in

Usir Penat Anda dengan Berwisata ke Bukit A1 (Bukit Samak) Belitung Timur

Sumber Gambar: Instagram @sevendrone

Saat lelah menyandera. Fase jenuh menyerang dengan begitu ganas, dan anda butuh sesuatu yang bisa membuat bibir tersenyum dan hati bahagia kembali, maka sudah saatnya anda membuat sebuah quality time.

Tahukah anda, berlibur ke tempat-tempat yang menyuguhkan panorama alam indah, bisa mengobati juga mengusir rasa penat anda, loh. Tuhan sudah menyediakan kekuatan relaksasi paling natural untuk mengembalikan energi positif yaitu dengan hadirnya berbagai tempat yang sejuk, hijau, asri dan sangat lekat dengan alam.

Nah, di Belitung Timur, tempat-tempat seperti ini sangatlah banyak. Salah satunya yaitu Bukit A1. Unik, ya namanya? Selain akrab disapa dengan sebutan A1, nama populer lainnya dari bukit ini adalah Bukit Samak.

Benarkah bisa mengusir penat dan memperoleh liburan yang menyenangkan jika anda mengunjungi tempat ini? Supaya anda semakin yakin, berikut kami sajikan ulasan menarik tentang Bukit A1.

Mengenal Lebih Dekat Bukit A1

Bukit A1 memiliki ketinggian 130 meter dari permukaan jalan. Total luasnya 822 meter persegi. Tempat ini memiliki jejak sejarah yang sangat kental, karena merupakan target perebutan dengan waktu yang sangat panjang, antara tentara dari Vietnam dan tentara Perancis dalam Operasi Dien Bien Phun pada tahun 1954 silam.

Bukit A1 berlokasi di Desa Lalang. Bukit ini dulunya adalah perumahan elit milik kaum Belanda juga para petinggi PT Timah. Namun sekarang sudah tidak lagi. Apabila anda sedang berada disini maka akan menemukan banyak rumah bekas bergaya Belanda. Halaman rumah tersebut juga luas dan dibangun mengikuti kontur perbukitan yang kemudian dihubungkan dengan jalan aspal mulus mengitari bukit. Saat ini ada 2 rumah besar di Bukit A1 yaitu rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati Manggar.

Seiring berjalannya waktu, berkat usaha pemerintah juga masyarakat setempat akhirnya Bukit A1 ini pun disulap menjadi sebuah obyek wisata. Hingga kini, Bukit A1 adalah tempat nongkrong yang paling hits dan digemari.

Potret Bukit A1 yang Mempesona

Sumber Gambar: Instagram @fera_journey

Lokasi bukit A1 tidak terlalu jauh dari Pantai Nyiur Melambai. Biaya masuk ke Bukit A1 ini pun juga gratis, loh. Nah, untuk menuju kawasan ini, anda akan diajak berpetualang terlebih dahulu dengan melalui jalan yang berliku dan menanjak. Jadi berhati-hatilah, dan periksa kendaraan anda sebelum digunakan untuk berkendara ke Bukit A1.

Selama perjalanan anda akan ditemani pemandangan pohon yang rindang. Hawanya juga sejuk. Ya, hawa khas perbukitan yang bisa membuat siapapun menghirup hawa tersebut menjadi semakin bersemangat dan tidak sabar untuk segera sampai di puncak bukit.

Setelah melalui kawasan perbukitan, maka anda akan tiba di sebuah kawasan yang akrab dikenal dengan sebutan A1. Di kawasan inilah potret pemandangan laut yang indah juga Kota Manggar dapat terlihat dengan jelas.

Sumber Gambar: Instagram @putera_belitong_tour

Banyak pendopo yang disediakan di sekitar bukit. Bersantailah disana, untuk bisa memanjakan mata anda melihat laut dari atas bukit. Moment ini sangat mengesankan dan menjadi sajian sedap yang sungguh begitu eksklusif dipotret oleh kedua pasang mata anda. Tidak heran jika pada akhirnya, Bukit A1 pun menjadi area paling favorit anak-anak muda Kota manggar.

Saat sore hari anda dapat menikmati sunset yang cantik, dan pagi hari ada sunrise yang menawan. Banyaknya hal indah di bukit ini, membuat anda pasti betah melakukan kegiatan fotografi.

Sumber Gambar: Instagram @delita_noviantisa

Jika anda ingin berlama-lama di sini, dan tidak mau repot pulang pergi, di Bukit A1 pun juga sudah dilengkapi penginapan untuk wisatawan. Tarif penginapannya cukup bervariasi. Paling murah adalah 150 ribu per malam dan paling mahal 350 ribu per malam. Di penginapan tersebut juga tersedia gedung pertemuan yang dapat menampung hingga 200 orang, loh. Cocok untuk anda yang ingin mengadakan gathering, atau reunian.

Selain itu terdapat pula kafe, dan restoran yang menyediakan berbagai jenis makanan yang siap memanjakan lidah anda. Menu yang ditawarkan lezat-lezat dan khas Belitung seperti mie Belitung, gangan ikan, sayur iding-iding, pampi, bakso ikan hingga ikan bakar.

Demikianlah ulasan menarik mengenai Bukit A1 alias Bukit Samak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Sekali lagi, jika anda ingin berlibur ke tempat yang sejuk, asri dan pastinya ampuh mengusir penat, Bukit A1 ini sangat recommended untuk dikunjungi.

Akhir kata, sampai bertemu lagi pada pembahasan tempat wisata yang tidak kalah menarik berikutnya.