OUR NETWORK

Secuil Pesona Rinjani dari Air Terjun Tiu Kelep

Source Image: Instagram @thelangkahtravel

Pernah berkunjung ke Lombok? Walau pun namanya tak setenar Pulau Bali, kini Lombok mulai menjadi tujuan wisatawan mancanegara, alasannya apa lagi kalau bukan karena bentang alamnya yang tak kalah indah. Apabila ingin berlibur dengan suasana yang tenang dan damai, Lombok adalah pilihannya, karena kini Bali sudah terlalu sesak dijejali wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Di Lombok, kamu bisa menemukan banyak keindahan alam yang menawan, salah satunya adalah Taman Nasional Rinjani, yang mana Gunung Rinjani termasuk di dalamnya.

Gunung Rinjani memang begitu gagah dan mengagumkan, namun tidak semua wisatawan mampu mendaki hingga ke puncak dan menikmati lautan awan yang memukau. Tidak perlu khawatir sebenarnya, karena wisatawan masih bisa menikmati secuil keindahan dari Gunung Rinjani di Air Terjun Tiu Kelep. Tidak perlu mendaki berjam-jam menembus rimbunnya hutan, kamu hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam untuk bisa sampai di Air Terjun Tiu Kelep, yang terletak tepat di kaki Gunung Rinjani.

Lokasi Air Terjun Tiu Kelep

Sumber: Instagram @tomriddell1990

Secara administratif Air Terjun Tiu Kelep berada di Desa Senaru, yang merupakan salah satu jalur pendakian favorit para pendaki Gunung Rinjani, yang berada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, atau berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan darat dari Kota Mataram. Para wisatawan bisa menuju ke Air Terjun Tiu Kelep dengan menggunakan kendaraan umum, dengan memulainya dari jalur Lendang Bajur di Gunung Sari. Rute angkutan ini nantinya akan melewati kawasan Hutan Pusuk dan Desa Senaru.

Sumber: Instagram @thelangkahtravel

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya memilih jalur pesisir barat melewati Pantai Senggigi dan Bukit Malibu. Selain waktu tempuh perjalanan yang lebih singkat, sekitar 2 jam, pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan juga lebih menakjubkan.

Treking Menuju ke Air Terjun Tiu Kelep

Sumber: mytrip.co.id

Setelah sampai di Desa Senaru, para wisatawan masih harus berjalan kaki membelah hutan kira-kira selama 1 jam. Oleh sebab itu, disarankan menggunakan jasa pemandu untuk mengantarkanmu menuju ke Air Terjun Tiu Kelep, terutama ketika tidak ada satu pun dalam rombonganmu yang pernah menginjakkan kakinya di air terjun yang menawan ini.

Sumber: Instagram @irwanpanjaitan80

Petualangan menuju ke Air Terjun Tiu Kelep akan terasa menarik, karena membelah hutan tropis dengan suasana yang sejuk dan rindang. Dalam perjalanan kamu akan terlebih dahulu sampai di Air Terjun Sendang Gile, dan juga akan melewati jembatan beton serta menyebrangi sungai dangkal yang dipenuhi dengan bebatuan. Sekitar 100 meter sebelum lokasi, suara gemuruh dari Air Terjun Tiu Kelep mulai terdengar samar-samar, tebing kokoh yang tinggi menjulang juga mulai terlihat dari kejauhan.

Pesona Air Terjun Tiu Kelep

Sumber: Instagram @zilmizola

Dalam Bahasa Sasak, Tiu berarti kolam dan Kelep berarti terbang, sehingga jika diartikan Air Terjun Tiu Kelep adalah air terjun yang memiliki kolam alami di atas ketinggian. Benar saja, tepat di bawah guyuran air terjun setinggi 45 meter terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman hanya sepinggang orang dewasa. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat air di kolam ini terasa sangat dingin dan menyegarkan, sangat menggoda bagi siapa saja untuk segera menceburkan diri di dalamnya.

Tidak jauh dari air terjun juga terdapat sungai-sungai kecil, dengan aliran yang tidak terlalu deras. Banyak juga wisatawan yang memilih untuk bermain air di sungai-sungai tersebut, atau mungkin sekedar duduk di atas bebatuan sungai untuk menikmati lukisan Tuhan di Air Terjun Tiu Kelep. Banyaknya pepohonan rindang, ditambah dengan suasana yang tenang dan damai membuat para wisatawan semakin betah untuk berlama-lama di sana.

Fasilitas

Sumber: Instagram @lombokfriendly

Lokasinya yang jauh masuk ke dalam hutan membuat Air Terjun Tiu Kelep tidak memiliki fasilitas yang memadai. Di sana masih jarang ditemui warung-warung yang menjual aneka minuman dan makanan, sehingga wisatawan harus mempersiapkan perbekalannya dari rumah. Namun soal penginapan jangan khawatir, karena di sekitar Desa Senaru telah terdapat banyak tempat penginapan dengan harga yang bervariasi. Salah satunya adalah Penginapan Budaya Kaki Rinjani, dengan harga sewa sekitar 130 ribu rupiah per malam. Sangat murah bukan?

Sekarang tinggal siapkan waktu liburmu untuk menyambangi Air Terjun Tiu Kelep, yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…