OUR NETWORK

Taman Wisata Mangrove Sukadana

Sumber Gambar: Google Maps @Borneo Indonesia

Pesona Kalimantan Barat memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi, bagi kamu para pecinta alam yang ingin mengeksplore panoramanya. Salah satu tempat yang bisa direkomendasikan pertama kali adalah Hutan Mangrove Sukadana. Tempat paling cocok untuk menghilangkan stress.

Kenapa demikian? Nuansanya saat kamu masuk sudah berbeda dengan sendirinya. Cobalah hirup sejenak, rasanya akan berbeda dengan udara yang ada di kota. Suasananya tenang, damai dan membuat kamu enggan untuk segera beranjak dari sini. Tidak heran bila banyak wisatawan berbondong-bondong pergi ke tempat ini, terutama saat weekend datang.

Mengenal Hutan Mangrove Sukanda

Sumber Gambar: Google Maps @Nurul Ihsan Fawzi

Luas kawasan Hutan Mangrove Sukadana sendiri mencapai 17.780 Hektar. Mempunyai berbagai keindahan diantaranya, ada beberapa jenis flora yang bisa kamu nikmati. Mulai dari, Semai, Pancang, Pohon meliputi, Rhizopora Apichulata, Acanthus Ilicifolius. Sementara untuk faunanya sendiri juga tidak kalah menarik ada biawak, kera, dan berbagai burung.

Untuk harga tiketnya sendiri sampai saat ini masih gratis. Hanya saja, kamu akan ditarik uang parkir sebesar 5 ribu rupiah bagi yang membawa motor. Sementara, bagi yang mengendarai mobil akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah.

Cara Menuju ke Hutan Mangrove Sukanda

Objek wisata ini terletak di Jl. Pelabuhan TPI, Dusun Tanah Merah, Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Menuju ke objek wisata ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa memilih beberapa cara yang sudah disediakan untuk bisa masuk ke area wisata.

Pertama, kamu bisa naik pesawat menuju ke Bandara Supadio terlebih dahulu dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit dengan harga mulai dari 500 ribuan saja. Atau, kamu bisa menggunakan Kapal dan masuk ke Pelabuhan Pontianak dengan harga 400 ribuan saja dari Surabaya.

Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat kembali menuju ke daerah Ketapang yang lokasi tidak terlalu jauh. Membutuhkan waktu 1 jam 55 menit saja. Bila naik kapal, kamu bisa menempuh ke kawasan ketapang dengan waktu hampir 2 jam. Kemudian, menempuh jalur darat selama 2 jam 15 menit. Jadi, mau pilih yang mana.

Keindahan Hutan Mangrove Sukanda

Sumber Gambar: Google Maps @Mariani Rinn

Salah satu pesona yang tidak bisa kamu lupakan adalah jembatan yang sangat panjang. Nah, jembatan ini yang bisa kamu jelajahi untuk melihat seluruh isi hutan bakau ini. Jangan lupa bawa kamera ya. Karena, beberapa spot foto menarik bisa kamu abadikan ke dalam foto dan gambar.

Jangan terlalu kencang dalam berjalan, karena kamu bisa mendengarkan burung-burung berkicau. Saling bersahutan seperti sebuah nyanyian alam yang mengesankan. Bila kamu beruntung, kamu bisa melihat salah satu burung endemik Kalimantan lho.

Sumber Gambar: Google Maps @Iswandi Slembe

Terkadang semilir angin tidak akan pernah berhenti yang membuat tempat ini mampu menghadirkan kesejukan yang alami. Inilah alasan mengapa banyak wisatawan yang menghabiskan waktu disini. Kira-kira, 2 jam sampai 4 jam lamanya.

Jangan lupa bawa perbekalan berupa air minum yang cukup. Karena, di tempat ini masih jarang warung yang buka. Selain minuman, makanan seperti camilan juga harus di bawa. Tetapi, jangan sampai mengotori lingkungan sekitar ya. Bawa lagi, sampah yang ada dan buanglah ke tempatnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Nurul Ihsan Fawzi

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah keberadaan monyet yang terkadang akan mencuri makananmu. Jadi, usahakan untuk tidak mencolok membawa begitu banyak makanan. Kera-kera disini cukup nakal lho. Jadi, bisa-bisa mereka merebutnya baik sendiri dan bisa juga berkelompok.

Tidak hanya kera, bila kamu beruntung kamu juga bisa bertemu dengan Biawak yang kadang malu-malu bersembunyi diantara pepohonan bakau. Ikan-ikan kecil juga bisa kamu lihat disini. Jadi, jangan terburu-buru untuk mengawali dan mengakhir ya.

Dari segi fasilitas sudah cukup baik. Ada kamar mandi, toilet, mushola, dan gazebo, walau belum banyak. Tetapi, cukuplah untuk kamu duduk dan beristirahat sejenak. Tidak ada salahnya juga bawa bekal makanan dari rumah.

Kesimpulan

Hutan Mangrove Sukadana adalah kawasan wisata di Kalimantan Barat yang elok dan wajib kamu kunjungi. Waktu terbaik datang ke tempat ini adalah siang hari. Dimana, suhu panas Kalimantan bisa teredam dengan baik saat kamu menjelajahnya. Jadi, kapan kamu akan agendakan perjalananmu ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…