OUR NETWORK

Pesona Keindahan Indonesia Dari Puncak Gunung Salak Via Cidahu

Sumber Gambar: Google Maps @Aditya Karnawiredja

Gunung Salak menjadi salah satu tempat favorit bagi pendaki. Hanya saja, bagi kamu yang masih pemula, mendaki Gunung dengan ketinggian 2211 mdpl membutuhkan kerja yang sangat keras. Trek yang harus dilalui sebenarnya tidak panjang hanya saja mampu membuat lutut kamu lemas, dan mengeluarkan banyak keringat, kadang pula hampir putus asa.

Ada 4 titik pendakian yang bisa kamu pilih. Tetapi, saat ini kami ingin mengajak kamu mendaki melalui Cidahu. Konon, jalur ini menjadi titik pendakian favorit bagi para pendaki yang ingin melihat pesona Gunung Salak. Penasaran apa saja yang akan kamu temui di trek ini. Mari kita lanjutkan pendakiannya di bawah ini.

Menuju ke Titik Pendakian Cidahu

Pendakian ini terletak di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan kereta api terlebih dahulu menuju ke Stasiun Manggarai. Kemudian, melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bogor. Dengan tarif 10 ribu rupiah. Selanjutnya, kamu bisa naik taksi online dengan rentang harga 150 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Bisa juga carter angkot dengan tarif 300 ribu rupiah atau bila kamu bisa menawar bisa dengan harga 500 ribu rupiah pulang pergi. Untuk harga simaksi dari jalur ini kurang lebih 22 ribu rupiah per orang.

Menuju Pos Simpang Bajuri

Pos pertama yang harus kamu tempuh adalah Pos Bajuri. Dimana, setelah melewati pos penjagaan, kamu langsung disuguhkan dengan tanjakan tanpa henti. Pepohonan lebat dengan jalan cukup sempit. Atur nafas agar kamu tidak cepat lelah.

SUmber Gambar: travel.detik.com

Berjalanlah santai dan jangan terlalu memaksakan diri. Waktu tempuh berjalan santai kurang lebih 1 jam 20 menit. Dari sini akan ada percabangan dimana kamu bisa memilih memutar dahulu ke Kawah ratu atau langsung melanjutkan perjalanan ke Puncak Salak.

Dari sini pula kamu akan bertemu dengan para pendaki yang naik dari pos Pasir Reungit. Cukup luas kurang lebih bisa mencapai 10 tenda. Menariknya, perjalanan di Gunung Salak, kamu karna disuguhkan dengan banyak papan petunjuk berapa kilo lagi sampai di pos selanjutnya dan di puncak.

Menuju Pos Bajuri

Dari simpang bajuri menuju ke Bajuri membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam hingga 4 jam. Karena, kamu bakal disuguhkan dengan jalanan rawa. Menariknya, di rawa ini bisa membuat sepatu kamu tenggelam lho. jadi, kamu harus berhati-hati.

Sudah ada batang pohon yang bisa kamu manfaatkan untuk berjalan. Terkadang, kamu juga harus berjalan merangkak. Dimana, ada banyak sarang tawon yang harus kamu lalui. Kamu harus bersabar dan tetap berjalan. Karena, disitulah seninya naik gunung.

Puncak Bayangan

Dari Puncak Bajuri menuju ke Puncak Bayangan kurang lebih membutuhkan waktu sampai 8 jam. Sajian trek yang disuguhkan memang luar biasa. Kalau bisa diibaratkan kamu harus berjalan melewati 1000 anak tangga per meternya. Sulitnya lagi, sudut kemiringannya bisa mencapai 60 derajat lho.

Kamu harus berhati-hati, karena ada banyak jurang yang ada di sebelah kanan kamu.  Jadi, lebih baik berjalan perlahan tapi pasti. Setibanya di Puncak Bayangan kamu bisa beristirahat dan mendirikan tenda. Dari sini, perjalanan menuju puncak Salak  kurang lebih 2 jam.

Puncak Salak 2

Persiapkan benar diri kamu menuju puncaknya, karena sudut kemiringannya bisa mencapai 80 derajat lho. Disini sudah disediakan Webbing. Sejenis tali yang disediakan untuk membantu para pendaki naik ke atas. Kurang lebih ada 7 sampai 9 webbing yang bisa kamu temui.

Sumber Gambar: Google Maps @Dimas Saputra

Tetapi, semua keluh kesah dan keringat kamu akan terbalas dengan pemandangan pepohonan akasia yang akan menyambut kamu sesampainya di puncak. Cobalah untuk camping disini, karena pesona malamnya sangat luar biasa. 

Sumber Gambar: Google Maps @Zulfi Gunawan

Kamu juga bakal disuguhkan dengan sunrise cantik dengan pesona gunung Gede Pangrango yang seakan ikut menyambut dan memberikan ucapan selamat. Disini, kamu juga berziarah di makam mbah salak lho.

Kesimpulan

Total perjalanan yang harus kamu tempuh kurang lebih 8 jam. Untuk turunnya bisa mencapai 5 jam sampai 6 jam saja. Panoramanya yang mengesankan bukan. Jadi, sebelum mendaki Gunung Salak, disarankan untuk berolahraga rutin, setidaknya menempa fisik agar kuat dan tidak mudah lelah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…