in

Pulau Lampu, Wisata Unggulan Gorontalo yang Sampai Mancanegara

Sumber Gambar dari Instagram@hardyzk

Tidak peduli pulau kecil atau besar, hampir semua pulau di Indonesia itu mempunyai keunikan dan keindahan yang membuat kamu terdiam seribu bahasa, Salah satunya adalah sebuah kawasan di daerah Gorontalo. Dari namanya saja sudah unik, tempat itu adalah Pulau Lampu.

Letaknya berada di belakang Pulau Saronde. Menariknya, kawasan ini sudah dikenal hampir seluruh masyarakat Gorontalo lho. Bahkan, hingga sampai ke mancanegara dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang datang dan pergi, hampir setiap weekend.

Mengenal Pulau lampu

SUmber: Instagram @muhammad.a.jabbar

Mungkin, kamu penasaran kenapa nama dari tempat ini adalah Pulau Lampu. Padahal, kalau kamu sudah tiba disini, jarang sekali ditemui lampu lho. Lalu? Jawabannya adalah mercusuar yang mampu menghasilkan cahaya terangnya. Biasanya, cahaya ini akan memandu kapal penangkap ikan atau kapal pesiar yang sedang melintas.

Sumber: Instagram @lecka_smenkqiuw

Cahaya terangnya bagaikan sebuah lampu yang akan membimbing mereka kembali ke jalur. Pesona dari tempat ini memang seakan tidak pernah habis. Mulai dari pasir putihnya, nuansa air lautnya yang biru kehijauan dan jernih. Hingga dunia bawah lautnya yang tidak boleh kamu lewatkan.

Keindahan Pulau Lampu

Saat kamu menginjakkan kaki di tempat ini, kamu akan merasakan pasir putihnya yang sangat lembut dan halus. Kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam spot-spot yang menarik untuk kamu mainkan. Mulai dari naik jet ski, atau pergi ke atas tebing dan memancing di sana. Konon katanya ikan-ikan disini begitu melimpah lho.

Sumber: Instagram @sarondeisland_gorontalo

Tidak hanya cukup sampai disitu saja, kamu juga bisa mengunjungi rumah belanda yang konon dibangun pada tahun 1917 dengan arsitekturnya yang sangat khas. Inilah ikon lain dari Pulau Lampu yang bisa kamu temui selain mercusuar yang juga bisa kamu kunjungi dan naik keatas. Melihat betapa megahnya pulau ini dari atas.

Sumber: Instagram @pranayang

Hanya saja tidak setiap hari kamu bisa naik dan mengambil gambar serta video disini ya. Jadi, disarankan untuk menyesuaikan waktu yang tepat saat kamu diizinkan masuk ke menara ini.

Terakhir yang tidak boleh kamu lewatkan adalah pemandangan dunia bawah lautnya yang disuguhkan dengan banyaknya karang-karang dan ikan-ikan berwarna-warni. Rasanya enggan untuk pergi, karena tempat ini seperti sebuah kota bawah laut yang menakjubkan.

Cara dan Bagaimana Menuju ke Sana

Menuju ke tempat ini sebenarnya tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah. Karena, kamu harus menuju ke Bandara Gorontalo terlebih dahulu. Bila kamu berangkat dari Jakarta, hanya ada satu maskapai dengan keberangkatan jam 12 siang yang mempunyai waktu tempuh paling pendek yaitu 4 jam 15 menit dengan harga mulai dari 985 ribuan.

Sumber: totabuan.news

Selain jam itu, ada juga maskapai yang berangkat menuju Gorontalo. Hanya saja, transit di Makassar yang membutuhkan waktu lama. Bisa sampai 7 jam dengan harga 1 jutaan. Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Kwandang yang menempuh waktu kurang lebih 52 menit. melalui jalan trans sulawesi dengan waktu tempuh 34,6 kilometer. Kemudian, kamu bisa menyewa perahu nelayan dengan harga mulai dari 500 ribuan untuk 10 orang. jadi, semakin banyak peserta semakin murah.

Perjalanannya kurang lebih 1 jam dengan pesona gugusan pulau dan birunya air laut yang mempesona. menariknya, kamu diwajibkan menggunakan jaket keselamatan. Rasakan sensasi luar biasa yang mungkin, sulit untuk kamu lupakan.

Penginapan sekitar

Karena di sekitar Pulau Lampu belum ada penginapan, tidak ada salahnya kamu mencari dahulu penginapan di sekitar bandara atau pelabuhan. Salah satu pilihannya adalah Eljie Hotel Syariah Limboto yang terletak di Jl. Asparaga No.6 Limboto.

Harga kamarnya mulai dari 225 ribuan dengan fasilitas AC, wifi gratis, air minum kemasan, dan desk. Untuk semua pelayanannya cukup ramah dan nyaman. Hanya saja, kamu tidak akan mendapat sarapan gratis.

Kesimpulan

Pulau Lampu adalah satu dari banyak sekali pulau di Indonesia yang harus kamu kunjungi. Keindahannya memang sangat lengkap. membuat kamu seperti berada di kepingan surga yang hilang. Walaupun, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, berkunjung ke tempat ini adalah sebuah kewajiban. Jadi, sudah siap menjelajah Pulau Lampu?