OUR NETWORK

Taman Nasional Way Kambas, Rumahnya Gajah Sumatrera yang Harus dikunjungi

Indonesia mempunyai berbagai macam taman nasional yang menarik dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satunya, bila kamu pergi ke lampung adalah Taman Nasional Way Kambas yang terkenal dengan konservasi Gajahnya. Serta berbagai aktivitas yang dilakukan oleh hewan belalai panjang ini.

Sumber: Instagram @ekashpr

Seperti diketahui, Gajah memang terancam kepunahan karena ulah manusia yang kejam. Di Way Kambas kamu bisa melihat ulah hewan besar ini mulai dari mandi, makan, bahkan saat tidur. Ada pula museum tentang satwa ini yang sayang untuk kamu lewatkan.

Mengenal Taman Nasional Way Kambas

Sumber: Instagram @women.solotraveler

Taman Nasional Way Kambas mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1985, saat ini kurang lebih ada 200an ekor yang bisa kamu nikmati. Tidak hanya gajah saja, kamu juga akan disuguhkan dengan hutan dataran rendah, air tawar, hutan rawa, semak belukar, padang rumput, serta satwa-satwa liar. Luas kawasannya pun mencapai 125 ribu hektar.

Menurut catatan sejarah yang tercatat di tempat ini adalah pada tahun 1936 Mr. Rookmaker mendirikan taman ini sebagai tempat pelestarian alam dan satwa-satwa seperti kijang, harimau sumatera, badak sumatera, dan beruang madu.

Tentang Gajah

Seperti kita ketahui bahwa, taman nasional ini digunakan sebagai rumahnya gajah. Sehingga, tidak heran bila kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam ulah dan tingkah hewan bergading ini. Salah satu atraksi lucu yang bisa kamu nikmati adalah melihat mereka bermain sepak bola pada saat sore hari atau, tingkah nakal mereka saat mandi dan makan.

Sumber: Instagram @aazmi_

Kamu juga bisa mengunjungi rumah sakit gajah yang hanya ada satu saja di Indonesia. Apabila, hewan ini stress atau terluka para dokter siap memberikan pelayanan terbaiknya. Jangan lupa untuk berkeliling taman nasional dengan naik gajah. Tidak usah takut karena, sudah ada pawang yang siap membantu mengakrabkan suasananya.

Sumber: Instagram @rahma.auliyana

Sebagai pelengkap, tempat ini mempunyai sebuah museum yang akan meneliti dan melihat bagaimana pertumbuhannya dari masa ke masa.

Sisi Lain Dari Taman Nasional Way Kambas

Untuk zona wisatanya tempat ini sudah menyediakan perahu motor yang bisa kamu manfaatkan untuk menyusuri sungai yang mengalir. Disini, kamu akan dibawa menjelajah dan melihat bagaimana sebenarnya kehidupan satwa-satwa liar yang bersemayam di taman nasional ini.

Sumber: Instagram @lampungmasakiniofficial

Sekaligus melihat berbagai macam hewan seperti pidada, gelam, rawang, salam dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan kondisi floranya seperti cemara laut, puspa, pandan, meranti, dan ramin. Ada pula hutan rawa meliputi kantong semar, nibung, palm merah. Dimana vegetasi ini memiliki ciri yang cukup unik yaitu akar lutut serta tunggang.

Alamat dan Cara Pergi Ke sana

Taman Nasional Way Kambas ini terletak di Rajabasa Lama, Labuhan Ratu, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur. Menuju ke objek wisata ini bila dari jawa bisa menggunakan dua alternatif.

Naik pesawat, dari Jakarta menuju ke Lampung. Kemudian, bisa naik ojek atau taksi kemudian, turun ke Kota Metro tepatnya di Desa Gajah Batu. Lalu, naik ojek lagi menuju ke taman nasional. Bila naik bus bisa melalui Terminal Kampung Rambutan dari Jakarta menuju ke Terminal Rajabasa. Dari sini kamu bisa naik bus ke Desa Gajah Batu dan kembali lagi naik ojek menuju ke taman nasional. Bila tidak ingin repot kamu bisa pula menggunakan jasa tour and travel. Untuk harga tiket masuk menuju ke taman ini kurang lebih 7 ribu rupiah. Bila ingin naik gajah bisa bayar 20.000 rupiah dan mau berpetualang dengan hewan ini 150 ribu.

Kata Perpisahan Untuk Taman Nasional Way Kambas

Di tempat ini ada banyak sekali penginapan yang bisa kamu pilih, mulai dari harga 100 ribuan hingga 1 jutaan. Dengan berbagai macam fasilitas yang bisa kamu rasakan sendiri kenikmatannya. Menariknya, penginapan ini tidak jauh dari taman nasional lho.

Taman Nasional Way Kambas adalah kawasan penting di Lampung yang wajib kamu kunjungi. Tempat rekreasi dan edukasi terbaik untuk anak-anak mengenal gajah. Pelestarian alamnya juga cukup mengesankan dengan flora dan fauna yang tidak akan pernah kamu bayangkan. Ayo ajak keluarga untuk menikmati liburan seru di tempat ini.

 

Comments

Loading...