in

Pesona Pulau Birah Birahan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Source Image: Instagram@iqra_adrian

Kalimantan Timur kini tidak hanya dikenal dengan ribuan hektar hujan tropisnya dengan pepohonan yang lebat, karena sekarang provinsi yang satu ini juga sudah mulai mengembangkan wisata alam. Provinsi seluas 127.346,92 km persegi itu pun dinilai cukup beruntung, karena dianugrahi dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Beberapa wisata ternama di Kalimantan Timur adalah Goa Biru Maratua, Batu Dinding, hingga Bukit Bangkirai. Tidak hanya itu, Kalimantan Timur juga terkenal akan wisata bahari, karena kondisi geografisnya yang berbatasan langsung dengan Selat Makassar di sebelah timur. Beberapa wisata bahari ternama di Kalimantan Timur adalah Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, hingga Pulau Maratua.

Ngomong-ngomong soal wisata bahari, ada salah satu wisata yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Kalimantan Timur, yakni Pulau Birah Birahan. Namanya memang cukup unik dan belum familiar di telinga para wisatawan, namun yang pasti pulau ini layak untuk menjadi tujuan liburanmu, pemandangannya pun tak kalah dari Pulau Derawan yang sudah terkenal itu.

Lokasi Pulau Birah Birahan

Sumber: Instagram @bangauuu

Secara administratif, Pulau Birah Birahan terletak di Kecamatan Sandaran, Kabupaten Kutai Tmur, Kalimantan Timur. Jaraknya cukup jauh dari ibu kota Kalimantan Timur, Samarinda, lebih dari 300 km atau dengan waktu tempuh 7 hingga 8 jam perjalanan darat. Untuk menuju ke Pulau Birah Birahan, kamu harus menuju ke Desa Manubar, yang menjadi desa paling dekat dengan pulau tersebut. Dari Desa Manubar, kamu bisa menyewa perahu milik nelayan setempat untuk mengantarkanmu menuju ke Pulau Birah Birahan.

Sampai saat ini masih jarang ada paket travel ke Pulau Birah Birahan, karena memang pulau ini belum terlalu familiar di telinga wisatawan. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan perjalanan individu menuju ke Pulau Birah Birahan. Persiapkan perjalananmu dengan matang, terutama soal akomodasi.

Pesona Pantai di Pulau Birah Birahan

Sumber: Instagram @disparkutim

Pulau Birah Birahan adalah pulau yang tak berpenghuni, sehingga alamnya masih benar-benar alami tanpa sentuhan tangan manusia. Di sana kamu bisa menemukan banyak pantai dengan pemandangan eksotis, berpasir putih bersih berpadu dengan hamparan lautan biru. Di sekitar pantai Pulau Birah Birahan juga banyak tumbuh pepohonan, yang bisa membuatmu betah untuk berlama-lama di sana. Apabila laut sedang surut, terdapat sebuah gusung atau pulau pasir yang terdapat di tengah-tengah laut. Sungguh menarik memang!

Pesona Taman Bawah Laut

Sumber: Instagram @jejakpesona_kutim

Tidak hanya menyediakan pemandangan pantai yang eksotis, di sekitar Pulau Birah Birahan juga terdapat beberapa hektar taman bawah laut yang sangat mempesona. Kamu bisa melihat cantiknya terumbu karang di laut Pulau Birah Birahan dengan cara snorkeling. Hanya saja kamu harus membawa peralatan snorkeling dari rumah, karena memang belum ada persewaan alat-alat snorkeling di sekitar pulau. Namun yang pasti, pesona taman bawah laut Pulau Birah Birahan tidak akan pernah membuatmu kecewa.

Tempat Penyu Bertelur

Sumber: Instagram @sudirman_allay

Pantai yang bersih ditambah dengan lautan yang jernih tak tercemar, membuat pantai-pantai di sekitar Pulau Birah Birahan sering menjadi tempat penyu-penyu untuk meletakkan telurnya, terutama penyu hijau dan penyu sisik. Apabila kamu sedang beruntung, pada pagi hari terkadang juga ada beberapa tukik yang berenang menuju ke lautan lepas demi melangsungkan kehidupannya. Para wisatawan dilarang untuk mengambil telur-telur penyu yang banyak berserakan di pantai Pulau Birah Birahan, karena memang satwa laut yang satu ini sudah langka dan statusnya dilindungi oleh pemerintah.

Fasilitas Pulau Birah Birahan

Sumber: Instagram @syamsulhadyy

Statusnya sebagai salah satu pulau konservasi, membuat Pulau Birah Birahan tidak ada fasilitas apa pun, termasuk toilet yang seharusnya menjadi fasilitas utama di tempat wisata. Di sana kamu juga tidak akan menemui warung penjual makanan atau pun minuman ringan, layaknya di tempat wisata pada umumnya. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke sana ada baiknya persiapkan segala perbekalan, termasuk air mineral.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berlibur di Pulau Birah Birahan? Pesonanya dijamin tidak akan pernah mengecewakanmu. Jangan meninggalkan apa pun di tempat wisata, kecuali jejak, dan jangan membawa apa pun, kecuali bingkaian gambar dalam kamera.

Selamat Berlibur!!!