OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Palembang

Palembang dikenal dengan kulinernya, yaitu pempek. Rupanya, tak hanya kulinernya saja yang membuat Palembang jadi dikenal masyarakat Indonesia, namun Palembang juga memiliki beberapa lokasi wisata yang cukup seru dan sayang jika dilewatkan. Di mana saja lokasi wisata di Palembang? Kamu bisa lihat lokasinya berikut ini.

Kampung Arab Al-Munawar

Sumber: Google

Sumber: Google

Yang unik dari kampung ini adalah arsitektur bangunannya, yang bisa dibilang jadul, namun tetap terlihat keren. Daya tarik utama dari kampung ini adalah adanya rumah yang konon dibangun 250 tahun lalu, dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Meski demikian, rumah ini tak terlihat tua sama sekali, berkat cat warna yang cukup mencolok, menambah kesan meriah rumah ini.

Pasar Sekanak

Sumber: Instagram @plg.terhitz

Di sini kamu bisa melihat perkampungan warna-warni. Penampakannya saat ini sangat jauh berbeda dengan keadaannya dulu, yang kotor dan kumuh. Kini kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang pasar warna-warni ini, yang akan mempercantik akun Instagram kamu. Selain itu, kamu juga bisa membeli kuliner khas Palembang serta oleh-oleh di pasar ini.

Punti Kayu


Sumber: Instagram @radi_rs

Punti Kayu merupakan satu-satunya tempat wisata hutan di Palembang. Di sini kamu bisa bersantai di taman menikmati kesejukan tempatnya, atau berfoto-foto dengan beberapa replika landmark terkenal dunia, seperti Menara Pisa atau Menara Eiffel. Dikatakan tempat ini selalu penuh dengan wisatawan, baik dalam maupun luar kota. Wajar saja, karena tempat ini terletak tak jauh dari pusat kota Palembang.

Pulau Kemaro


Sumber: Instagram @seputarkotapalembang

Pulau Kemaro adalah pulau yang berada di tengah Sungai Musi. Di sini, terdapat satu bangunan yang ikonik, yaitu pagoda dengan 9 lantai, sebagai tempat ibadah umat Buddha. Keunikan lain yang dimiliki pulau ini adalah adanya pohon cinta, yang katanya jika kamu menorehkan nama kamu dan pacar kamu, maka kamu akan bisa berlanjut sampai menikah dan bahagia selamanya.

Museum Alquran Al Akbar

Sumber: Instagram @safrillah_

Tempat ini cocok bagi kamu yang ingin wisata religi. Di museum ini terdapat ukiran ayat suci Alquran yang terukir di papan berukuran 177 x 140 cm. Total, di museum ini terdapat 315 papan yang terukir ayat suci Alquran. Kamu tak akan menemukan keindahan karya seni serupa di tempat lain. Tentunya, saat berkunjung ke museum ini, sebaiknya kamu menjaga sikap, dan juga menjaga kebersihan, sehingga karya seni yang ada di museum ini tak rusak.

Rumah Apung Sungai Musi

Sumber: Google

Sesuai namanya, di sini kamu bakal melihat rumah apung. Pemandangan di sini cukup unik, karena biasanya kamu melihat rumah berada di daratan, namun kali ini rumahnya sendiri berada di atas air. Selain melihat-lihat rumah apung, kamu juga bisa menikmati tempat makan terapung untuk ngopi, atau berbelanja di pasar apung. Bahkan kamu juga bisa melihat stasiun pengisian BBM di sini, yang mungkin tak bisa kamu lihat tiap hari.

Amanzi Waterpark


Sumber: Instagram @amanziwaterpark

Sumber: Instagram @amanziwaterpark

Bila ingin basah-basahan atau bermain air, maka kamu bisa mengunjungi Amanzi Waterpark. Di sini kamu bisa mencoba berbagai wahana air yang seru, seperti perosotan air yang cukup tinggi, atau menyusuri kolam dengan ban berenang. Kamu juga bisa berenang seperti biasa di kolam yang memang dikhususkan untuk berenang. Tempat ini selalu ramai, mengingat tiket masuknya yang tak terlalu mahal, bahkan bisa lebih murah lagi jika ada promo.

Jembatan Ampera


Sumber: Instagram @palembang212

Berkunjung ke Palembang, tentu saja ada yang kurang jika tak mengunjungi landmark kota ini, yaitu Jembatan Ampera. Kamu juga bisa melihat jembatan ini dari kafe yang berada tak jauh dari jembatan ini, atau bisa juga menggunakan perahu untuk melewati bawah jembatan ini. Yang pasti, akan kurang lengkap rasanya jika kamu melewatkan jembatan ini ketika berada di Palembang.

Air Terjun Lematang Indah


Sumber: Instagram @rikasharsa

Palembang juga memiliki wisata air terjun, yaitu Air Terjun Lematang Indah. Di sini kamu bisa melihat perairan yang jernih di bawah air terjunnya, yang dihiasi dengan bebatuan. Tempat ini cocok dijadikan latar belakang foto kamu. Kamu akan disuguhi nuansa sejuk di tempat ini, yang berasal dari air terjun itu sendiri serta pepohonan rindang yang ada di sekitar air terjun.

Air Terjun Maung

Sumber: Instagram @padangpradipta

Wisata air terjun lainnya yang ada di Palembang adalah Air Terjun Maung. Pemandangan di air terjun ini bakal membuat kamu terpana, karena air terjun ini berada di tebing yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau. Kamu bisa basah-basahan di bawah air terjunnya, atau sekadar foto-foto saja di tempat ini. Yang pasti, pemandangan di sini bakal tak terlupakan olehmu.

Siapa yang mau segera ke Palembang untuk mengunjungi tempat wisata di atas?

Comments

Loading...