in

Rice Field Terrace Umejero – Suasana Pedesaan Alami Di Buleleng

Sumber Gambar: asianwanderlust.com
Mengunjungi Bali untuk mengisi waktu libur kini menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan apalagi untuk sekedar refreshing atau jaman sekarang dikenal dengan “self healing”. Keindahan alamnya memang tak pernah gagal selalu membuat wisatawan takjub seolah ingin berlama-lama disana. Bila berkunjung ke Bali nampaknya terasa kurang bila kamu tidak datang ke pantai – pantai yang ada disana yang jumlahnya ratusan dari ujung ke ujung mulai dari yang sudah tersohor namanya hingga yang tersembunyi.
Selain pantai, kamu bisa juga berkunjung ke wisata alam lainnya di Bali misalnya air terjun, danau, hutan atau ke wisata lainnya seperti kolam renang, kebun binatang, taman bahkan wisata religinya seperti pura. Tetapi ada opsi lain selain keindahan alam serta keindahan pura, yang bisa kamu nikmati di Bali yaitu menyempatkan diri datang ke sawah terasering yang menjadi ikon terkenal disana selain daripada pantainya. Sawah terasering ini biasa dikenal dengan rice terrace dan banyak tersebar di desa-desa yang bisa dibilang masih memiliki alam yang asri dan salah satu tempat rice terrace yang bisa kamu nikmati keindahannya adalah Rice Field Terrace Umejero di Buleleng.
Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Desa Umejero di Buleleng

Sumber Gambar: Google Maps @Troy Wesley Style
Salah satu desa di Bali tepatnya berada di Buleleng yakni Desa Umejero merupakan tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati sawah terasering atau rice field terrace. Desa Umejero ini pada dasarnya memang memiliki banyak sekali lahan pertanian khususnya berupa persawahan dan juga memiliki alam pegunungan yang membuat suasananya dingin dan sejuk. Karena lahannya didominasi oleh persawahan maka hal tersebut dijadikan sebagai salah satu daya tarik desa tersebut dari sisi pariwisatanya hingga mengundang tak sedikit wisatawan datang untuk melihat dan menikmati indahnya pemandangan Desa Umejero. Selain itu, desa ini juga memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang terbukti dengan hasil panennya yang subur berupa padi, kopi, cengkeh, pisang, kelapa,  umbi-umbian dan buah-buahan.
Ingin tau seperti apa keindahan Rice Field Terrace di Desa Umejero? Yuk, kita bahas!

Rice Field Terrace Umejero

Sumber Gambar: asianwanderlust.com
Keunikan persawahan di desa ini menjadi sebuah daya tarik utama yang pantas disuguhkan. Berbeda dengan sawah pada umumnya, area persawahan di desa ini disusun secara terasering atau berundak oleh petani setempat. Keberadaan sawah terasering di Desa Umejero bisa kamu lihat selama perjalanan di desa itu, kiri kanan jalanan pasti ada saja lahan persawahan terasering yang berundak dengan teras-teras hijau yang mempesona dan juga dikelilingi dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi.
Sawah terasering seperti di Desa Umerejo selain dijadikan sebagi destinasi wisata fungsi utamanya masih tetap dijalankan yaitu sebagai sumber penghasil padi sehingga tiap kali kamu berada disana akan melihat aktivitas para petani sekaligus pemandangan hijau khas persawahan. Konsep wisata “back to nature” seperti ini sangat cocok buat kamu yang kesehariannya menghabiskan waktu di kota-kota sibuk dan padat penduduk, sekalinya kamu datang ke sawah terasering ini dijamin kamu tak akan mau cepat-cepat pulang.
Selain kamu menikmati indahnya sawah terasering, keramahan para petani dan penduduk sekitar juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga terasa seperti membaur dengan kehidupan alami khas pedesaan ditambah dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Kegiatan Asyik di Rice Field Terrace Umejero

  • Menginap dengan pemandangan sawah

Bagi kamu yang berniat untuk bermalam di desa ini kamu bisa memilih beberapa hotel atau ressort yang menyuguhkan pemandangan dari Rice Field Terrace Umejero jadi tak hanya sekedar menikmati begitu saja tetapi juga bisa sambil relax dipenginapan. Beberapa pilihan penginapan dengan suasana sawah terasering di desa ini misalnya Candra Cottage yang menyuguhkan langsung pemandangan sawah terasering kala kamu membuka pintu kamar dari hotel ini.
Sumber Gambar: Google Maps @Candra Cottage
  • Eksplor sawah

Sumber Gambar: Google Maps @François Dupeyrat
Tak hanya sekedar melihat saja tetapi ada baiknya selama di Desa Umejero ini kamu mencoba turun langsung untuk menyusuri area sawah terasering. Sambil menyusuri sawah kamu bisa melihat aktivitas para petani seperti menanam padi atau membajak sawah.
  • Berselfie

Dengan pemandangan sawah terasering yang berundak baiknya kamu menyempatkan untuk berfoto dengan latar belakang sawah tersebut atau mungkin mengambil gambar sawah terasering dengan para petani yang sedang bekerja.