in

Puncak B29 Tempat Terindah Melihat Mentari Pagi di Bromo

Sumber Gambar: Google Maps @Nicholas Wong

Ada banyak tempat di Gunung Bromo untuk melihat sunrise yang jadi keunggulan utama objek wisata ini, salah satunya adalah Puncak B29. Lokasinya berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Menariknya Objek wisata ini merupakan titik tertinggi dengan ketinggiannya mencapai 2900 Mdpl. Sebelum dibuka untuk umum, titik tertinggi dipegang oleh Gunung Penanggungan yang jadi wilayah terbaik melihat sunrise.

Tidak hanya panorama Bromo saja, Kamu juga bisa melihat Semeru serta pegunungan Tengger yang memukau. Untuk menikmatinya semuanya tidak sulit. Wisatawan bisa naik sepeda motor atau sewa jeep. Kemudian, dari area parkiri bisa naik ke atas dan harus melewati 150 anak tangga.

Jika, ingin merencanakan pergi ke sana. Rencanakan terlebih dulu mana yang akan dipilih. Mendirikan tenda disana atau berangkat pagi sekitar pukul 2 pagi. Kawasan ini cukup dikenal dan terkenal. Jadi, semakin pagi tiba maka, tempat ternyaman untuk melihat sunrise akan didapatkan.

Panorama Puncak B29

Source Image: Instagram @puncakb29

Jika ingin efisiensi waktu maka lebih disarankan untuk menginap dan mendirikan tenda saja. Dengan begini Kamu bisa menang banyak. Karena, pemandangan malam harinya tidak kalah menawannya.

Cobalah bangun pada pukul 2 pagi, ada banyak bintang di langit menghadirkan keindahan yang tidak akan pernah terbayangkan. Bagi penyuka fotografi astronomi rasanya momen seperti ini sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Tetapi, harus diketahui suasana di sini sangat dingin. Siapkan baju hangat terutama kaus kaki dan sarung tangan. Bila perlu penutup kepala agar tubuh sedikit lebih hangat. Panorama indah tersebut akan terus berlanjut sampai fajar tiba.

Keindahan dari lokasi wisata ini adalah hadirnya beberapa Gunung seperti Raung, Batok Lemongan, Semeru, Argopuro dan terakhir adalah Bromo. Semua ini bisa dilihat dalam satu pandangan mata.

Matahari perlahan akan terbut dan menawarkan pesona sekejap tetapi, sangat sulit untuk dilupakan. Jangan lupa merekam setiap detik kemunculannya. Karena, momen tersebut akan sangat berharga suatu hari nanti.

Perjalanan Menuju Puncak B29

Sumber Gambar: Google Maps @Semut Ireng

Menuju ke kawasan ini ada tiga pilihan jalur yang bisa dipilih. Dimana, ketiganya punya ciri khas masing-masing. Jalur pertama dari Kabupaten Lumajang. Sudah tersedia ojek yang dapat disewa dengan harga Rp150 ribu.

Jika membawa kendaraan sendiri langsung saja pergi ke atas. Tetapi disarankan hati-hati, karena jalannya penuh dengan debu dan pasir. Anda juga bisa menempuhnya dengan jalan kaki. Waktu yang ditempuh bisa mencapai 3 jam lamanya.

Sumber Gambar: Google Maps @Nabila Aliana

Rute selanjutnya melalui Gunung Bromo. Dimana, Kamu harus melewati dulu lautan pasirnya, setelah tiba di Kaldera bisa melakukan jalan kaki sekitar 3 jam lamanya. perjalanannya sedikit lebih sulit.

Sumber Gambar: Google Maps @MiX_8115

Atau pilihan terakhir adalah Melalui Jempang Bromo. Dimana, jalur ini ada di perjalanan menuju Semeru Melalui Malang. Anda bisa berhenti di gerbang ke Puncak B29. Untuk berjalan kaki dari sini butuh waktu 4 jam lamanya.

Perlengkapan Menuju Puncak B29

Sumber Gambar: Google Maps @catatan.aesthetics

Sebelum pergi ke tempat ini ada beberapa perlengkapan yang harus di bawa. Perlu diketahui cuaca di bromo sangat dingin. Jadi, persiapkan perlengkapan dengan baik. Jika, memutuskan menginap maka bawa tenda. Bisa juga sewa di Malang atau Lumajang.

Tetapi, kalau memutuskan untuk tidak camp. Lebih disarankan sewa jeep saja. Karena, jalannya gelap dan cukup sulit terlalu berisiko. Walaupun, Kamu membawa banyak Rombongan.

Sumber Gambar: Google Maps @omo sutomi

Dengan Jeep kondisi akan aman karena, pengemudinya sudah paham benar bagaimana rute yang harus dilalui. Waktu terbaik berkunjung ke Puncak B29 adalah Bulan Mei atau Desember. Kamu akan melihat panorama Fajar yang lebih cantik dan dari bulan biasanya.