OUR NETWORK

10 Oleh-oleh yang Harus Kamu Beli Ketika Mengunjungi Maluku

Sejak dahulu Maluku dikenal sebagai “Kepulauan Rempah-Rempah” hal ini tentu saja karena Maluku merupakan sebuah pulau dengan rempah-rempah terbaik seperti cengkeh dan pala. Selain itu mereka juga memilki kekayaan lain seperti laut, maka tak heran jika sebagian besar makanan khas Maluku adalah olahan laut. Jika kamu saat ini sedang berlibur di Maluku, berikut 10 oleh-oleh yang harus kamu beli.

Hiasan Besi Putih

Sumber: Instagram @houseofgorego

Salah satu oleh-oleh khas Maluku yang bisa anda beli adalah Hiasan Besi Putih yang dapat berupa gelang, kalung, dan juga cincin. Untuk mendapatkan souvenir ini, anda bisa menuju ke Kota Ternate karena memang hiasa besi putih ini diproduksi disana.

Batik Ternate

Sumber: Instagram @kitabatik.id

Oleh-oleh yang kedua jika anda berkunjung ke Maluku adalah batik Ternate. Jika dilihat sebenarnya batik Ternate ini memilki desain yang hampir sama dengan batik Jawa, yang membedakan hanya corak yang digunakan berupa cengkeh dan buah pala.

Batu Bacan

Sumber: Instagram @suburgemslelang

Mungkin anda sudah kenal dengan yang namanya batu bacan, sebuah batu yang berasal dari pulau Bacan Maluku Utara. Batu ini pada umumnya memilki warna hijau dan hitam, namun untuk yang paling mahal adalah bacan berwarna biru.

Kerajinan kulit dari mutiara

Sumber: Instagram @kharkerid

Kerajinan kulit dari mutiara juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Maluku, tepatnya berada di kota Ambon. Mungkin anda bingung dengan kerajinan satu ini, “memangnya mutiara memiliki kulit?” yang dimaksud dari kulit disini sebenarnya adalah cangkang mutiara itu sendiri.

Rempah-rempah

Sumber: Instagram @noor3va

Seperti yang sudah kami bilang, dahulu Maluku dikenal sebagai kepulauan rempah-rempah. Ketika anda berkunjung ke Maluku, anda bisa membeli rempah-rempah untuk dijadikan oleh-oleh. Beberapa rempah-rempah yang bisa kamu temui disini seperti cengkeh kering, bubuk kayu manis, dan juga asinan pala.

Kue sagu

Sumber: Instagram @mutiarashifafa

Tidak hanya Papua yang memiliki sagu, pulau Maluku juga memiliki hal yang sama karena memang pohon sagu tumbuh subur disini. Ketika kamu kesini, cobalah untuk membeli kue sagu yang rasanya tidak kalah dengan kue lainnya.

Ikan asar

Sumber: Instagram @kitaina.id

Selian dikenal sebagai kepulauan rempah-rempah, Maluku juga memiliki hasil laut yang menabjubkan. Maka tak heran jika disni ada banyak sekali olahan laut. Salah satunya adalah ikan asar ini, sebuah ikan mentah yang dibumbui dengan rempah-rempah dan asapi sampai berbentuk sedemikian rupa. Ikan ini rasanya enak banget, jika kamu berniat untuk membeli, datanglah ke sekitaran Jembatan Merah Putih.

Baju dari pengrajin Maluku

Sumber: Instagram @amakemaluku

Selanjutnya kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Maluku berupa baju yang diproduksi oleh masyarakat setempat. Salah satu brand yang cukup terkenal disini adalah Balagu yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan brand Dagadu yang ada di Jogja.

Aksesoris sisik ikan

Sumber: Instagram @andienaisyah

Ketika melihat gambar diatas, mungkin anda akan terkagum karena bahan utama untuk membuatnya berasal dari sisik ikan kakap merah. Aksesoris sisik ikan ini memiliki harga yang cuku variatif, ada yang Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 850.000.

Kayu putih

Sumber: Instagram @diankusumawati.meme

Dan oleh-oleh khas Maluku yang terakhir adalah kayu putih, oleh-oleh khas Maluku yang berbeda dari pada kayu putih pada umumnya. Mungkin anda akan sedikit kaget jika kami mengatakan kayu putih Maluku itu dapat diminum. Dan ini sangat aman karea kayu putih Maluku langsung diambil melalui pohonnya.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/Bh1e7U5FzLn/
instagram.com/p/5gw3MFrNj6/
instagram.com/p/Bbolhdcl2YU/
instagram.com/p/BiIjRt4FsiW/
instagram.com/p/BDC9d1-jCAV/
instagram.com/p/BcHnsejASps/
instagram.com/p/-RQhq-LTzC/
instagram.com/p/BYAPyofhT44/
instagram.com/p/Bh3rPIolnEK/
instagram.com/p/BfqUxk8nbsB/
instagram.com/p/BYM3epAFzeY/

Comments

Loading...