OUR NETWORK

Sangat Menawan, Inilah Potret Pulau Kelapan di Bangka Selatan

Indonesia adalah negara kepulauan. Tidak heran jika negara kita ini memiliki banyak sekali gugusan pulau dengan pemandangan alam yang menawan. Salah satu gugusan pulau yang dimaksud berada di Kabupaten Bangka Selatan yaitu Pulau Kelapan.

Pulai kecil ini memiliki hamparan terumbu karang bak permadani yang terbentang luas dan sangat indah. Kejernihan air lautnya juga begitu memukau. Ditambah lagi pesisir pantai yang landai dan dihiasi beragam bebatuan, tidak kalah menggoda para wisatawan untuk singgah sejenak disana.

Lantas, apa lagi hal menarik lainnya yang dimiliki oleh pulau ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Dua Versi Kenapa Pulau Ini Bernama Kelapan

Sumber: Instagram @tic_basel

Sama seperti pulau-pulau lainnya yang ada di Bangka, Pulau Kelapan pun memiliki asal usul penamaanya sendiri. Setidaknya ada dua versi yang mendasari kenapa pulau ini dinamakan Pulau Kelapan.

Versi pertama yaitu karena di pulau ini banyak sekali ditumbuhi oleh pohon kelapa. Sementara versi kedua. karena Pulau Kelapan adalah pulau kedelapan diantara beberapa gugusan pulau yang membentang luas di Teluk Sadai. Versi mana yang benar tidak diketahui secara pasti, yang jelas itulah asal usul yang diyakini oleh masyarakat disana. Kalau sahabat wisato.id, lebih setuju ke versi yang mana, nih? Hehe.

Sumber: Instagram @kopitiamjoy

Oh, ya, Pulau Kelapan juga dulunya terkenal dengan nama sebutan pulau pengintai. Kenapa? Karena di pulau inilah para penjajah zaman kolonial Belanda menjadikannya sebagai lokasi untuk mengintai kedatangan musuh.Sel

Selain itu, di pulau ini terdapat beberapa macam peninggalan situs sejarah seperti bentuk makam atau kuburan. Saking penasarannya, warga di sana sempat menggali kuburan tersebut namun yang ditemukan bukanlah jasad manusia, melainkan barang antik yang bernilai sejarah seperti piring bergambar keris.

Di Pulau Kelapan juga ada semacam tempat seperti area landasan helikopter serta Goa Batu dan Goa Naga.

Mayoritas Keturunan Bugis

Sumber: Instagram @okt5331

Mayoritas penduduk disini adalah keturunan bugis, Sulawesi. Mata pencaharian mereka tidak hanya sebagai nelayan saja, melainkan juga pembuat perahu. Menurut penuturan warga disana, apabila bahan kayu sudah memadai, mereka bisa membuat satu perahu bagan dalam tiga bulan. Wah, hebat, ya? Sampai artikel ini ditulis Pulau Kelapan dihuni oleh 60 kepala keluarga dengan total 200 jiwa penduduk.

Sumber: Instagram @lucia.montini

Oh, ya, bagi anda yang belum puas menikmati keindahan Pulau Kelapan dan merasa belum semuanya terjajal, jangan khawatir karena bisa mencari tempat bermalam di sana. Banyak rumah-rumah penduduk yang difasilitaskan juga untuk homestay.

Sering dikunjungi Wisatawan Mancanegara

Sumber: Instagram @tic_basel

Pengunjung yang datang ke Pulau Kelapan juga tidak hanya dari wisatawan lokal saja melainkan juga ada yang dari luar negeri, loh. Salah satunya dari Malaysia. Banyak wisatawan asal negeri jiran tersebut hobi sekali mengunjungi pulau ini. Biasanya selain untuk bertemu panorama Pulau Kelapan yang tidak cukup dinikmati hanya sekali kunjungan saja, mereka juga kerap kali ketagihan untuk snorkeling di pulau ini.

Sumber: Instagram @meco_cun
Sumber: Instagram @januar_millinnium

Banyak wisatawan Malaysia berpendapat bahwa Pulau Kelapan sangat begitu asri. Kejernihan air lautnya membuat banyak pecinta snorkeling lebih leluasa untuk menyelam dan melihat potensi bawah lautnya. Bahkan, nih, Kecantikan bawah laut di Pulau Kelapan sering disejajarkan dengan Bunaken.

Sumber: Instagram @febrian
Sumber: Instagram @happy_bangkatrip

Selain snorkeling banyak kegiatan lain yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti memacu adrenalin dengan cara menembus kawasan hutan untuk mencari bagian pantai yang masih tersembunyi. Memancing ikan, atau menyewa perahu lokal milik warga untuk berkeliling pantai.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @babel.paradise

Nah, untuk mencapai lokasinya jika menggunakan motor atau mobil dari Kota Pangkalpinang menuju Toboali, kurang lebih memakan waktu tempuh sekitar 3 jam. Setelah sampai, bisa melanjutkan perjalanan kembali menuju Pelabuhan Sadai, Kecamatan Tukak Sadai. Waktu tempuhnya 1 jam.

Saat sudah berada di Pelabuhan, anda dapat menyewa kapal kayu untuk ke Pulau Kelapan atau menggunakan speedboat jika ingin lebih cepat sampai.

Selama perjalanan tersebut, suguhan panorama laut biru yang menawan siap menemani anda. Selain itu, anda juga akan merasakan serunya dihembas ombak selama berada di dalam perahu yang melaju kencang. Wah, seru sekali, bukan?

Demikianlah ulasan lengkap tentang Pulau Kelapan yang menawan. So, jika anda sudah menjajal berbagai pulau kecil di Bangka dan masih ingin menyambangi pulau lainnya, maka bisa mengunjungi tempat wisata ini. Dijamin, deh, pasti terkagum-kagum.

 

Comments

Loading...