OUR NETWORK

10 Alasan Tana Toraja Menjadi Destinasi Kamu Berikutnya

Berwisata merupakan hal yang sudah wajib dilakukan ketika musim liburan datang, lalu kemana tujuan wisata akhir tahun ini? Dari banyak pilihan destinasi wisata, wisata Tana Toraja di Sulawesi Selatan bisa menjadi pilihan utama destinasi liburan yang wajib Anda kunjungi.

Daya tarik Tana Toraja ini terbukti telah banyak memikat wisatawan mancanegara dan domestik untuk berkunjung ke tempat tersebut. Tana Toraja juga merupakan salah satu dari 15 Kampung Adat di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi. Jika anda belum pernah pergi ke wisata Tana Toraja ini, berikut 10 alasan untuk anda berlibur ke Tana Toraja:

Melihat mayat berjalan (Ma’Nene)

Sumber: Instagram @jakaanjar

Upacara mayat berjalan di Tana Toraja sudah menjadi sebuah tradisi disana sekaligus menjadi budaya yang juga biasa dikenal dengan nama Ma’ Nene. Upacara adat tersebut dilakukan dalam rangka mengganti pakaian mayat para leluhur mereka yang sudah lama meninggal dunia. Sangatlah unik dan amatlah khas, karena ritual Ma’nene ini dilakukan hanya oleh masyarakat disekitar Baruppu, yaitu sebuah tempat di pedalaman Toraja Utara. Ritual Ma’nene sendiri  dilakukan setiap tiga tahun sekali dan biasanya dilakukan pada bulan Agustus. Mengapa bulan Agustus? Karena upacara Ma’ Nene hanya boleh dilaksanakan setelah musim panen yakni yang jatuh pada bulan Agustus. Dan dalam pelaksanaan ritual adat Ma’ Nene, sangatlah dipercaya jika ritual Ma’ Nene tidak dilakukan sebelum masa panen, itu artinya akan berakibat pada sawah-sawah dan ladang mereka yang akan mengalami kerusakan dengan banyaknya tikus dan ulat yang datang tiba-tiba

Menyaksikan upacara pemakaman khas Toraja (Rambu Solo)

Sumber: Instagram @dwi_harvan

Upacara pemakaman khas toraja yang biasanya disebut Rambu Solo adalah sebuah rangkaian kegiatan yang jika begitu rumit ikatan untuk dilakukan serta membutuhkan biaya yang begitu banyak. Persiapan dalam pemakaman pun biasanya selama berbulan-bulan. Sementara  untuk menunggu upacara yang sedang dipersiapkan, tubuh orang yang sudah meninggal dunia akan dibungkus dengan kain dan akan disimpan di dalam rumah leluhur atau tongkonan. Puncak dari upacara Rambu Solo biasanya berlangsung pada bulan Juli dan Agustus. Biasanya pada bulan tersebut orang Toraja yang merantau di seluruh Indonesia akan pulang kampung untuk turut serta dalam rangkaian acara adat tersebut. Kedatangan orang Toraja tersebut diikuti pula dengan kunjungan turis mancanegara yang ingin menyaksikan upacara pemakaman.

Uji Nyali di Londa

Sumber: Instagram @desinafalia

Jika anda berkunjung ke wisata Tana Toraja, Londa adalah tempat yang harus dikunjungi. Londa merupakan pemakaman di dalam gua khas suku Toraja yang umurnya sudah mencapai ratusan tahun. Di dalam gua tersebut terdapat banyak  tengkorak dan tulang belulang yang bisa anda lihat secara langsung. Londa  telah memukau banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia, baik lokal ataupun mancanegara. Seperti diketahui, setiap suku bangsa di dunia pastinya memiliki adat dan kepercayaan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah adat Toraja ini.

Mengunjungi kuburan bayi yang ditanam di dalam batang pohon

Sumber: Instagram @backpacker.id

Baby Grave Kambira merupakan tempat kuburan bayi yang ditanam didalam pohon dan untuk mencapai lokasi pemakaman tersebut, wisatawan diharuskan berjalan kaki menuruni anak tangga yang tidak jauh dari lokasi pintu masuk Baby Grave Kambira. Untuk memasuki tempat tersebut anda hanya cukup merogoh kocek anda sebesar Rp 10.000, lalu langkahkan kaki anda  menuruni anak tangga memasuki hutan bambu yang rindang. Ditempat tersebut anda akan disuguhi rimbunan bambu, dan terdapat sebatang pohon yang tidak terlalu tinggi, akan tetapi di batang pohon itu dipenuhi bentuk kotak-kotak dan ditutupi ijuk.

Ada Kerbau seharga Rp 1 miliar (Tedong Saleko), yang merupakan kerbau endemik Toraja yang sangat sulit di dapat dan  mahal karena digunakan untuk ritual keagamaan

Sumber: Instagram @ardianto.item

Didalam kepercayaan masyarakat Tana Toraja kerbau merupakan kendaraan bagi arwah dari orang yang telah meninggal menuju Puya. Di Tana Toraja, kerbau sendiri memiliki kedudukan yang amatlah penting bagi masyarakatnya. Kerbau diternakkan dan juga dipergunakan sebagai alat pembajak sawah, selain itu bagi masyarakat Tana Toraja kerbau dianggap sebagai hewan sakral dan simbol status sosial. Kerbau yang dinamai Tedong Saleko inilah merupakan kerbau dengan harga termahal, biasanya bisa mencapai miliaran rupiah. Berapa besaran harga tergantung pada kondisi kerbau tersebut, yaitu dari belang, panjang tanduk, tanda khusus di tubuh, hingga panjang ekor. Semakin besar tanduk kerbau, makin panjang ekornya. Biasanya kerbau tersebut terjual dalam kisaran harga Rp1 miliar per ekor.

Rumah Tongkonan yang  unik

Sumber: Instagram @erym.wty

Tongkonan merupakan rumah adat suku Toraja yang punya makna dan nilai tersendiri, mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana. Tongkonan sendiri memang dikenal sebagai keragaman adat dan budaya yang dipegang oleh masyarakat toraja. Tongkonan merupakan rumah adat yang terbuat dari kayu uru. Pohon Uru memang banyak tumbuh di Sulawesi. Pada Tongkonan Bagian yang paling terlihat unik adalah atapnya yang berbentuk seperti perahu. Perahu menjadi pengingat orang Toraja, bahwa leluhur mereka di masa lampau menggunakan perahu sebagai alat transportasi menuju Sulawesi. 

Taman Seratus Menhir

Sumber: Instagram @kemang.ms

Saat anda mengunjungi Tana Toraja di Sulawesi Selatan, jangan sampai melewatkan objek wisata Bori Kalimbuang. Tempat ini terletak di desa Sesean, Toraja Utara. Disini anda akan menemukan sekumpulan menhir yang tertata sangat rapi dan juga menawan.

Menhir yang berada di sana berjumlah 102 bilah batu yang berdiri dengan megah. Semua menhir yang ada disini mempunyai ukuran yang berbeda yang menjadikan penempatan menhir  terlihat sangat cantik dan indah. Menhir-menhir ini terdiri dari 24 batu ukuran besar, 24 batu ukuran sedang dan 54 batu berukuran kecil. Keunikan dari tempat ini adalah adanya prosesi adat tarik batu. Prosesi ini dilakukan oleh orang sekitar.

Situs Megalith (Menhir) ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu objek wisata warisan dunia di Toraja Utara.

Rating 5 di situs Trip Advisor

Sumber: Instagram @caolatravelstheworld

Wisata Tana Toraja menempati tempat ke lima berdasarkan situs Trip Advisor. Dimana dalam situs ini menghitung penilaian wisatawan untuk menentukan kepuasan dari para wisatawan secara keseluruhan. Dengan begitu wisata di Tana Toraja dapat dibilang sebagai tempat wisata yang sangat menarik dan unik. Ayo, bagi kalian yang belum ke Toraja, buruan berkunjung. Jangan sampai ketinggalan.

Festival Lovely December

Sumber: Instagram @indahsalmard

Lovely Desember atau yang dikenal juga dengan Lovely Toraja merupakan kegiatan tahunan yang menampilkan berbagai macam kesenian dan budaya Toraja dalam bentuk atraksi seni budaya. Dalam festival ini menyuguhkan beberapa acara seperti festival kopi dan internasional barista competition, toraja night run, pagelaran seni budaya, pameran kuliner, festival foto wisata, serta Event Puncak Lovely Desember dan lomba paduan suara natal.  Kegiatan ini dimulai dengan penampilan opera Toraja yang menceritakan tentang kisah rakyat tradisional. Sedangkan untuk pameran kuliner tradisional Toraja akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut.di festival Lovely Desember ini juga akan digelar karnaval tedong yang menghadirkan kontes kerbau secara besar-besaran.

Banyak disediakan penginapan di Tana Toraja

Sumber: Instagram @icecubox

Tidak perlu bingung  mencari tempat penginapan saat anda berada di Tana Toraja. Tersedia banyak sekali penginapan dengan varian harga yang beragam mulai dari yang termurah sampai termahal. Wisatawan bisa menginap di hotel atau wisma. Jika anda ingin menginap di wisma, tentu harganya lebih murah. Ada banyak varian harga wisma di Tana Toraja yang harganya berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 160.000 per malamnya. Sedangkan untuk menginap di hotel harga sekitar Rp 350.000 hingga Rp 600.000 per malam, tergantung fasilitasnya.

 

Sumber Gamabr:
instagram.com/p/BZLBmM4Bon_/
instagram.com/p/BZD6C70g0mu/
instagram.com/p/BWG1g_lFCQX/
instagram.com/p/BTT4Naqhe3D/
instagram.com/p/1zDxszzXXb/
instagram.com/p/6hOwUEnQyx/
instagram.com/p/BVCLR4xgMAC/
instagram.com/p/BLTzz66hcov/
instagram.com/p/BZStkW8DHac/
instagram.com/p/BOmCc-5jWtS/
instagram.com/p/BL5TV_GjJHG/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…