OUR NETWORK

Trip Asyik di 10 Tempat Wisata di Serdang Bedagai

Kabupaten Serdang Bedagai yang beribukota di Sei Rampah, merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki potensi luar biasa di sektor pariwisata. Hal tersebut disebabkan karena kontur alamnya yang variatif, mulai dari dataran rendah, kawasan pantai, dataran tinggi hingga perbukitan dan pegunungan.

Bagi Anda yang melakukan trip di Serdang Bedagai, perlu kiranya membuat daftar tempat wisata yang akan dikunjungi, mengingat objek wisata di kabupaten ini cukup banyak. Berikut 10 tempat wisata di Serdang Bedagai yang wajib masuk dalam daftar kunjungan.

Pulau Berhala

Sumber: Instagram @yukberkelana

Surga tersembunyi ini berada di Selat Malaka dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Secara administratif Pulau Berhala menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Tanjung Baringin dengan luas 14,75 hektar.

Pulau ini menyuguhkan keindahan yang komplit, karena kawasan daratannya dipercantik dengan hutan bakau yang lebat, pantai bertabur pasir putih yang lembut dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang. Batu-batu vulkanik dengan bentuknya yang unik yang tersebar di kawasan pantai semakin melengkapi keindahan pantai.

Tidak hanya kawasan daratan, alam bawah laut di Pulau Berhala juga sangat memukau karena memiliki 22 jenis terumbu karang, 11 spesies ikan karang dan berbagai macam biota laut lainnya. Keindahan alam bawah laut tersebut sudah dapat dinikmati dengan menyelam sedalam 4 – 25 meter.

Pantai Pondok Permai

Sumber: Instagram @pantaipondokpermai

Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang telah dikelola secara profesional, sehingga wisatawan yang berkunjung tidak hanya disuguhi oleh keindahan panorama pantai tapi juga dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas seperti gazebo-gazebo yang tersebar di beberapa titik, berbagai macam wahana permainan air, kolam renang, rumah makan terapung dan berbagai macam fasilitas yang lain.

Keindahan panorama pantai, lengkapnya fasilitas ditambah mudahnya akses untuk menuju ke lokasi itulah yang membuat pantai yang berada di Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Pantai Mutiara Indah

Sumber: Instagram @pantaimutiaraindah

Sumber: Instagram @pantaimutiaraindah

Lokasi Pantai Mutiara Indah tidak jauh dari Pantai Pondok Permai dan juga masih berada di wilayah Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin. Pantai ini juga telah dikelola dengan baik meski fasilitas yang tersedia tidak selengkap fasilitas yang ada di Pantai Pondok Permai.

Kelebihan dari Pantai Mutiara Indah dibanding pantai yang menjadi tetangganya adalah murahnya harga tiket masuk dan harga-harga dari fasilitas yang disewakan serta dijual. Untuk tiket masuk misalnya, hanya Rp.8.000, sedang harga sewa pondok hanya Rp.25.000 – Rp.30.000. Bahkan, fasilitas karaoke yang tersedia di Pantai Mutiara Indah, dapat dimanfaatkan dengan gratis.

Pantai Klang

Sumber: Instagram @realuci

Soal keindahannya, Pantai Klang sebenarnya tidak kalah dari pantai-pantai lainnya yang ada di Serdang Bedagai. Hanya saja, pantai yang berlokasi di Desa Nagalawan, Kecamatan Perbaungan ini belum dikelola secara profesional dan hanya masyarakat sekitar yang memberdayakannya dengan sejumlah fasilitas. Namun demikian, pantai ini tetap menjadi magnet bagi pengunjung, utamanya pada saat liburan yang selalu dipenuhi wisatawan.

Pantai Cermin Theme Park

Sumber: Instagram @pantaicerminthemeparkresort

Memanfaatkan keindahan Pantai Cermin yang selalu dibanjiri wisatawan, maka dibangunlah Pantai Cermin Theme Park yang resmi dibuka pada 14 Januari 2007. Sebagaimana theme park pada umumnya, berbagai macam permainan air dan wahana seru serta fasilitas hiburan termasuk kebun binatang mini memenuhi lokasinya. Berbagai fasilitas penunjang seperti restoran dan penginapan juga telah disiapkan, sehingga pengunjung benar-benar dimanjakan.

Kampoeng Nipah

Sumber: Instagram @wisatamangrovenipah
Sumber: Instagram @rafita_lbs

Kampoeng Nipah merupakan Desa Wisata Terpadu yang berlokasi di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Serdang Bedagai. Pengunjung yang datang ke sini akan menikmati petualangan seru menyusuri hutan mangrove yang lebat dengan menggunakan perahu.

Pengunjung juga dapat belajar banyak tentang jenis-jenis dan cara membudidayakan mangrove, manfaat mangrove termasuk cara mengolahnya untuk dijadikan makanan dan berbagai hal yang berhubungan dengan mangrove dari guide lokal yang akan menerangkan secara detail. Tersedia pula berbagai makanan olahan mangrove yang bisa dibeli dan dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Air Terjun Sampuren Widuri

Sumber: Instagram @ree_doo_wan

Dengan jarak hanya sekitar 1 km dari Jalan Lintas Sumatera yang menuju Pematang Siantar, membuat lokasi air terjun ini tidak sulit untuk dijangkau dan dengan medan yang juga tidak ekstrim sebagaimana wisata air terjun pada umumnya.

Pengunjung yang datang ke lokasi akan menjumpai 3 air terjun dengan jarak yang lumayan dekat, hanya saja Sampuren Widurilah yang menjadi ikon dari objek wisata ini karena memang memiliki curahan air paling tinggi dibanding 2 air terjun yang lain, yaitu sekitar 50 meter.

Ancol Arung Jeram

Sumber: Instagram @ancolarungjeram

Petualangan seru dan mengasyikkan sekaligus menguras adrenalin ini bakal bikin ketagihan, bahkan bagi mereka yang  kerapkali melakukan rafting sekalipun. Betapa tidak, saat berarung jeram menyusuri Sungai Sei Bahbolon, tidak hanya arus deras berhias batu-batu besar saja yang akan ditemui, tapi juga pemandangan di sekitar sungai yang tidak biasa seperti perempuan-perempuan desa yang sedang mandi dan mencuci di sungai, melintasi air terjun, menyusuri kawasan sungai yang tidak tersinari cahaya matahari karena tertutup oleh rimbun dedaunan dan lintasan lainnya yang memukau.

Pemandian Batu Nongol

Sumber: rentalrudimedan.

Pemandian alam ini awalnya merupakan tempat penambangan pasir. Setelah tidak difungsikan lagi, selanjutnya dibeli oleh pihak pengelola seharga Rp.1,5 M dengan luas 6 hektar. Sejak saat itulah Pemandian Batu Nongol yang populer dengan sebutan BTN ini ditata, seperti membangun gubuk-gubuk peristirahatan, mendirikan warung-warung dan melengkapinya dengan sampan.

Hanya dalam waktu singkat, pemandian yang memanfaatkan aliran Sungai Padang ini dibanjiri pengunjung, karena selain murah, air di pemandian alam ini sangat jernih dengan riak air yang tenang sehingga aman untuk digunakan mandi anak-anak.

Romance Padi

Sumber: Instagram @ayu_sasha

Destinasi wisata yang satu ini menjadi berbeda dari yang lain karena memadukan wisata kekinian yang mengeksploitasi area peresawahan dengan wisata kuliner. Saat memasuki lokasi wisata, pengunjung akan disuguhi hamparan sawah yang hijau dilengkapi berbagai properti yang menciptakan suasana romantis dan instagramable untuk dijadikan spot foto, seperti sofa, tirai kelambu, bangku taman dan berbagai ornamen bertuliskan “Love”, “Marryu Me”, serta yang lain.

Wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam hidangan seperti belut dan ayam kampung goreng yang disantap bersama sambal hijau, aneka menu seafood, mulai dari ikan bakar, sotong, cumi-cumi, udang serta yang lain. Bersantap menjadi lebih nikmat karena tempat makan berupa gubuk-gubuk yang ditempatkan di sejumlah titik di area persawahan.

Comments

Loading...