

Bagi yang membawa rombongan lebih baik carter satu angkutan yang berjumlah 12 sampai 15 orang dengan harga 200 ribu hingga 400 ribu rupiah. Biasanya bila kamu pintar menawar harganya akan turun. Pembayaran simaksinya kurang lebih 10 ribu rupiah saja.

Disini semua pimpinan regu akan mendata krunya dan check semua perbekalan dan perlengkapan yang ada.  Selain itu, juga dimintai KTP untuk dicatat agar bisa segera dibantu bila tersesat atau hilang.

Menuju ke Pos 1 dan Pos 2

Nah, menuju pos 1 kamu akan melewati perkebunan warga yang begitu indah dan eksotis  Jalannya pun menanjak ke atas dimana warna hijau dengan dominasi jalur menanjak Perlahan yang membuat kamu ngos-ngosan. Kamu juga bisa memutuskan istirahat sejenak untuk mengatur nafas dan melanjutkan lagi perjalanannya.

Sumber Gambar: Google Maps @Game Past

Menuju ke Pos 2, kamu akan disuguhkan dengan keindahan panorama perbukitan dan hamparan kebun teh yang sangat mengesankan. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 120 menit lamanya.

Menuju ke Pos 3, Pos 4, dan Pos 5 

Menuju ke pos 3 kamu akan masuk ke jalur hutan. Dimana, pemandangannya benar-benar membuat heboh. Hanya saja, menuju membuat kamu merasa kesal dibuatnya. memang cukup panjang sehingga, waktu yang ditempuh bisa mencapai 4 jam sendiri. Waktu ini biasanya banyak yang memilih untuk beristirahat setiap 15 sampai 20 menit. Maklum saja, jalanan yang akan kamu temukan adalah tanah, batu keras, pepohonan pohon-pono dan bunga-bunga yang berserakan dan  tumbang,

Sumber Gambar: Google Maps @arif rachman

Menuju ke pos 4 kamu sudah disuguhkan dengan jalanan berupa akar-akar dan bebatuan tanah yang cukup menyulitkan. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 15 menit. Di pos 4 areanya cukup luas sehingga, kamu bisa mendirikan tenda untuk 3 sampai 4 tenda. Tidak jauh berbeda dengan Pos 5, dimana kamu akan menemukan jalanan yang tidak jauh berbeda. Biasanya di pos ini para pendaki sudah banyak ujiannya. Mulai dari rasa lelah, hingga udara dingin.

Menuju Pos 6 dan Puncak

Sumber Gambar: Instagram @saepulhernandes

Menuju pos 6 jalanan kembali menanjak dengan jalanan bebatuan, tanah dan akar pohon. Sering kali kamu akan berpegangan dengan pepohonan yang ada disini karena tanjakannya memang cukup tinggi. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam 15 menit.

Di Pos 6 ini kamu bisa menemukan area yang sangat luas bisa mungkin untuk 10 tenda. Dimana, tempat ini menjadi pos terakhir para pendaki sebelum summit attack ke atas. Nah, menuju puncak kamu hanya perlu waktu 15 menit saja. Jalannya sedikit menanjak tetapi, masih cukup landai untuk kamu yang ingin menikmati sunrise di Cikuray.

Pemandangan dari puncak Cikuray memang mengesankan. Dimana, matahari perlahan muncul dari celah kabut yang membentuk awan. Udara dingin perlahan berubah menjadi kehangatan karena sinar matahari yang semakin beranjak tinggi. Sungguh, keindahan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tidak mungkin bisa kamu dapatkan kecuali, di Cikuray

Kesimpulan

Waktu tempuh menuju ke puncak Cikuray dari Pos Pemancar kurang lebih 8 jam sampai 9 jam lamanya. Untuk turun bisa mencapai 5 jam sampai 6 jam. Pemandangan indah nan eksotis. Jangan lupa bawa pembekalan yang cukup terutama soal air minum. Maklum saja, ditempat ini memang jarang sumber air minum.

Pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan selama di Cikuray dengan pesonanya yang benar-benar menakjubkan akan menjadi sebuah cerita tersendiri untuk anak cucumu kelak. Jadi, sudah siap menjelajah gunung tertinggi di Garut ini?