Petualangan Seru di Tempat Wisata Di Probolinggo: Menyelami Keindahan Alam yang Mempesona

Probolinggo, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki kekayaan alam yang memikat dan tempat-tempat wisata yang mengundang petualangan seru. Jika Anda mencari pengalaman tak terlupakan di tengah alam yang mempesona, Probolinggo adalah destinasi yang tepat. Dari air terjun yang menakjubkan hingga danau yang memukau, berikut adalah beberapa tempat yang layak untuk dijelajahi di Probolinggo:

1. Air Terjun Umbulan

Sumber Gambar: Google Maps @Christopher Ludewig

Wisata Air Terjun Umbulan di Probolinggo adalah destinasi yang memikat dan layak dikunjungi oleh para pecinta alam. Dikelilingi oleh pesona alam yang menakjubkan, air terjun ini memancarkan daya tarik yang tak tertandingi. Masyarakat setempat di Sukapura juga dikenal sangat ramah terhadap pengunjung lokal maupun internasional.

Probolinggo, sebuah kota yang terkenal dengan keindahan objek wisatanya, menawarkan Air Terjun Umbulan sebagai salah satu permata tersembunyi. Meskipun memiliki keindahan yang menakjubkan, wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena kurangnya pengelolaan dan dukungan dari pemerintah daerah. Terletak tidak jauh dari Air Terjun Madakaripura, sekitar 15 menit perjalanan, Air Terjun Umbulan memukau dengan pemandangan alami yang masih terjaga.

Air yang mengalir dari Air Terjun Umbulan berasal dari sumber mata air masyarakat sekitar Sukapura. Air ini digunakan untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci, dan memasak karena keasliannya dan kejernihannya yang terjaga. Kehadiran air terjun ini menjadi penting bagi masyarakat setempat, menghidupkan keseharian mereka dan memberi nilai tambah keindahan alam sekitar.

Walau belum sepenuhnya dikenal, Air Terjun Umbulan menghadirkan kesempatan untuk menikmati panorama alam yang belum banyak tersentuh oleh keramaian. Keindahan yang alami dan kedekatan dengan masyarakat lokal menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan upaya lebih dalam pengelolaan dan dukungan yang lebih besar, Air Terjun Umbulan berpotensi menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam Probolinggo.

Alamat4372+GM5, Watulumpang, Sukapura, Kec. Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67254

2. Danau Ranu Agung

Sumber Gambar: Google Maps @Dejainero Rio

Danau Ranu Agung, juga dikenal sebagai Danau Tebing, adalah destinasi menakjubkan yang terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Danau ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik, mengubah bekas kawah yang tidak lagi aktif menjadi perairan yang memukau.

Daya tarik unik Danau Ranu Agung terletak pada dinding bebatuannya yang membentang sekitar 70 meter di sepanjang danau, menciptakan gambaran seperti pohon beringin. Menariknya, pengunjung dapat menyewa perahu dari bambu yang rapi (gethek) untuk mencapai dinding bebatuan ini. Harga terjangkau dan keramahan penduduk setempat membuat pengalaman di Danau Ranu Agung semakin berkesan.

Panorama alam Danau Ranu Agung yang belum tersentuh oleh urbanisasi menjadikannya tempat yang sangat alami dan menenangkan. Tidak ada bangunan yang mencolok di sekitar danau, menghadirkan udara segar dan air yang jernih. Pemandangan dari ketinggian akan membuat Anda melihat danau ini seperti bentuk daun pohon waru yang melambangkan simbol cinta.

Dengan kedalaman sekitar 40 meter, Danau Ranu Agung merupakan habitat bagi ikan mujair yang cukup berlimpah. Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Lemongan yang menjulang gagah di sekitar danau. Tiket masuk dan biaya naik perahu sangat terjangkau, dengan penerimaan tiket digunakan untuk pengelolaan desa danau.

Akses menuju Danau Ranu Agung membutuhkan perjalanan ekstra karena jalur yang menantang. Namun, bagi pengendara roda dua atau empat, parkiran dekat danau dapat dicapai. Perjalanan dari Surabaya atau Malang menuju Probolinggo adalah awal dari petualangan menuju danau ini, melalui jalan berliku yang menampilkan hutan sengon yang indah. Melalui usaha ini, pengunjung akan memperoleh kesempatan untuk mengalami keajaiban alam yang tiada duanya di Danau Ranu Agung.

Alamat29CR+Q4W, Krajan, Ranuagung, Kec. Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67287

3. Air Terjun Purba Tirai Bidadari

Sumber Gambar: liburanyuk.co.id

Air Terjun Purba Tirai Bidadari adalah destinasi wisata yang masih relatif tidak dikenal oleh banyak wisatawan, sebagian besar karena lokasinya yang tersembunyi dan akses sulit. Terletak di Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, dan hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua, air terjun ini memiliki daya tarik unik yang mengundang eksplorasi.

Salah satu keistimewaan yang membuat Air Terjun Purba Tirai Bidadari menarik adalah keberadaan 16 mata air di puncak tebing yang menambah pesona air terjun. Air yang mengalir deras mampu menembus tebing dan membentuk gugusan stalaktit yang menyerupai lorong goa. Meskipun usia stalaktit ini belum diteliti secara mendalam, ukurannya yang besar dan bentuknya yang kompleks mengindikasikan bahwa proses alamiah ini telah berlangsung selama ratusan hingga ribuan tahun.

Terletak dalam Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) seluas 36 hektar, area sekitar air terjun ditumbuhi oleh hutan bambu dan vegetasi lain yang menguatkan tebing sungai. Tempat ini juga merupakan habitat bagi satwa liar seperti burung dan primata, serta sering dikunjungi oleh ribuan kelelawar. Keindahan alamnya juga diperkaya dengan penampakan bias-bias pelangi yang sering terlihat pada pagi dan sore hari.

Air Terjun Purba Tirai Bidadari juga menjadi tujuan favorit bagi para penggemar olahraga air, seperti arung jeram. Pengunjung dapat memanfaatkan layanan arung jeram di Desa Ranugedang untuk menikmati arus sungai yang hijau dan pemandangan tebing yang indah. Tempat ini juga sering disebut sebagai “Green Canyon Probolinggo” karena kemiripannya dengan Green Canyon di tempat lain.

Meskipun masih baru, upaya bersama masyarakat dan pemerintah lokal untuk meningkatkan fasilitas telah dilakukan. Perbaikan jalan akses dan penyediaan area parkir nyaman adalah bagian dari usaha tersebut. Masyarakat bahkan merencanakan untuk membangun titik pandang depan Air Terjun Purba Tirai Bidadari, menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana dan pemandangan yang luar biasa di lokasi ini.

AlamatCurah Gadung, Jangkang, Kec. Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67287

4. Pulau Gili Ketapang

Sumber Gambar: penginapan.net

Pulau Gili Ketapang adalah sebuah destinasi eksotis yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur, yang menawarkan keindahan bawah laut yang mengagumkan. Meskipun belum begitu dikenal secara luas, pulau ini memiliki daya tarik luar biasa bagi para penyelam dan pecinta keindahan laut.

Terletak di sebelah utara Pulau Jawa, Pulau Gili Ketapang dapat dijangkau melalui perjalanan perahu atau kapal dari Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo. Salah satu hal yang membuat pulau ini menarik adalah kebersihannya dan keindahan alam bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Airnya yang jernih dan terumbu karang yang indah menarik berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Pulau Gili Ketapang adalah surga bagi penyelam dan penggemar snorkeling. Anda akan terpesona oleh keragaman kehidupan laut yang menghuni perairan sekitar pulau ini. Pemandangan bawah laut yang menakjubkan, termasuk terumbu karang berwarna-warni, ikan tropis yang beraneka ragam, dan spesies laut lainnya, akan memukau mata dan hati setiap pengunjung.

Selain aktivitas selam, Pulau Gili Ketapang juga menawarkan suasana pantai yang tenang dan indah. Pasir putih yang lembut dan air laut yang hangat menciptakan lingkungan yang sempurna untuk bersantai dan menikmati matahari. Anda juga dapat menjelajahi pulau dengan berjalan-jalan santai atau bersepeda untuk mengeksplorasi keindahan alam daratnya.

Namun, perlu diingat bahwa karena masih tergolong destinasi yang kurang dikenal, fasilitas di Pulau Gili Ketapang mungkin belum sepenuhnya berkembang. Oleh karena itu, penting untuk melakukan persiapan dengan matang sebelum perjalanan, seperti membawa peralatan snorkeling atau diving sendiri jika diperlukan.

Pulau Gili Ketapang menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dan menarik bagi mereka yang mencari kedamaian, keindahan alam bawah laut yang luar biasa, dan kehidupan pantai yang santai. Dengan upaya konservasi yang tepat, potensi wisata alam Pulau Gili Ketapang dapat terus dijaga dan dinikmati oleh generasi mendatang.

Alamat: 87F3+775, Unnamed Road,, Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67251

5. BJBR Probolinggo

Sumber Gambar: probolinggokota.go.id

Bukit Jati Beach Resort (BJBR) adalah destinasi wisata pantai yang menawan yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan perpaduan antara panorama pantai yang indah, udara segar, dan fasilitas rekreasi yang menyenangkan, menjadikannya pilihan sempurna untuk liburan santai dan hiburan keluarga.

Terletak di pesisir utara Jawa, BJBR menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pantai pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih menciptakan suasana yang menenangkan. Pengunjung dapat menikmati berjalan-jalan di pantai, bermain air, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang memukau.

Salah satu daya tarik utama BJBR adalah taman bermain yang cocok untuk keluarga dengan anak-anak. Fasilitas rekreasi ini mencakup berbagai jenis permainan seperti ayunan, perosotan, dan area bermain interaktif lainnya. Ini menjadikan BJBR tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil bermain dan menikmati keindahan alam pantai.

Selain itu, BJBR juga menyediakan fasilitas pendukung seperti tempat makan dan warung makan, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan lezat yang terinspirasi oleh makanan laut segar. Ada pula tempat duduk yang nyaman di sekitar area pantai yang memungkinkan Anda menikmati hidangan dengan pemandangan laut yang mempesona.

Suasana matahari terbenam di BJBR juga tak kalah memukau. Menyaksikan matahari tenggelam di Samudera Hindia dengan latar belakang pantai dan ombak adalah momen yang mengesankan yang patut dinantikan oleh para pengunjung.

BJBR Probolinggo menyajikan kesempatan untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari dan menikmati pesona pantai yang memukau. Baik Anda berencana untuk bersantai, bermain, atau menikmati keindahan alam, BJBR adalah destinasi yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

AlamatPelabuhan PPP Mayangan, Wisata Primadona, Mangunharjo, Mayangan, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67217

Dalam perjalanan petualangan seru ini, Anda akan disuguhi dengan pesona alam Probolinggo yang beragam dan memukau. Setiap destinasi memiliki keunikannya sendiri dan menjanjikan pengalaman tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi tempat-tempat wisata ini dan menyelami keindahan alam yang mempesona di Probolinggo.

 

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.