OUR NETWORK

Temukan Miniatur Raja Ampat yang Memukau di Puncak Kompe Riau

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan besarnya nilai jual pariwisata membuat objek-objek wisata baru banyak bermunculan di berbagai penjuru tanah air, meskipun tanpa campur tangan pemerintah dan dukungan dana dari pihak investor, salah satu diantaranya adalah Puncak Kompe yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Sumber: Instagram @sutanwaisalqarni

Objek wisata yang baru dibuka untuk umum pada tahun 2017 ini murni merupakan inisiatif masyarakat setempat untuk menciptakan objek wisata baru setelah melihat potensi yang ada di sekitar lokasi.

Kawasan yang awalnya perkebunan karet yang dipenuhi semak belukar, oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata dibersihkan secara bergotong royong, ditata sedemikian rupa dengan menambahkan spot-spot cantik dan berbagai fasilitas pendukung untuk memberi kenyamanan kepada pengunjung yang datang.

Sumber: Instagram @yasri_irsay

Setelah semua terlengkapi meski belum bisa dikatakan sesmpurna, barulah pada tahun 2017 dibuka untuk umum dan dipromosikan melalui media sosial. Hasilnya sungguh luar biasa, karena dalam waktu singkat Puncak Kompe menjadi viral di media sosial dan tidak pernah sepi dari pengunjung meskipun bukan hari libur.

Sumber: Instagram @giz_wittawat

Disaat objek wisata baru ini mulai populer, barulah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dan Dinas Pariwisata Provinsi Riau turun untuk memberikan pendampingan. Itupun hanya sebatas sosialisasi dan pembinaan tentang Sapta pesona, tanpa ada dukungan dari sisi dana untuk pengembangan dan peningkatan fasilitas serta infrastuktur.

Sumber: Instagram @yasri_irsay

Tidak heran jika jalan yang menuju ke objek wisata, hingga kini masih berlapis tanah, meskipun dalam kondisi yang manusiawi untuk dilewati, kecuali dalam kondisi hujan. Beruntung daya tarik yang disuguhkan Puncak Kompe terbilang luar biasa, sehingga keterbatasan infrastruktur bukan menjadi penghalang bagi wisatawan untuk datang ke lokasi.

Suguhkan Pemandangan Memukau dengan Miniatur Raja Ampat sebagai Ikonnya

Sumber: Ulasfakta.com

Untuk menuju ke lokasi wisata, pengunjung yang berangkat dari Kota Pekanbaru harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 82 km yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 2 jam. Rute yang ditempuh adalah melewati Jalan Lintas Riau – Sumatera Barat hingga tiba di Kecamatan XIII Koto Kampar yang menjadi bagian dari Kabupaten Kampar.

Lokasi Puncak Kompe berada di tepi PLTA Koto Panjang dan bersebelahan dengan Puncak Ulu Kasok. Meski untuk menuju ke lokasi harus melewati jalan yang menanjak, namun akses jalan masih dapat dilalui dengan kendaraan bermotor hingga ke area parkir.

Sumber: instaghub.com

Sehingga bagi pengunjung yang datang bersama orang yang sudah lanjut usia maupun anak-anak, tidak perlu khawatir. Karena jarak tempat parkir dengan objek wisata tidak terlalu jauh saat ditempuh dengan berjalan kaki.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 10.000 perorang. Harga tiket tersebut relatif murah, karena semua fasilitas yang ada di sini dapat dimanfaatkan secara gratis, kecuali kalau makan di warung-warung yang ada di lokasi, tentunya harus membayar seharga makanan dan minuman yang dihabiskan.

Sumber: Instagram @anaknongkrong_pku

Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya kamar mandi dan toilet, mushollah, gazebo-gazebo untuk beristirahat dan menikmati pemandangan sekeliling, serta beberapa spot foto yang instagramable.

Tidak salah, spot-spot foto dengan bentuk yang unik, menarik dan instagenic memang menjadi salah satu daya tarik yang dijual Puncak Kompe kepada wisatawan. Beberapa spot foto yang diserbu para pengunjung saat datang ke lokasi, diantaranya adalah rumah pohon, ayunan, bambu cinta, replika bintang, replika bulan sabit, kupu-kupu dan beberapa spot foto yang lain.

Sumber: Instagram @kamparsky.id

Untuk berfoto di semua spot yang ada, pengunjung tidak perlu membayar lagi karena sudah include dengan harga tiket sebesar Rp.10.000 yang dibayar pada saat masuk ke lokasi wisata.

Diantara sekian banyak spot foto yang dimiliki Puncak Kompe, objek yang paling menyita perhatian adalah Danau Koto Panjang yang berada tidak jauh dari lokasi. Danau ini memiliki gugusan pulau-pulau kecil dengan bentuk yang artistik, sehingga menyerupai kepulauan Raja Ampat yang ada di Papua.

Sumber: Instagram @yul_achyar

Tentu saja Danau Koto Panjang hanya dapat dinikmati keindahannya dan tidak untuk diselami lewat aktifitas diving dan snorkeling sebagaimana Raja Ampat. Namun demikian, keindahan yang disuguhkan itupun sudah lebih dari cukup untuk membuat pikiran kembali fresh.

Comments

Loading...