OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Rokan Hulu yang Memukau

Source Image: backpackerjakarta.com

Kabupaten di Provinsi Riau yang berjuluk “Negeri Seribu Suluk” ini dahulu merupakan daerah perantauan orang-orang Minangkabau. Setelah Indonesia merdeka, Rokan Hulu (Rohul) banyak didatangi penduduk bersuku Jawa yang mengikuti program transmigrasi. Selain itu banyak pula penduduk bersuku Batak yang bekerja di sektor perkebunan dan jasa informal. Sehingga penduduk yang menempati Kabupaten yang beribukota di Pasir Pengaraian ini terbilang multi etenik.

Selain kaya akan adat istiadat dan budaya karena dihuni beragam suku, Rohul juga memiliki cukup banyak objek pariwisata. Diantara sekian banyak objek wisata yang ada, berikut 10 tempat wisata di Rohul yang memukau.

1. Masjid Agung Madani Islamic Center

Sumber: riaudailyphoto.com

Tempat beribadah yang menjadi kebanggaan umat muslim di Rohul ini terletak di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah. Menempati area seluas 22 Ha dengan luas bangunan sekitar 15.800 meter2, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 15.000 – 20.000 orang.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Madani Islamic Centre juga banyak dikunjungi wisatawan bahkan dari mancanegara. Hal tersebut disebabkan karena desain masjid ini menyerupai desain Masjid Nabawi yang ada di Madinah serta sarat dengan lambang dan simbol-simbol Islami.

Keindahan dari masjid ini tidak perlu disangsikan, karena kaligrafi dan lampu gantungnya saja seberat 2 ton dengan bahan pelat kuningan yang didatangkan dari italia, hiasan batu oksi dari Jawa Timur, hiasan batu akik dari Kalimantan dan Turki, hiasan baru Cris Topas dari Jawa Barat, hiasan batu Kalimaya dari banten serta kaca lampu berbentuk Gold Spectrum dari Amerika. Selain itu masih banyak kaligrafi-kaligrafi, ornamen-ornamen dan benda-benda bersejarah yang menjadikan masjid ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Masjid Tua Kunto Darussalam

Sumber: triptrus.com

Jika Masjid Agung Madani dikenal karena keindahannya, maka Masjid Tua Kunto Darussalam dikenal karena nilai historisnya, mengingat masjid ini dibangun pada tahun 1912 oleh R.T. Muhammad Alie. Di dalam bangunan masjid yang menjadi salah satu pusat kegiatan tarikat Na’syahbandiyah ini terdapat 3 makam ahli suluk yang disebut khalifah, yakni makam Tengku Imam, makam Imam Nawawi dan makam Khalifah Muda.

Untuk berkunjung ke Masjid Tua Kunto Darussalam, wisatawan dapat melalui perjalanan darat dari Pekanbaru selama 5 – 6 jam menuju Desa Kota lama, Kecamatan Kunto Darussalam. Selama dalam perjalanan wisatawan akan dapat menjumpai masjid-masjid besar yang membuat Rohul mendapat julukan “Negeri Seribu Suluk”.

3. Hapanasan

Sumber: pekanbaru.tribunnews.com

Pemandian air panas alami ini berlokasi di Kecamatan Rambah yang jaraknya hanya sekitar 6 km dari Kota Pasir Pengaraian sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Dengan debit air yang cukup besar dan konstan sepanjang tahun yakni 15 liter perdetik membuat Hapanasan menjadi tempat yang menyenangkan untuk menikmati sensasi mandi air hangat.

Selain itu, tempat wisata yang menempati area seluas 8 hektar ini juga memadukan beberapa konsep wisata dengan dibangunnya museum dan pusat informasi insectarium dan kupu-kupu, wahana outbond, flying fox, panjat tebing, rumah pohon, jembatan gantung serta yang lain. Itu sebabnya Hapanasan menjadi tempat yang ideal untuk dikunjungi bersama keluarga.

4. Pemandian Air Panas Pawan

sumber gambar: https://m3balai.wordpress.com

Meski tidak memiliki fasilitas selengkap Hapanasan, daya tarik dari Pemandian Air Panas Pawan tidak kalah, terlebih dari sisi keindahan alamnya, karena lokasinya memang berada di kawasan hutan yang dikelilingi pohon-pohon yang tinggi dan rindang. Saat memasuki kawasaan wisata ini, pengunjung akan menjumpai kolam-kolam dengan berbagai ukuran yang berisi air panas dengan suhu bervariasi.

Menariknya, disetiap kolam yang ada dihiasi dengan bunga-bunga dan aneka bebatuan sehingga menyerupai taman. Sementara di tepi kolam terdapat tempat duduk yang dapat digunakan untuk beristirahat oleh para pengunjung.

Pemandian Air Panas Pawan terletak di Desa Pawan, Kecamatan Rambah yang berjarak sekitar 0 dari Pusat Kota Pasir Pengaraian. Dengan jalan yang mulus dan lebar, objek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

5. Rumah Batu Serombou

Sumber: lancangkuning.com

Objek wisata yang unik ini berada di Desa Serombou Indah, Kecamatan Rambah Hilir yang dapat ditempuh dari Kota Pekanbaru sekitar 4 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Rumah Batu Serombou berupa batu besar yang ditumbui lelumutan dan tumbuh-tumbuhan kecil pada bagian luarnya.

Batu besar ini terlihat unik karena bentuknya menyerupai payung atau jamur yang bagian atasnya melebar sedang bagian bawahnya mengecil. Batu yang menyerupai rumah dengan 3 buah lubang besar ini dapat dijadikan sebagai tempat berteduh oleh mereka yang duduk di bawahnya.

6. Goa Huta Sikafir

Sumber: riaumagz.com

Objek wisata ini berupa kawasan hutan yang dihiasi gua-gua alami. Lokasinya berada di Desa Pawan, Kecamatan Rambah yang tidak jauh dari Pemandian Air Panas Pawan. Pengunjung yang memasuki objek wisata ini akan disambut dengan rimbunnya pepohonan yang sebagian diantaranya merupakan tanaman langka seperti gaharu, kayu putih, kulim serta yang lain. Kawasan hutan ini juga menjadi tempat hidup bagi sejumlah satwa liar, seperti badak, beruang, monyet dan berbagai jenis burung.

Daya tarik dari objek wisata ini adanya banyaknya gua-gua yang masih alami mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Bagi mereka yang menyukai wisata susur gua alias caving, Goa Huta Sikafir bakal menjadi tempat yang menarik karena suasana di dalam gua menyuguhkan pemandangan yang eksotis.

7. Sungai Rokan Kiri

Sumber: deskgram.net

Menyusuri Sungai Rokan Kiri dengan menggunakan perahu atau boat akan memberikan keasyikan tersendiri, karena disepanjang perjalanan yang memakan waktu sekitar 1 jam, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang eksotis berupa hutan alam yang lebat serta dinding batu yang tinggi.

Perjalanan menjadi semakin bertambah menarik karena di tepian sungai, wisatawan dapat menjumpai 3 air terjun yang masih alami dengan limpahan air dari atas ketinggihan yang langsung jatuh ke sungai. Ketiga air terjun tersebut adalah Air Terjun Hujan Lobek, Air Terjun Sungai Murai dan Air Terjun Sungai Tolang.

8. Benteng Tujuh Lapis

Sumber: wahyupopo.blogspot.com

Bagi penggemar wisata sejarah, objek wisata ini tidak boleh dilewatkan, karena di benteng inilah dahulu saat terjadi Perang Paderi, Tuanku Tambusai menjadikannya sebagai benteng pertahanan untuk melawan penjajah Belanda.

Benteng Tujuh Lapis yang terletak di Desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai Utara, dibangun pada saat terjadi Perang Paderi dengan bahan dari tanah liat yang diambil dari pinggiran Sungai Batang Sosa Tambusai. Itu sebabnya pembangunan benteng yang dilakukan oleh masyarakat Dalu-dalu ini memakan waktu yang cukup lama.

9. Air Terjun Aek Martua

Sumber: backpackerjakarta.com

Dalam Bahasa Mandailing, “Aek Martua” memiliki arti “Air Bertuah”. Air terjun ini berada di kawasan Pegunungan Bukit Barisan, tepatnya di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) atau kawasan pelestarian alam yang berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba.

Air Terjun Aek Martua yang memiliki 3 tingkat menyuguhkan pesona luar biasa dengan pemandangan sekeliling yang masih alami serta airnya yang sangat jernih, bahkan daapt langsung diminum tanpa harus dimasak. Sayangnya, untuk dapat sampai ke lokai, wisatawan harus terlebih dahulu menyusuri jalanan setapak di tengah kawasan hutan dengan medan naik turun sejauh kurang lebih 3,5 km.

10. Taman Nasional Bukit Suligi

Sumber: riaudailyphoto.com

Menempati area seluas kurang lebih 3.000 hektar di kawasan yang berada di wilayah Kecamatan Rokan IV Koto dan Kecamatan Tandun, Taman Nasional Bukit Suligi merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk jenis yang langka dan dilindungi seperti rusa, siamang, beruang madu, serta yang lain.

Pengunjung yang datang ke sini, tidak hanya dapat menikmati indahnya alam dengan beragam flora dan fauna, tapi juga dapat menikmati 11 air terjun, 11 gua dengan berbagai ukuran, aliran sungai dengan arus yang deras dan air yang jernih serta sebuah danau yang menyuguhkan panorama yang memukau. (*)

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…