in

Taman Suruh, Tempat Berenang Paling Alami di Banyuwangi

Sumber Gambar: jatim.suara.com

Ujung Timur Jawa memang tampak mengesankan dengan berbagai macam objek wisatanya. Mulai dari gunung, pantai, dan kebudayaan yang menawan. Tetapi, masih ada satu lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu Taman Suruh.

Objek wisata ini memang tergolong baru. Dimana kamu bisa menikmati berbagai macam panorama dan juga wahana yang menyenangkan. Sajian kuliner juga menjadi menu pelengkap menikmati tempat ini.

Mengenal Taman Suruh

Sumber Gambar: travel.tribunnews.com

Objek wisata ini mempunyai luas kurang lebih 3,5 hektar. Hal yang menarik dari tempat ini adalah sebelum menjadi kawasan wisata yang eksotis. Taman Suruh hanyalah sebuah perkebunan warga yang tanahnya cadas dan bebatuan. Selanjutnya, dibuat kolam renang karena dari bebatuan tersebut munculah mata air alami yang menggenangi. Hingga akhirnya dibentuklah kolam renang ini. Dimana, ada dua kolam untuk anak-anak dan juga untuk orang dewasa.

Daya Tarik Taman Suruh

Sumber Gambar: tripjalanjalan.com

Daya tarik utama kawasan ini adalah adanya kolam renang alami. Dimana samping kanan dan kiri kamu akan disuguhkan dengan pepohonan kelapa dan juga sawah yang warga yang berjajar rapi. Tidak hanya cukup dengan kolam renang saja. Di Taman Suruh kamu juga bisa menikmati berbagai permainan seru. Khususnya adalah outbond yang menyajikan adrenalin tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai macam oleh-oleh dan souvenir yang sudah disediakan oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa membeli aneka souvenir nan keren dan juga lucu.

Sumber Gambar: mimbarrakyat.id

Jangan lupa untuk menawarkan terlebih dahulu. Bila kamu pintar maka harganya akan jauh lebih murah jadi, pintar-pintarlah kamu menawarnya ya. Fasilitas lain yang tidak kalah bagusnya adalah hadirnya kamar mandi dan mushola yang terawat dengan baik.

Di musholanya sendiri sudah dilengkapi dengan sajadah dan sarung. Serta beberapa mukena yang dilipat rapi dan bau wangi. Jadi, saat mengembalikan pastikan posisinya rapi ya. 

Cara Menuju ke Taman Suruh

Objek wisata ini terletak di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya tidak jauh dari pusat kota, kurang lebih hanya 15 menit saja. Oleh karena itu, bagi kamu yang naik kereta api. Turunlah di Stasiun Banyuwangi Kota. Kamu bisa meminjam kendaraan dengan harga hanya Rp 75 ribu/24 jam. Cukup murah bukan?

Bila kamu tidak ingin repot, kamu bisa menggunakan ojek online dengan tarif kurang lebih Rp15 ribu saja. Jadi, mana yang akan kamu pilih untuk mengantarmu ke tempat ini. Bila ingin berenang kamu akan dikenakan biaya Rp 10 ribu saja. Tidak terlalu mahal bukan? Jam operasionalnya sendiri akan buka pada pukul 7 pagi dan akan tutup pukul 17.00.

Penginapan Sekitar

Sumber Gambar: booking.com

Bagi kamu yang menginginkan lokasi penginapan yang dekat dengan Taman Suruh. Ada beberapa pilihan sebenarnya. Tetapi, yang paling direkomendasikan adalah Banyu Homestay.

Sebagai catatan, homestay ini memang ditujukan bagi kamu yang backpackeran dan ingin mendapatkan harga yang terjangkau. Karena, tempat ini hanya memasang tarif Rp150 ribu saat high season.

Staffnya cukup ramah yang membuat kamu merasa sangat nyaman tinggal disini. Kasurnya empuk kamarnya cukup untuk kapasitas dua orang. Bagi kamu para backpacker tempat ini pun cukup menarik dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Dengan harga sekian kamu sudah dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas untuk sarapan. Kamarnya, pun sudah dilengkapi dengan AC dan akses wifi yang gratis. Tidak hanya itu kamu juga bisa dapet fasilitas penjemputan gratis di Bandara.

Kesimpulan

Menikmati objek wisata dengan perpaduan lengkap seperti ini membuat hati enggan untuk beranjak. Apalagi, dengan suhu dan suasana yang sangat sejuk. Pasti kamu lebih enggan lagi untuk segera pergi. Sayangnya di tempat ini adalah belum banyaknya kantong sampah yang bisa dimanfaatkan. Sehingga, disarankan bagi kamu yang membawa banyak sampah, jangan sampai terbuang sembarangan. Tetap, jaga alam dan lingkungan agar selalu bersih ya.

Taman Suruh adalah keindahan alami yang ditawarkan oleh Banyuwangi. Sensasi mandi di kawasan yang sangat alami menjadi sajian yang tidak boleh kamu lupakan. Jadi, kapan nih kamu mau pergi ke objek wisata ini?