OUR NETWORK

10 Oleh-oleh Khas Kupang

Pulau Timur NTT Kupang memang terkenal memiliki pandangan panorama alam yang sangat indah. Bahkan, beberapa spot alam atau wisata alam di Kupang sudah diakui oleh dunia. Jadi jangan heran jika Kupang NTT sekarang ini justru sedang ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun selain itu, Kupang juga masih menyimpan keindahan lainnya, yaitu keindahan dari ragam oleh-oleh khas Kupang yang memang terkenal unik dan lezat. Jadi, bagi Anda yang berkunjung ke Kupang sebaiknya jangan sampai lupa membeli ragam oleh-oleh khas Kupang. Untuk mengetahui oleh-oleh apa saja itu, langsung saja simak ulasan berikut ini:

Emping Jagung

Sumber: Instagram @jajananjajan.id

Pulau Kupang memang kawasan yang cukup banyak ditanami oleh jagung. Jadi, tidak heran jika Anda bisa menemukan ragam varian oleh-oleh Jagung di sini yang mana salah satunya adalah Emping Jagung. Emping jagung memang bisa saja ditemukan di beberapa daerah lainnya, hanya saja, emping jagung Kupang sudah terbukti memiliki rasa yang paling enak daripada emping jagung di daerah lain. Wajar saja, di Kupang para warganya sudah sangat familiar dengan olahan jagung yang satu ini sehingga rasanya pun terjamin enak dan lezat.

Kerupuk Paru

Sumber: Instagram @hiyzy_fooddiary

Pulau NTT wilayah Kupang juga terkenal sebagai pulau peternak sapi. Oleh karena itu di sini Anda bisa dengan mudah menemukan varian kerupuk Paru yang pastinya gurih dan lezat. Kerupuk Paru sendiri dijual diberbagai daerah di Kupang, harganya juga bervariasi, biasanya dijual mulai dari 30 ribu rupiah perbungkusnya. Untuk Anda yang memang sedang berwisata ke Kupang, rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi kerupuk yang satu ini. Apalagi jika Anda adalah tipikal orang yang selalu senang mengkonsumsi kerupuk disetiap kesempatan, tentunya kerupuk Paru menjadi salah satu jenis kerupuk yang wajib dicoba.

Dendeng Sapi

Sumber: Instagram @seto_beri

Dendeng sapi memang makanan yang bisa ditemui dengan mudah diberbagai daerah di Indonesia. Tapi tunggu dulu, dendeng sapi kali ini adalah dendeng sapi asli Kupang yang pastinya memiliki rasa dan kualitas nomor wahid se-Indonesia. Ya, memang betul jika Kupang disebut sebagai kotanya para peternak sapi sehingga di daerah ini Anda akan dengan mudahnya menemui dendeng sapi khas Kupang dengan rasa yang luar biasa lezat. Harga dendeng sapi di Kupang juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 180 ribu rupiah perkilonya. Selain itu, dendeng sapi juga tahan lama dan cocok untuk dibawa ke luar kota sebagai oleh-oleh Anda.

Abon Sapi

Sumber: Instagram @abonsapitm

Ya, lagi-lagi masih berkutat dengan sapi. Hewan yang satu ini memang menjadi hewan ikon Kupang, mulai dari daging, kulit, sampai jeroannya pun bisa dimanfaatkan. Dan salah satu contoh lainnya adalah abon sapi khas Kupang yang memang memiliki tekstur dan rasa terbaik di Indonesia. Abon sapi sendiri sangat cocok untuk Anda konsumsi dengan berbagai menu apapun, entah dengan bubur, nasi panas, atau bahkan dengan nasi kuning. Selain itu, Anda juga bisa membeli abon sapi khas Kupang sebagai teman perjalanan camilan Anda pulang ke daerah asal.

Daging Se’i

Sumber: Instagram @yuliaipe

Daging se’i atau daging sapi kemasan khas Kupang yang dijual di pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Kupang adalah daging sapi yang fresh dan siap olah. Jadi, jika Anda tidak ingin ribet dalam mengolah daging sapi, Anda bisa membawa oleh-oleh khas Kupang yang satu ini. Daging sapi khas Kupang ini juga memiliki kualitas yang lebih baik daripada daging sapi di pasaran. Selain karena teksturnya yang kenyal dan lembut, daging ini juga memiliki aroma sapi yang khas dan tidak menyengat.

Sambal Lu’at

Sumber: Instagram @ballyayu

Apakah Anda penggemar makanan pedas? Jika iya, maka Kupang adalah pulau yang wajib Anda kunjungi. Selain menawarkan pesona alam yang indah, Kupang juga menawarkan sensasi pedas yang nendang dari varian sambal Lu’at khas Kupang. Sambal Lu’at adalah sambal asli Kupang yang diracik dengan tambahan daun kemangi sehingga memiliki rasa yang sangat lezat. Sambal Lu’at sendiri bisa dipastikan sangat sulit Anda temukan dilain tempat, walaupun ada, rasanya sudah pasti jauh berbeda dengan sambal Lu’at yang ada di Kupang. Jadi jika Anda berkunjung ke Kupang jangan sampai terlewat untuk mencicipi sambal Lu’at yang lezat.

Sate Kupang

Sumber: Instagram @boedy_cleanthink

Saat berkunjung ke Kupang pastikan Anda juga sudah mencicipi sate se’i Kupang. Ya, sate se’i atau sate sapi Kupang adalah olahan sate yang sangat lezat. Selain karena dibuat langsung dari daging sapi pilihan yang diternak di Kupang, sate ini juga memiliki bumbu pedas yang sangat nendang sehingga sangat cocok untuk dijadikan santapan keluarga bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Selain itu, sate Kupang juga memiliki porsi yang sangat besar. Satenya terkenal sebagai sate yang gemuk-gemuk karena memang dipotong kotak-kotak besar. Tentunya mengkonsumsi sate ini sembari menikmati pemandangan alam di Kupang adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melengkapi pengalaman berwisata Anda.

Ragam Seafood

Sumber: Instagram @sukaramai_seafood

Selain terkenal sebagai pulai peternak sapi, Kupang juga menyimpan sejuta pesona dalam kekayaan lautnya sehingga jangan heran jika disini Anda bisa dengan mudah menemukan ragam seafood atau makanan olahan yang fresh dari laut. Beberapa seafood yang terkenal di Kupang adalah olahan kepiting, mulai dari kepiting rebus, kepiting bakar, kepiting bumbu pedas, dan lain sebagainya. Ragam olahan seafood ini selain bisa Anda nikmati langsung sambil menikmati keindahan alam Kupang, juga bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh karena sebagian besar produsen sudah memproduksi ragam seafood kemasan yang tahan beberapa waktu untuk dibawa bepergian.

Kain tenun

Sumber: Instagram @galeri_eztenun

Ya, Kupang memang pulau yang sangat artistik. Di sini Anda dapat menemukan ragam jenis kain tenun berkualitas tinggi yang masih ditenun secara manual oleh warga asli Kupang. Tidak hanya itu, kain tenun di Kupang ini juga memiliki motif yang sangat eksotis dan sangat menggambarkan keindahan Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh tahan lama, alias oleh-oleh yang bisa dipajang, kain tenun adalah jawabannya.

Tas Tenun

Sumber: Instagram @mooi_colection_2

Terkenal dengan kain tenunnya, warga Kupang juga sangat kreatif dalam mengolah kain tenun tersebut. Ya, kain tenun kini juga diimplementasikan dalam bentuk tas, yaitu tas tenun. Di Kupang Anda bisa mendapatkan tas tenun yang sangat elegan dengan harga murah. Tentunya tas tenun ini dibuat secara manual sehingga sangat terjamin mutu dan kualitasnya. Tas tenun di Kupang juga terkenal memiliki corak dan motif yang sangat beragam dan kental akan nuansa artistik Kupang. Tas tenun ini tentunya sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh souvenir untuk keluarga maupun kolega kerja Anda.

Jika sebentar lagi Anda sudah menjadwalkan liburan bersama keluarga, maka sebaiknya Anda segera mendaftarkan pulau Kupang sebagai destinasi wisata utama Anda. Ya, ayo segera berkunjung ke Kupang dan temukan sejuta pesonanya.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BYANy6ahgZQ/
instagram.com/p/BSWX8Yohh4N/
instagram.com/p/BP2zz3klmQf/
instagram.com/p/BVrdYR6hAdV/
instagram.com/p/BXxG2XvFHM-/
instagram.com/p/6Pl0FWJKcg/
instagram.com/p/7KuErGTedK/
instagram.com/p/BKlB2kZDZde/
instagram.com/p/BQSoc0GDfgN/
instagram.com/p/BM0-b45B4iB/
instagram.com/p/BYcLGDZANJm/

Comments

Loading...