in

Yuk Berwisata Alam Dan Kuliner Di Kota Takengon!

Sumber Gambar: acehportal

Kota Takengon adalah ibu kota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Terletak di kecamatan Lut Tawar dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Penduduknya terdiri dari bermacam suku seperti Jawa, Minang, Gayo dan masih bayak lagi. Selain itu di sana juga terdapat berbagai wisata baik alam maupun kuliner yang wajib di coba. Penasaran, yuk simak ulasannya!

Wisata Alam Yang Bisa Kamu Datangi

Setiap daerah pasti memiiki beberapa wisata alam yang menjadi destinasi unggulan. Hal ini juga berlaku di Kota Takengon, berikut ini beberapa list tempat yang recomended:

  1. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar atau Danau Lut Tawar masyarakat suku Gayo biasa menyebutnya. Merupakan salah satu destinasi wisata alam unggulan di Aceh. Air danaunya berwarna biru berpadu dengan hijaunya perbukitan. Udara di sekitar juga sejuk dan menyegarkan cocok untuk melepas penat.

Sumber Gambar: Google Maps @Sarjana Politik

Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga dimanfaatkan penduduk sebagai sumber mata air. Untuk mengairi ladang, persawahan serta sumber air minum hampir setengah penduduk di sana. Maka dari itu penduduk sangat mengutamakan kebersihan dan kelestarian sumber air tersebut.

  1. Dermaga Dedalu

    Sumber Gambar: Google Maps @Rudi Iskandar

Deramaga Dedalu terletak di bawah jalan raya yang menghubungkan pusat Kota Takengon dengan kecamatan Lut Tawar. Ikon serta spot favorit pengunjung adalah jalanan kayu yang membentang menghadap danau dan bukit. Kamu juga bisa naik kuda milik warga setempat yang terkadang disewakan untuk para wisatawan. Jika malas, kamu bisa duduk santai saja di pondok sambil menikmati pemandangan.

  1. Pantai Menye

    Sumber Gambar: Google Maps @Dardiri Dardak

Pantai Menye letaknya berada di timur danau Laut Tawar. Diberi nama Menye yang berarti manja dalam bahasa Indonesia. Meski letaknya di tepian danau, ombak pantai ini tak kalah indah deburannya. Hawa di pantai Menye juga dingin dan sejuk karena di kelilingi pegunungan hijau.

Wisata Kuliner Yang Wajib Kamu Coba

Lelah menyusuri berbagai tempat wisata yang cantik kini saatnya kamu mengisi perut. Jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner lezat khas kota ini. Apa saja yang enak? Mari cari tahu!

  1. Gegerip

Merupakan makanan khas yang terbuat dari beras, gula merah dan garam. Memiliki tekstur yang alot dan sedikit keras namun tetap lezat. Dalam proses pembuatannya terlebih dahulu beras di jadikan nasi lalu di keringkan. Setelah kering, nasi di campur dengan gula merah dan di oseng sampai tercampur.

  1. Dedah

Dedah adalah sejenis makanan yang biasanya dijadikan sebagai lauk. Terbuat dari ikan depik yang merupakan ikan khas Aceh. Di bumbui dengan irisan cabai hijau, bawang merah halus dan kunyit. Terdapat juga tambahan bumbu khas yang hanya ada di sana yaitu gegarak dan empan.

  1. Gutel

Gutel adalah salah satu makanan khas milik suku Gayo di Aceh. Terbuat dari kelapa parut, garam, serta tepung beras yang di campur menjadi satu. Setelah adonan tercampur lalu dikepal kemudian di ikat dengan daun pandan. Rasa Gutel sendiri gurih karena ada pencampuran garam dan kelapa.

  1. Brahrum

Brahrum adalah kue Keleponnya orang Aceh. Bahan dasarnya juga terbuat dari tepung ketan yang di bentuk bulat kemudian diisi gula merah. Setelah terbentuk bulatan lalu di rebus di air mendidih, diangkat dan di tiriskan. Brahrum sendiri biasanya identik dengan warna hijau dan disajikan bersama parutan kelapa.

Kota Takengon merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki potensi wisata. Terdapat wisata alam, kuliner dan budaya. Jika terus di kembangkan bukan tidak mungkin bisa mendunia. Nah, demikian dulu ulasan artikel ini semoga bermanfaat.