OUR NETWORK

Wisata Alam Air Terjun Bukit Hitam

Jalan-jalan berkunjung ke air terjun tidak akan pernah menjadi sesuatu yang mengecewakan terlebih bagi kita yang tinggal di daerah tropis. Rasa lelah dengan keseharian bersama matahari dan cuaca panas bisa lansung hilang saat melihat air terjun. Suara air dan kesejukan hawa di sekitar air terjun menjadikan rasa lelah seolah menguap seketika.

Kali ini penulis akan menunjukkan salah satu air terjun terkenal di Provinsi Bengkulu. Tepatnya di Desa Bukit Hitam, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Sama dengan nama daerahnya, air terjun ini banyak dikenal dengan sebutan Air Terjun Bukit Hitam.

Sumber: Instagram @yuresta.ep

Untuk menuju lokasi ini memang diperlukan upaya ekstra, namun kejernihan dan derasnya debit Air Terjun Bukit Hitam membuat upaya untuk mencapainya menjadi impas. Bukit Hitam sendiri adalah Kawasan taman wisata alam dengan luas wilayah puncak sekitar 2 hektar. Selain air terjun, terdapat sumber air panas dan juga goa di Bukit Hitam yang melengkapi kawasan wisata alam ini.

Air Terjun Bukit Hitam merupakan air terjun dengan ketinggian 100 meter yang terletak di puncak Bukit Hitam. Siapa saja yang hendak berkunjung ke Air Terjun Bukit Hitam harus sudah menyiapkan fisik yang sehat karena air terjun ini hanya bisa dicapai dengan cara mendaki selama sekitar 30 menit.

Sumber: Instagram @rendra_kusumaa

Berada di wilayah yang sama dengan air terjun, terdapat air panas yang juga banyak didatangi oleh para pengunjung. Sumber air panas di Bukit Hitam ini muncul karena Bukit Hitam memiliki jalur panas bumi atau yang disebut geothermal rel. Dari Air Terjun Bukit Hitam maka pengunjung harus menuruni jurang sedalam kurang lebih 25 meter jika ingin mencapai sumber air panas Bukit Hitam.

Meskipun memerlukan upaya ekstra untuk mencapai sumber air panas, merasakan relaksasi di kolam-kolam yang airnya langsung dialirkan dari sumber mata air tentu layak untuk diperjuangkan. Selain membuat tubuh menjadi lebih santai, menikmati sumber air panas juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sungguh sangat nyaman berada di dalam kolam air panas yang di keliling oleh keindahan hutan yang masih terjaga.

Sumber: Instagram @its_brian08

Masih sulitnya akses untuk menuju ke Air Terjun Bukit Hitam membuat pemerintah daerah berupaya mencari cara agar daerah wisata ini dapat lebih berkembang, seperti dengan membuat perencanaan membangun waterboom di dekat sumber air panas. Hal tersebut memang masih menjadi rencana, namun penulis melihat bahwa masih sulitnya akses untuk mencapai air terjun ini justru malah menjaga keasrian alamnya. Di daerah hutannya masih sering terdengar kicauan burung dan rimbunnya hutan juga senantiasa menjaga kita dari sengatan sinar matahari di sepanjang perjalanan.

Saat ini pemerintah Kabupaten Kepahiang telah membuka dua jenis akses untuk menuju Air Terjun Bukit Hitam, yang pertama yaitu jalur pejalan kaki dan yang kedua adalah jalur off-road. Selain akses jalan yang dibuka, Pemerintah Kabupaten Kepahiang juga membuat sarana dan pra-sarana lain di sekitar daerah Bukit Hitam seperti pasar kuliner wisata yang berada di pusat Kabawetan. Tidak hanyak bisa menikmati kuliner pengunjung juga bisa membeli cinderamata khas Kepahiang setelah usai mengunjungi Air Terjun Bukit Hitam.

Sumber: Instagram @nopritaeriyanti_28

Sampai saat ini, anggota pecinta alam paling banyak mendominasi kunjungan wisata ke Bukit Hitam. Biasanya, tidak hanya berjalan sambil menikmati alam, kamu juga akan dengan mudah bertemu teman baru di sepanjang perjalanan menuju air terjun.

Begitu lengkap rasanya kawasan wisata alam Bukit Hitam ini. Bagi kalian yang memiliki jiwa berpetualang yang besar namun juga ingin bersantai saat berlibur maka Air Terjun Bukit Hitam dan sumber air panasnya adalah tempat yang cocok untuk kalian jadikan pilihan. Selamat jalan dan selamat bersenang-senang! Semoga perjalananmu ke Air Terjun Bukit Hitam akan menjadi salah satu perjalanan yang paling mengesankan.

Comments

Loading...