OUR NETWORK

Serunya Menikmati Keindahan Jayapura Di Atas Bukit Teletubbies!

Sumber Gambar: Instagram @lynnhalianto

Pernahkan kamu melihat serial anak-anak Teletubbies? Ya, serial anak-anak dengan 4 tokoh utama Tinky Winky, Dipsy, Laa-laa, dan Po ini pasti sangat familiar bagi kamu generasi 90-an. Acara televisi khusus anak-anak yang berasal dari Inggris ini dimulai pada tahun 1997 namun namanya masih sangat terkenal hingga saat ini. Di dalam acara ini kamu akan menjumpai keempat tokoh dengan warna yang berbeda hidup disebuah bukit yang indah dipenuhi dengan bunga dan rerumputan yang hijau. Karena cerita tersebut, saat ini banyak sekali bukit yang telah menjadi objek wisata dinamakan dengan Bukit Teletubbies.

Salah satunya berada di Jayapura, wilayah yang berada paling timur di Indonesia. Bukit ini aslinya bernama Bukit Tungku wiri, bukit ini terletak di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Jayapura, Indonesia. Bukit ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Jayapura.

Sumber Gambar: republika.co.id

Tidak dapat dipungkiri jika tanah Papua memang memiliki sejuta pesona alam di dalamnya. Banyak sekali potensi-potensi wisata yang ada di daerah tersebut, beberapa diantaranya bahkan sudah mendunia. Contohnya adalah Raja Ampat dan Gunung Everest. Tanah Papua memang sangat wajib untuk kamu kunjungi, terlebih jika kamu memiliki jiwa petualang yang sangat besar. Kamu akan merasa takjub dan tidak pernah berhenti kagum ketika menjelajahi setiap sudut dari pulau ini.

Akses Menuju Bukit Tungku Wiri

Bukit yang saat ini sering disebut sebagai Bukit Teletubbies ini dapat kamu tempuh selama kurang lebih 30 menit dari Kota Sentani. Bukit ini bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan roda dua atau dengan kendaraan roda empat. Jika kamu datang bersama kawan-kawan disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja, sebab perjalanan kamu akan lebih mudah dan menyenangkan. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin berkunjung menggunakan kendaraan roda empat jika kamu lebih nyaman menggunakan kendaraan roda empat.

Sumber Gambar: sentaninews.co

Setelah sampai di tempat tujuan yang merupakan titik awal Bukti Tungku Wiri, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di tempat yang sudah disediakan. Tempat parkir yang disediakan sudah aman sehingga kamu tidak perlu khawatir jika nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk biaya parkir cukup murah dan terjangkau. Selain itu kamu juga bisa berisitirahat sejenak di area parkir karena setelah itu kamu perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Menikmati Pemandangan Di Puncak Bukit Tungku Wiri

Setelah sampai di titik awal keberangkatan Bukit Tungku Wiri, kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bisa sampai di puncak bukit. Jalur yang kamu tempuh cukup mudah dan santai, beberapa jalan telah sengaja dibuat khusus untuk para wisatawan yang sedang berlibur. Di perjalanan kamu akan menjumpai beberapa pondok yang dibangun dengan tujuan sebagai tempat beristirahat, kamu bisa beristirahat di pondok-pondok tersebut saat kamu sedang lelah.

Sumber Gambar: Youtube @Habel Samakori

Jangan lupa untuk membawa perbekalan seperti snack atau makanan dan minuman yang cukup untuk menemani perjalananmu. Tapi jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya, jangan sampai kedatanganmu justru membawa bencana bagi alam sekitar. Bawalah kantong kresek dengan ukuran sedang atau besar untuk tempatmu menaruh sampah, jadi selain kamu bisa menikmati keindahan Bukit Teletubbies ini, kamu juga telah menjaga kebersihan dan kelestariannya.

Sumber Gambar: mangandosetiawan.com

Setelah beberapa saat kamu akan tiba di puncak bukit dengan ketinggian sekitar 75 mdpl, memang tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan gunung lainnya karena pada dasarnya ini memang bukit, bukan gunung. Setelah tiba di puncak kamu akan bisa melihat pemandangan Danau Sentani yang terhampar indah dan luas. Selain itu kamu juga bisa melihat desa tempat tinggal penduduk setempat dan bisa melihat jalanan yang telah kamu taklukkan untuk bisa sampai di puncak Bukit Teletubbies. Keindahan dan kesejukan yang kamu rasakan akan membuatmu ingin kembali lagi ke tempat ini. 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…