Yuk, Cobain Sensasi Berkemah Di Gunung Ijen

Jika kalian sudah pernah ke Banyuwangi rasanya Gunung Ijen sudah tidak akan asing lagi ditelinga kalian karena lokasi wisata yang satu ini menjadi salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Banyuwangi. Gunung Ijen ini sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif dan memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut yang membuat udara yang ada di gunung ini cukup sejuk.

Salah satu daya tarik utamanya adalah Blue Fire yang merupakan Eternal Fire yang artinya api biru ini sendiri tidak akan padam dalam kondisi apapun dan hanya di Gunung Ijen saja kalian bisa menyaksikan fenomena alam yang langka ini. Jika kalian suka mendaki dan berkemah rasanya Gunung Ijen akan menjadi salah satu favorit buat kalian karena akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu indah.

Sumber Gambar: madiunpos.com

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Jika kalian belum pernah dan ingin mengunjungi lokasi wisata ini akan tetapi masih ragu kalian tidak perlu khawatir karena kami akan membantu kalian dengan memberikan kalian informasi yang perlu kalian ketahui sebelum kalian berangkat ke Gunung Ijen ini. Apa sajakah itu? Ikuti dan simak terus ulasan kami di bawah ini.

Lokasi Dan Alamat Gunung Ijen

Lokasi dari Gunung Ijen ini sendiri berada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Provinsi Jawa Timur yang dapat kalian tempuh melalui tiga jalur dengan cukup mudah menggunakan kendaraan pribadi kalian. Tentu saja untuk mencapai ke puncaknya dan lokasi berkemah kalian harus melakukan trekking karena tidak bisa menggunakan kendaraan dan hanya bisa kalian capai dengan jalan kaki.

Ada tiga rute yang dapat kalian ambil jika kalian ingin sampai ke lokasi Gunung Ijen ini yaitu :

Rute Dari Kota Surabaya

Jika kalian memutuskan untuk berangkat dari Kota Surabaya maka kalian dapat memilih jalur tol menuju Daerah Probolinggo via Bangli, kemudian setelah kalian keluar tol, lanjutkan perjalanan ke Daerah Krasakan lalu ke Besuki hingga ke Bondowoso. Setelah itu kalian bisa melanjutkan perjalanan kalian untuk menuju ke lokasi Gunung Ijen dengan waktu tempuh yang cukup lama yaitu kurang lebih dua jam hingga akhirnya kalian sampai di lokasi.

Rute Dari Situbondo

Jika kalian dari Situbondo kalian dapat menuju ke Wonosari dan juga Bondowoso kemudian kalian tinggal melanjutkan perjalanan kalian untuk mencapai ke lokasi titik pendakian pertama yaitu Paltuding. Dari sini kalian tinggal melakukan trekking untuk sampai ke Gunung Ijen dan sepanjang perjalanan kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah berupa hutan pinus yang indah.

Rute Dari Banyuwangi

Rute paling singkat yang bisa kalian ambil adalah rute dari Banyuwangi, kalian tinggal mengarahkan kendaraan kalian menuju ke daerah Licin dan kemudian ke arah titik pendakian pertama yaitu Paltuding. Dari sini kalian tinggal melanjutkan perjalanan dengan melakukan trekking hingga kalian sampai di Gunung Ijen.

Fasilitas Pendukung

Sumber Gambar: Google Maps @ P 41 JO Larose

Gunung Ijen merupakan lokasi wisata yang sangat populer sehingga tidak aneh rasanya jika fasilitas pendukung yang ada di lokasi wisata ini sudah sangat lengkap sehingga kalian para pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas dengan mudah. Kalian akan menemukan fasilitas seperti :

Area parkir yang luas yang dapat kalian gunakan untuk memarkir kendaraan kalian dengan aman selagi kalian menghabiskan waktu liburan kalian di lokasi ini. Warung atau kios penjual makanan yang cukup banyak kalian temukan dan dapat kalian gunakan untuk beristirahat atau makan siang atau sekedar ngopi – ngopi santai sambil menikmati keindahan dari Gunung Ijen ini.

Toilet umum untuk kalian membersihkan diri setelah melalui perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan. Mushola yang dapat digunakan oleh teman – teman yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah mereka ketika sedang berada di Gunung Ijen ini. Camping ground area buat kalian yang ingin berkemah dan menghabiskan malam kalian di Gunung Ijen.

Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini tentu kalian bisa fokus melakukan kegiatan yang menyenangkan ketika kalian sedang berada di lokasi Gunung Ijen ini.

Aktivitas

Sumber Gambar: Google maps @ Rita Rahmawati

Untuk aktivitas sendiri cukup banyak yang bisa dilakukan dan salah satu yang cukup populer adalah dengan berkemah mau itu sendiri maupun rombongan dan banyak sekali pengunjung yang datang ke Gunung Ijen untuk berkemah. Selain itu melihat Blue Fire atau Eternal Fire juga merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dijumpai, tidak aneh sih karena fenomena alam ini hanya bisa kalian saksikan di Gunung Ijen saja.

Sumber Gambar: Google Maps @Hari Rizki

Selain yang sudah kami sebutkan masih banyak kegiatan lain yang dapat kalian lakukan dan tentu saja kegiatan tersebut sangat menyenangkan sehingga kalian tidak akan merasa bosan ketika kalian menghabiskan waktu liburan kalian di Gunung Ijen ini.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.