OUR NETWORK

Pesona Tersembunyi Goa Baramban di Tapin

Source Image: jalanwisata.id

Pesona Kalimantan tidak pernah berhenti menebarkan cerita, dan kini mulai banyak destinasi wisata alam yang mulai bertebaran di tanah Borneo. Apabila kamu penyuka wisata bahari, di Kalimantan ada beberapa pantai dan pulau yang sangat eksotis, seperti Pulau Derawan, Pulau Tanjung Kunyit, hingga Pantai Teluk Tamiang. Pulau terluas di Indonesia itu juga banyak air terjun yang menyuguhkan ketenangan, salah satunya adalah Air Terjun Mandin. Pokoknya, semua wisata alam yang indah ada di Kalimantan, tinggal menyesuaikan budget dan keinginan.

Nah, apabila kamu ingin menikmati alam Kalimantan, terutama Kalimantan Selatan, dari sisi yang berbeda, bisa berkunjung ke Goa Baramban. Tidak hanya ada satu goa, di kompleks Goa Baramban ada 7 goa sekaligus. Menarik bukan?

Lokasi Goa Baramban

Sesuai dengan namanya, Goa Baramban terletak di Desa Baramban, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, kira-kira sejauh 121 km di sebelah timur laut Kota Banjarmasin, dengan waktu tempuh 3 hingga 4 jam perjalanan darat. Dari Banjarmasin, rute yang sebaiknya ditempuh adalah melalui Kota Rantau. Ketika melewati Kecamatan Piani menuju ke Desa Baramban, kamu akan menemukan perkebunan karet dengan deretan rumah penduduk yang terlihat cukup asri. Apabila kebingungan, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk menuju ke Goa Baramban, karena memang lokasi goa yang satu ini sudah terdaftar di aplikasi tersebut.

Sekilas Tentang Goa Baramban

Sumber: nuansa-kalimantan.blogspot.com

Goa Baramban terletak di sekitar Gunung Baramban, dan memiliki 7 goa dalam satu kompleks. Dimulai dari Goa Landak, Goa Macan, Goa Liang Babi, Goa Berangin, Goa Kelelawar, Goa Air, dan Goa Istana Putri. Namun, yang bisa dikunjungi hanya ada 4 goa, yaitu Goa Kelelawar, Goa Liang Babi, Goa Macan, dan Goa Air. Kompleks Goa Baramban terletak di dalam areal hutan, sehingga bisa dipastikan memiliki udara yang sejuk dan suasana yang damai. Untuk, berkunjung ke sana ada baiknya menggunakan jasa guide lokal, karena ada beberapa goa yang memiliki jalan terjal.

Bagi para pengunjung yang akan melakukan susur goa, diharapkan menggunakan sepatu safety, pakaian yang nyaman, dan tentunya senter, karena kondisi di dalam goa yang cukup gelap. Berdasarkan informasi dari petugas Goa Baramban, ada baiknya berkunjung pada saat musim kemarau, karena akan tumbuh beberapa bunga yang cantik, termasuk bunga bangkai yang langka.

Goa Kelelawar dan Goa Liang Babi

Sumber: nuansa-kalimantan.blogspot.com

Goa Kelelawar dan Goa Liang Babi lokasinya cukup berdekatan, namun memiliki keindahan yang berbeda. Untuk menuju ke kedua goa tersebut, kamu harus menaiki sekitar 160 anak tangga yang terbuat dari beton.

Goa Kelelawar

Sumber: Instagram @funcamping_s.parman

Apabila kamu berkunjung ke Goa Kelelawar, disarankan masuk melalui pintu depan yang tak terlalu lebar. Meskipun demikian, semakin masuk ke dalam kamu akan menemukan ruangan yang lebih lebar dan luas. Sementara apabila masuk dari pintu yang kedua, kamu akan menemukan mulut goa yang cukup lebar, namun semakin ke dalam justru akan semakin sempit. Di dalam Goa Kelelawar kamu akan menemukan banyak stalagtit dan stalagmit yang masih aktif.

Goa Liang Babi

Sumber: nuansa-kalimantan.blogspot.com

Kondisi Goa Liang Babi hampir mirip seperti Goa Kelelawar, yang memiliki banyak stalagmit dan stalagtit yang masih aktif. Jalan di dalam Goa Liang babi sedikit bergunduk-gunduk, tidak rata.

Goa Macan

Sumber: jalanwisata.id

Untuk menuju ke Goa Macan, kamu harus menaiki 10 anak tangga yang terbuat dari beton. Sesuai dengan namanya, menurut penuturan guide, dulunya goa yang satu ini sering menjadi persembunyian harimau atau macan, Akan tetapi seiring berjalannya waktu, ditambah dengan semakin rusaknya alam Kalimantan, tidak terlihat lagi adanya macan yang bersembunyi di dalam goa tersebut.

Goa Macan memiliki bentuk yang cukup unik, karena memiliki mulut goa yang sangat luas dan permukaannya pun rata. Hanya saja di dalam goa tersebut stalagtit dan stalagmitnya sudah tidak aktif, seperti Goa Kelelawar dan Goa Macan.

Goa Air

Sumber: zainalhakimmsc.blogspot.com

Goa Air terletak di bagian paling bawah, sehingga untuk menuju ke sana kamu tidak perlu menaiki anak tangga. Di dalam goa ini dialiri oleh sungai, dan sampai saat ini ujungnya belum bisa dijangkau, karena minimnya peralatan. Kamu pun hanya bisa berkunjung sampai mulut Goa Air, tanpa bisa masuk lebih jauh ke dalamnya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…