OUR NETWORK

Taman selfie, Sumatera Utara

Pesatnya penambahan jumlah pengguna internet ditambah semakin maraknya pengguna media sosial, memberi dampak yang luas di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata. Seiring itu pula bermunculanlah objek-objek wisata kekinian yang menjual spot-spot foto yang cantik, unik dan menarik sebagai daya tariknya.

Objek wisata kekinian tersebut ada yang dijual tersendiri dalam bentuk studio 3-D, ada yang dijual satu paket dengan wisata alam, ada juga yang disuguhkan bersama dengan wisata kuliner sebagaimana “Taman Selfie” yang ada di Kota Binjai, Sumatera Utara.

Sumber: Instagram @hitzpark

“Selfie itu seperti virus, jadi kita memerlukan anti-virusnya, di Taman Selfie inilah kita memberi vaksinnya,” kata Ahmadi, pendiri sekaligus owner dari Taman Selfie, Binjai, Sumatera Utara.

Sekilas tentang Taman Selfie

Sumber: gobatak.com

Awalnya, Taman Selfie ini adalah kafe rumah pohon yang sejak dibuka selalu sepi dari pengunjung. Karena tidak kunjung berkembang, maka setelah bertahan enam bulan akhirnya ditake over untuk dijadikan bisnis baru.

Ahmadi yang mengambil alih lokasi, dengan ide kreatif dan cemerlangnya merencanakan pendirian wisata kuliner dengan lingkungan yang dipenuhi spot foto yang instagramable karena yang menjadi pangsa pasar utamanya adalah kaum millenial. Maka dimulailah upaya untuk merealisasikan ide tersebut selama kurang lebih 3 bulan.

Sumber: Instagram @hitzpark

Untuk membangun tempat sebagaimana yang ada sekarang, Ahmadi tidak butuh tenaga tukang terlalu banyak, namun dia lebih memprioritaskan pekerja seni serta mereka yang memiliki keahlian khusus.

Saat inipun tenaga kerja yang mengais rejeki bersama Ahmadi hanya terdiri dari 22 orang muda-mudi yang dibagi tiga safe karena Taman Selfie buka mulai pukul 11.00 hingga 23.00. Hampir setiap waktu objek wisata kuliner ini selalu ramai oleh pengunjung, Namun puncaknya saat weekend, utamanya pada pukul 15.00 hingga 18.00.

Sumber: Instagram @hitzpark

Para pengunjung Taman Selfie sekitar separuhnya berasal dari luar kota Binjai, karena tempat ini cukup dikenal dan banyak diunggah ke media sosial oleh mereka yang pernah berkunjung ke sini. Lebih dari itu, mereka yang datang dari luar kota, cukup mudah untuk datang ke lokasi, karena tempatnya berada di pusat kota, tepatnya di JL. M.T. Haryono, Kebun Lada, Binjai Utara.

Menjelajah Taman Selfie sambil Menikmati Hidangan dan Berfoto Ria

Begitu menginjakkan kaki di pintu masuk Taman Selfie, virus selfie sudah ditularkan kepada para pengunjung, sehingga mereka akan tergoda untuk mengaktifkan kamera smartphone dan ingin segera berswafoto.

Pesona yang ditebarkan tempat ini semakin terasa saat masuk ke bagian dalam bersamaan dengan sejuknya udara yang dihembuskan pepohonan rindang di setiap sudut taman. Gemerisik suara dedaunan ditambah angin yang semilir membuat tubuh serasa dimanjakan.

Sumber: Instagram @hitzpark

Disitu juga dapat ditemui kolam dengan berbagai jenis ikan hias yang dapat diberi pakan oleh pengunjung yang datang. Terdapat pula beberapa ekor burung merpati jinak yang membuat suasana outdoor semakin mengesankan.

sumber: Instagram @hitzpark

Selanjutnya pengunjung bisa memesan makanan, dan memang disarankan untuk memesan makanan terlebih dahulu sebelum memasuki Hitz Park (bagian dari Taman Selfie yang memiliki banyak spot untuk latar belakang foto).

Kenapa tidak langsung masuk ke Hitz Park? Karena kalau langsung ke Hitz Park maka akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 15.000. Tapi kalau memesan makanan terlebih dahulu, maka akan mendapat potongan sebesar 50% saat memasuki Hitz Park.

Sesuatu yang unik dari tempat ini adalah cara pemesanan makanan. Foto-foto dari semua menu makanan dan minuman yang tersedia di sini, diletakkan di dalam pot-pot kecil yang tergantung di dinding dan pengunjung yang akan memesanan makanan/minuman akan diberi pot dengan bentuk dan ukuran yang sama.

Pengunjung kemudian tinggal mengambil foto dari makanan/minuman yang dipesan dan memasukkannya ke dalam pot sebelum memilih tempat duduk yang diinginkan. Selanjutnya pelayan akan mengambil pot yang berisi menu yang dipesan, dan tidak lama kemudian akan menggantinya dengan makanan dan minuman sesuai pesanan.

Sumber: Instagram @nanydest

Selain cara pemesanan, menu-menu makanan dan minuman yang dijual di sini juga memiliki nama yang unik, seperti: roti cubit, mie terbang, pizza bollywood, es kasmaran, es kepo, dan berbagai macam menu yang lain.

Secara keseluruhan, tempat bersantap yang ada di Taman Selfie ini terdiri atas beberapa bagian, yaitu di tengah taman yang beratapkan langit, di tengah taman dengan atap tenda payung sampai dengan di pinggiran taman yang bernaung atap permanen.

Sumber: Instagram @hitzpark

Puas menikmati makanan, aktifitas dapat dilanjutkan dengan berfoto ria memanfaatkan spot-spot menawan di Taman Selfie yang lokasinya diberi nama Hitz Park. Sebagaimana disebutkan di atas, untuk memasuki Hitz Park dikenakan tiket masuk sebesar Rp.15.000 dan ada potongan 50% bagi pengunjung yang telah memesan makanan.

Di lokasi yang bernama Hitz Park inilah pengunjung dapat memilih spot-spot foto yang diinginkan atau bila perlu berfoto di semua spot yang ada karena bayarnya cukup sekali pada saat masuk.

Sumber: Instagram @hitzpark

Di sini pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang rumah Islandia, rumah Belanda, rumah hobbit, rumah terbalik, rumah pondok bertingkat, mural 3-D, titi jodoh atau jembatan kayu, ayunan, permadani terbang, sapu terbang layaknya Harry Potter dan berbagai macam spot menarik lainnya yang jumlahnya sebanyak 25 spot.

Comments

Loading...