OUR NETWORK

Tempat Wisata Lhokseumawe Favorit Kompleks Islamic Center Taman Riyadhah

Sumber Gambar: jdih.lhokseumawekota.go.id

Taman Riyadhah merupakan sebuah Taman Kota Lhokseumawe yang terletak tengah – tengah kota. Letaknya pun sangat strategis sehingga menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata favorit setiap pengunjung. Selain itu ada sebuah keistimewaan dari taman ini.

Lokasi Taman Riyadhah Lhokseumawe

Taman kota ini berada di Jl Merdeka, Kuta Blang, Banda Sakti, Lhokseumawe. Lokasi tersebut sangatlah strategis. Hal ini membuat para pengunjung pun tidak mendapat kesulitan apapun dalam hal akses jalan maupun transportasi. Sebab tersedia berbagai macam transportasi yang dapat mengantarkan pengunjung yang berasal dari dalam maupun luar kota yang hendak mengunjungi destinasi wisata ini.

Secara umum, Taman Riyadhah masih berada di kompleks sebuah masjid terbesar di Lhokseumawe. Masjid tersebut adalah Masjid Islamic Center serta Lapangan Hiraqnya. Jadi taman ini tidak sepatutnya untuk dilewatkan setiap pengunjung yang mengunjungi masjid megah tersebut.

Dari Taman Riyadhah juga terlihat sangat jelas penampakan akan kemegahan dari Masjid Islamic Center Lhokseumawe. Dengan kata lain di taman ini, pengunjung akan memperoleh view dan angle yang sempurna untuk background Masjid Islamic Center.

Akses Menuju Ke Taman Riyadhah Lhokseumawe

Sumber Gambar: jdih.lhokseumawekota.go.id

Karena masih berada di kompleks Masjid Islamic Center dan Lapangan Hiraq, akses perjalanan juga satu arah dengan destinasi wisata religi tersebut. Aksesnya pun juga sangat mudah ada berbagai macam pilihan jenis transportasi yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Akses transportasi tersebut meliputi alat transportasi umum, alat transportasi berbasis online, jasa sewa kendaraan (motor dan mobil) dan lain – lain.

Sedangkan untuk para wisatawan luar Sumatera, tidak perlu khawatir sebab di destinasi wisata tersebut juga tersedia beberapa bandara. Walaupun letak dari bandara terdekat bukan di wilayah Lhokseumawe, namun mempunyai jarak yang cukup dekat. Sehingga tidak perlu berlama – lama dalam perjalanan.

Ada 3 buah bandara yang dekat dengan kawasan tersebut. Sayangnya satu diantara ketiga bandara tersebut adalah bandara helikopter. Jadi tidak dapat dijadikan sebagai destinasi penerbangan. Namun masih terdapat 2 buah bandara yang dapat dijadikan sebagai destinasi penerbangan, yaitu bandara Malikussaleh dan Bandara Lhok Bubon.

Untuk bandara yang pertama adalah bandara Malikussaleh yang terletak di Jl airport Malikussaleh, Pinto Makmur, Muara Batu, Aceh Utara. Nama dari bandara tersebut sangat istimewa bagi penduduk Aceh. Sebab diambil dari nama seorang Raja / Sultan pertama Kerajaan Samudera Pasai. Sedangkan untuk bandara yang kedua adalah Bandara Lhok Bubon. Bandara tersebut terletak di Ampeh, Tanah Luas, Lhok Bubon, Aceh Utara.

Harga Tiket Masuk Dan Waktu Operasional Taman Riyadhah Lhokseumawe

Sebagai taman kota yang dibuka untuk umum, pengunjung tidak akan dikenakan biaya kontribusi apapun. Jadi destinasi wisata ini termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata free yang terdapat di kota Lhokseumawe.

Pengunjung pun hanya perlu mengeluarkan biaya kontribusi hanya untuk biaya transportasi. Selain itu biaya parkir bagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Lalu biaya untuk akomodasi makanan dan juga souvenir.

Sumber Gambar: Instagram @fandymhatta

Sementara untuk hari operasional taman kota ini adalah setiap hari. Lalu juga tidak ditentukan batasan weekday maupun weekend. Bahkan pada hari besar pun taman ini tetap dioperasikan. Sedangkan untuk waktu operasional selama 24 jam non stop.

Khusus untuk hari libur nasional, weekend serta hari besar Islam, taman ini sangat ramai dan dipadati para wisatawan domestik maupun mancanegara. Terutama ketika hari besar Islam yang mana pihak pengelola Masjid Islamic Center mengadakan suatu acara.

Setelah menghadiri acara keagamaan di Masjid Islamic Center, biasanya pengunjung akan mampir ke Lapangan Hiraq maupun Taman Riyadhah untuk bersantai, relaxation sekaligus istirahat dan melepas penat.

Fasilitas Taman Riyadhah Lhokseumawe

Walaupun masih berada di dalam kompleks Masjid Islamic Center Lhokseumawe, fasilitas yang terdapat di taman tersebut cukup minim. Luas taman pun juga tidak begitu besar.

Hal tersebut bukan merupakan faktor kurangnya pengelolaan dari taman tersebut. Melainkan Taman Riyadhah hanyalah sebuah taman yang berfungsi untuk mempercantik wilayah Masjid Islamic Center sekaligus kota Lhokseumawe. Hal itu merupakan fungsi utama dari sebuah taman.

Di dalam taman ini tidak terdapat area parkir. Namun pengunjung tidak perlu risau karena dapat parkir di area parkir Masjid Islamic Center. Kemudian pengunjung pun hanya berjalan kaki dengan hanya menyeberang jalan untuk menuju ke Taman Riyadhah.

Tidak tersedianya area parkir, mempunyai dampak positif bagi area taman tersebut. Dengan tidak adanya tempat parkir justru membuat suasana taman tidak begitu kisruh dan lebih tenang.

Untuk daftar fasilitas yang tersedia di Taman Riyadhah antara lain sebagai berikut ini :

1. Bangku taman

Fasilitas yang tersedia di area taman adalah bangku. Ada beberapa bangku yang dapat dimanfaatkan oleh semua pengunjung untuk bersantai.

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Rozi

Bangku tersebut bukan merupakan bangku kayu maupun besi, melainkan sebuah bangku yang terbuat dari beton. Jadi jauh lebih kokoh dan kuat. Untuk pengunjung yang mempunyai berat badan diatas normal tidak perlu khawatir, sebab bangku tersebut tidak akan jebol. Bangku taman juga dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul para komunitas. Baik itu komunitas pelajar, pekerja, ibu – ibu, hobi dan lain – lain.

2. Pepohonan dan taman bunga

Selain bangku taman, di area Taman Riyadhah juga tersedia beberapa pepohonan yang sangat rindang. Sehingga membuat suasana taman terasa lebih sejuk dan asri.

Sumber Gambar: wisatalengkap.com

Lalu juga terdapat beberapa taman bunga. Walaupun taman bunga tidak begitu besar dan luas, namun dengan penataan yang dan cukup rapi, terawat dan subur membuat taman tersebut cukup apik.

3. Jalur pijat refleksi

Untuk fasilitas lainnya yaitu jalur pijat refleksi kaki. Jalur ini memang diperuntukkan bagi para lansia, namun dapat juga digunakan orang lain yang juga ingin pijat refleksi kaki. Jalur pijat refleksi kaki merupakan sebuah taman yang dilapisi dengan ratusan bahkan ribuan batu alam. Jumlah batu alam tergantung pada luas sempitnya jalur pijat refleksi.

Sumber Gambar: Google Maps @ahmad zaki

Pijat refleksi kaki dengan berjalan di atas batu alam sangat disarankan. Karena mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Khususnya untuk merangsang saraf sekaligus untuk menghilangkan rasa pegal pada kaki.

4. Taman Baca / Alue Baca

Fasilitas ini merupakan fasilitas utama yang disediakan di Taman Riyadhah. Sayangnya Taman Alue Baca hanyalah sebuah suatu kegiatan yang sering diadakan di Taman Riyadhah. Keberadaan Taman Alue Baca selalu mendapatkan respon yang sangat antusias. Bahkan semua para orangtua pun mempunyai kesadaran yang sangat tinggi akan keberadaan Alue Baca dengan mengajak buah hati mereka.

Di taman Alue Baca ini terdapat berbagai macam koleksi buku khusus anak – anak, remaja, dewasa hingga orangtua. Terlebih lagi di taman baca dilengkapi dengan berbagai macam hiasan para pahlawan nasional dari Aceh. Itulah review lengkap mengenai Taman Riyadhah Lhokseumawe. Salah satu destinasi wisata favorit dan rekomended yang berada di kompleks Masjid Islamic Center Lhokseumawe.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…