OUR NETWORK

10 Oleh – oleh Khas Semarang Selain Makanan

Semarang merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah, dan memang Semarang ini memiliki banyak sekali kekayaan alam yang sangat menakjubkan. Ada berbagai macam objek wisata yang bisa dikunjungi selama berlibur ke Semarang, dan rasanya memang tidak afdol jika ke Semarang tetapi tidak membawa oleh – oleh khas dari Semarang. Biasanya sebagian besar orang membawa oleh – olah khas dari Semarang berupa makanan seperti lumpia, tahu bakso, bandeng presto dan yang lainnya. Namun Anda juga perlu membawa beberapa oleh oleh selain makanan, contohnya saja seperti kerajinan khas dari Semarang, kaos dan yang lainnya. Berbicara mengenai oleh – oleh khas Semarang selain makanan, maka berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Kaos Costa Brava Van Java

Sumber: Instagram @osd_wawan

Yang pertama adalah Kaos Costa Brava Van Java yang merupakan kaos khas dari Semarang dan asli buatan anak Semarang. Costa Brave sendiri merupakan suatu kota pantai yang cantik di Eropa dan untuk mengenang kecantikan dari kota tersebut, maka para wisatawan yang ada di Semarang seringkali menjulukinya dengan nama tersebut. Kaos khas dari Kota Semarang tersebut mempunyai desain yang menarik, terutama untuk anak muda. Ada beberapa desain yang memang menarik perhatian seperti Simpang Lima dan juga Lawang Sewu. Untuk harga dari kaos ini sendiri juga cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp 95.000,- sampai dengan Rp 100.000,-.

Kopi Banaran Dan Gunung Kelir

Sumber: Instagram @kampoeng_kopi_banaran @zulfikar_cholid_m

Kemudian yang kedua adalah Kopi Banaran Dan Gunung Kelir, Anda juga dapat menjadikan minuman tersebut sebagai salah satu oleh – oleh khas dari Semarang untuk dibawa pulang. Kopi Banaran Dan Gunung Kelir ini sendiri diproduksi oleh PT. Perkebunan Nusantara IX di daerah Jawa Tengah dan perkebunan tersebut ada di Jalan Ungaran – Solo Km 35, Bawean. Tetapi jika memang Anda ingin membelinya, maka dapat langsung menuju ke CJ Mart, kemudian Gedung UMKM Center ataupun Jalan Banyumanik Semarang. Untuk harga dari kopi ini juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Batik Gemawang

Sumber: Instagram @prendhis_25

Lalu yang ketiga adalah Batik Gemawang, batik juga merupakan salah satu oleh – oleh yang tepat untuk Anda bawa pulang dan kampung batiknya sendiri ada di Banaran, Desa Gemawang, Kecamatan Jambu sekitar 30 km dari Ungaran. Untuk motif dan juga warna dari Batik Gemawang ini memang tidak sama 100% karena di setiap helai memang diproduksi secara khusus atau hand made, bukan dari cap ataupun printing. Dan karena memiliki sifat limited edition, maka tak heran jika ada banyak penggemar batik tulis yang memesan Batik Gemawang ini karena memang satu produknya tidak ada kembarannya dan hanya satu di dunia.

Batik Adisty

Sumber: Instagram @batikadisty

Kemudian yang keempat ada juga Batik Adisty, batik ini mempunyai suatu motif dengan ciri khas flora yang terdapat di hutan Penggaron, contohnya saja seperti cemara, bunga kasturi, pinus, mahoni dan juga lompong. Batik ini memang sangat terkenal dan selain itu batik ini dikenal dengan Batik Alas Penggaron. Untuk ciri khas lain dari Batik Adisty ini sendiri mempunyai beberapa warna yang ceria sehingga memberikan kesan ataupun keunikan tersendiri bagi para pecinta batik.

Kerajinan Eceng Gondok

Sumber: Instagram @borneo_heritage

Anda juga bisa membawa oleh – oleh berupa Kerajinan Eceng Gondok, yang merupakan suatu kerajinan yang dibuat dari tumbuhan bernama eceng gondok yang didapatkan dari Rawa Pening di sekitar Kecamatan Tuntang. Olahan dari kerajinan eceng gondok tersebut terdapat beberapa macamnya seperti sepatu, tas dan yang lainnya. Untuk pangsa pasar kerajinan yang terbuat dari olahan eceng gondok memang sudah sangat bagus karena sudah mampu untuk menembus ekspor ke berbagai negara, Rawa Pening sendiri terdapat banyak sekali tanaman eceng gondok yang mana menutupi hampir di semua permukaan rawa tersebut dan bisa dikatakan tidak dapat habis karena memang jumlahnya sangat banyak. Jika dikelola secara maksimal, maka kerajinan ini akan semakin berkembang dan memiliki potensi yang sangat bagus di pasar dunia.

Kerajinan Relief Kuningan

Sumber: Instagram @holislegowo

Lalu yang keenam ada Kerajinan Relief Kuningan yang mana kerajinan ini merupakan suatu kerajinan yang terbuat dari logam kuningan dan dibentuk menjadi berbagai macam hiasan seperti hiasan dinding, kemudian kaligrafi dan yang lainnya. Dan untuk Anda yang memang ingin mencoba untuk menjadikan kerajinan ini sebagai oleh – oleh khas dari Semarang, maka Anda bisa mencarinya di Jalan Ambarawa Magelan Km 10, Kecamatan Jambu.

Kerajinan Bordir

Sumber: Instagram @patchcottonrain_

Anda juga bisa mencari oleh – oleh khas Semarang yang unik dan tidak biasa, salah satunya adalah Kerajinan Bordir, kerajinan ini sendiri merupakan suatu hiasan yang terdapat pada baju dan biayanya terbuat dari bordir, kemudian payet ataupun hiasan yang terdapat pada baju pengantin. Kerajinan ini memang sangat cocok untuk Anda yang ingin bajunya terlihat lebih menarik dan terkesan elegan. Untuk Anda yang ingin mencoba Kerajinan Bordir ini, maka bisa mencoba untuk mengunjungi Desa Wonorejo, Kecamatan Bawen.

Batik Asem Tugu

Sumber: Batik Tulis

Lalu selain ada Batik Gemawang dan juga Batik Adisty, Semarang juga memiliki beberapa jenis atau motif batik yang mana bisa dijadikan sebagai salah satu oleh – oleh khas dari Semarang yang bisa Anda bawa pulang, contohnya saja seperti Batik Asem Tugu. Semarang sendiri berasal dari kata “ arang “ dan juga “ asem “, bagaimana bisa? Dulunya kota Semarang ini banyak ditumbuhi pohon asem di setiap jalannya, namun untuk sekarang ini memang sudah jarang dan hampir tidak ada. Oleh karena itu dari pohon asem tersebut pada akhirnya terdapat corak asem pada batik tersebut, mulai dari bunga, daun dan juga buah asem tersebut menjadi suatu inspirasi. Dan karena Semarang memiliki sebuah tugu yang menjadi salah satu ikon Kota Semarang, maka dikombinasikanlah motif batik tersebut, sehingga pada motifnya terdapat gambar sebuah tugu dan juga buah asem.

Batik Lawang Sewu

Sumber: Indonetwork

Ada juga Batik Lawang Sewu yang mana bisa Anda jadikan sebagai salah satu oleh – oleh khas Semarang. Kota Semarang memang tidak lepas dari Lawang Sewu yang mana menjadi salah satu ikon dari Kota Semarang. Oleh karena itu objek wisata Lawang Sewu juga menjadi sebuah inspirasi dari pengrajin batik untuk dijadikan sebagai salah satu motif batik khas dari Semarang.

Teng – Tengan

Sumber: Instagram @mariotwid

Selain itu Anda juga bisa menjadikan Teng – Tengan yang merupakan suatu kerajinan khas dari Kota Semarang dan sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Dulunya Teng – Tengan ini digunakan sebagai sebuah penerang untuk bisa menyemarakkan suasana di Bulan Ramadhan dan juga sebagai sebuah penerang warga untuk pergi ke mushola pada malam hari pada saat Kota Semarang tersebut belum mendapatkan aliran listrik. Untuk bentuknya sendiri hampir seperti lampion, tetapi jika nantinya benda tersebut dinyalakan, maka akan terdapat suatu gambar siluet hewan yang bisa bergerak karena timbul dari bayangan yang mana ditata secara berjajar dengan mengelilingi lilin yang ada di tengahnya. Benda ini juga menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…