5 Destinasi Imlek Terbaik di Jakarta untuk Menyambut Tahun Baru Cina

Tahun Baru Cina, atau yang lebih dikenal sebagai Imlek, adalah waktu yang penuh dengan kegembiraan dan tradisi yang kaya. Jakarta, sebagai kota metropolitan dengan komunitas Tionghoa yang berkembang pesat, menawarkan sejumlah destinasi menarik untuk merayakan Imlek. Berikut adalah lima tempat terbaik di Jakarta yang patut dikunjungi untuk menyambut Tahun Baru Cina dengan penuh semangat dan kegembiraan.

1. Petak Sembilan: Memasuki Jantung Tradisi Imlek

Sumber Gambar: jakarta.suara.com

Petak Sembilan, yang terletak di kawasan Glodok, Jakarta, merupakan sebuah distrik yang memancarkan kekayaan tradisi dan budaya Tionghoa. Memasuki jantung tradisi Imlek, kawasan ini menawarkan pengalaman yang memikat, di mana setiap sudutnya penuh dengan kehidupan dan kegembiraan selama perayaan Tahun Baru Cina. Dengan lorong-lorong sempit yang dipenuhi dengan toko-toko tradisional yang menjual segala macam barang, mulai dari mainan Imlek hingga hiasan rumah, Petak Sembilan memberikan pandangan yang autentik tentang bagaimana masyarakat Tionghoa merayakan Imlek.

Suasana di Petak Sembilan semakin hidup ketika dekorasi meriah mulai memenuhi setiap jengkal kawasan ini. Lampion-lampion warna-warni tergantung di atas jalan-jalan kecil, menciptakan pemandangan yang memukau. Toko-toko dan warung makan bersaing untuk menciptakan dekorasi terbaik dengan hiasan-hiasan tradisional, mulai dari lukisan simbolik hingga lampion-lampion khas Imlek. Semua ini menciptakan suasana yang penuh semangat dan memompa adrenalin bagi pengunjung yang ingin merayakan keberuntungan dan kebahagiaan.

Selain itu, kuil-kuil kuno yang tersebar di Petak Sembilan menjadi pusat aktivitas keagamaan selama perayaan Imlek. Ribuan umat berduyun-duyun untuk bersembahyang dan berdoa, mencari keberuntungan dan perlindungan di awal tahun baru. Upacara dan ritual keagamaan seperti barongsai dan liong sebagai bagian tak terpisahkan dari perayaan ini, menambah warna dan keceriaan di tengah-tengah komunitas Tionghoa. Dengan aroma harum dari dupa dan salam, Petak Sembilan bukan hanya sekadar destinasi, tetapi juga portal yang membawa pengunjung ke dalam pengalaman mendalam akan kekayaan budaya dan tradisi Tionghoa selama perayaan Imlek.

Alamat: Jl. Kemenangan Raya No.40 5, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120

2. Old Shanghai Sedayu City: Sentuhan Shanghai di Jakarta

Sumber Gambar: jakarta.suara.com

Old Shanghai di Sedayu City menawarkan perpaduan unik antara pesona tradisional Shanghai dan kenyamanan kota metropolitan Jakarta. Dengan arsitektur yang megah dan desain interior yang menggabungkan nuansa tradisional dengan sentuhan modern, tempat ini menciptakan suasana yang begitu khas dan mengundang. Sejak Anda memasuki pintu gerbang, Anda akan langsung disambut oleh atmosfer ala Shanghai yang memukau.

Bagian paling mencolok dari Old Shanghai adalah sentuhan arsitektur yang memberikan pengalaman autentik seperti berada di jantung kota Shanghai. Bangunan-bangunan tua dengan ornamen khas Shanghai, seperti pintu gerbang klasik dan jendela-jendela kayu berukiran, menciptakan suasana yang membuat pengunjung merasa seperti melangkah kembali ke masa lalu. Meskipun berada di tengah Jakarta yang modern, Old Shanghai mampu mempertahankan pesonanya dengan baik.

Restoran dan kafe di Old Shanghai menawarkan berbagai hidangan autentik Shanghai yang lezat, mulai dari dim sum hingga hidangan khas seperti Xiao Long Bao. Pengunjung dapat menikmati kuliner lezat ini sambil duduk di meja yang didesain dengan apik dan dikelilingi oleh dekorasi khas Shanghai. Selain itu, tempat ini juga sering menyelenggarakan acara-acara khusus, seperti pertunjukan seni tradisional dan festival kuliner, yang semakin memperkaya pengalaman para pengunjung.

Old Shanghai Sedayu City bukan hanya destinasi makanan dan hiburan, tetapi juga sebuah perjalanan waktu yang membawa Anda ke Shanghai zaman dulu. Sentuhan Shanghai yang elegan dan nuansa tradisional yang terpelihara dengan baik menjadikan tempat ini sebagai pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin merasakan pesona klasik Shanghai tanpa meninggalkan kota Jakarta.

Alamat: West Cakung, Cakung, East Jakarta City, Jakarta

3. Pantjoran PIK: Menikmati Kuliner Imlek di Pinggir Pantai

Sumber Gambar: jakarta-tourism.go.id

Pantjoran PIK, terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, merupakan destinasi unik yang menggabungkan pesona tradisi Imlek dengan pemandangan indah pinggir pantai. Begitu Anda memasuki area ini, Anda akan disambut oleh dekorasi Imlek yang kreatif, menghadirkan suasana ceria yang tak terlupakan. Lampion-lampion warna-warni tergantung di atas setiap sudut, menciptakan atmosfer yang ramai dan penuh semangat menyambut Tahun Baru Cina.

Restoran-restoran khusus di Pantjoran PIK menjadi daya tarik utama. Mereka menyajikan hidangan Imlek yang otentik dan lezat, mulai dari dim sum hingga hidangan khas Tionghoa lainnya. Pengunjung dapat menikmati santapan mereka di tepi pantai yang menakjubkan, menciptakan pengalaman makan yang tak hanya lezat tapi juga menghadirkan keindahan alam laut yang menyejukkan. Suasana gemerlap dengan latar belakang gemuruh ombak menciptakan pengalaman unik bagi para pengunjung.

Selama perayaan Imlek, Pantjoran PIK menjadi pusat aktivitas dengan pertunjukan seni dan budaya yang memeriahkan suasana. Acara-acara khusus seperti barongsai, pertunjukan musik tradisional, dan tarian-tarian khas Imlek seringkali menjadi hiburan bagi pengunjung. Pemandangan langit yang senja di atas pantai menghadirkan suasana yang romantis dan penuh keajaiban, membuat pengalaman merayakan Imlek di Pantjoran PIK menjadi sangat istimewa.

Pantjoran PIK memberikan bukti bahwa perpaduan antara tradisi dan kemajuan modern dapat menciptakan pengalaman yang luar biasa. Dengan kuliner lezat, dekorasi meriah, dan pemandangan pantai yang menakjubkan, Pantjoran PIK menjadi destinasi yang sempurna bagi mereka yang ingin merayakan Imlek dengan cara yang unik dan penuh keceriaan.

Alamat: Pantjoran PIK, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

4. Taman Budaya Tionghoa TMII: Pergelaran Seni Tionghoa yang Mengesankan

Sumber Gambar: m.beritajakarta.id

Taman Budaya Tionghoa di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah destinasi yang menghadirkan perpaduan memukau antara seni dan tradisi Tionghoa selama perayaan Imlek. Selama bulan Imlek, TMII bertransformasi menjadi dunia yang penuh warna dengan lampion-lampion cerah dan dekorasi tradisional Tionghoa yang memikat. Setiap pengunjung akan segera merasa terserap dalam keindahan dan kemeriahan budaya Tionghoa yang dirayakan dengan megah.

Suasana di Taman Budaya Tionghoa selama bulan Imlek diwarnai oleh kehadiran lampion-lampion raksasa yang memancarkan cahaya berbagai warna di sepanjang jalan-jalan taman. Dekorasi tradisional, seperti patung naga dan lukisan-lukisan simbolik, menghadirkan suasana yang khas dan memikat. Setiap sudut taman menjadi panggung untuk pertunjukan seni dan budaya Tionghoa yang menakjubkan.

Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan seni yang mencakup beragam tarian tradisional, pertunjukan barongsai yang mempesona, dan konser musik klasik Tionghoa. Setiap pertunjukan diatur dengan indah, menciptakan suasana yang memukau dan mengangkat semangat perayaan. Taman Budaya Tionghoa di TMII menjadi destinasi yang sangat ideal bagi mereka yang ingin menyelami kekayaan seni dan budaya Tionghoa, sambil merayakan Tahun Baru Cina dengan cara yang unik dan tak terlupakan.

Melalui perpaduan lampion warna-warni, dekorasi tradisional yang anggun, dan pertunjukan seni yang memukau, Taman Budaya Tionghoa di TMII membawa pengunjung dalam perjalanan budaya yang luar biasa selama perayaan Imlek. Destinasi ini tidak hanya menjadi tempat hiburan, tetapi juga jendela yang memperlihatkan keindahan dan kekayaan warisan budaya Tionghoa kepada masyarakat yang berkunjung.

AlamatJalan Raya Taman Mini, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820

5. Sea World Ancol: Atraksi Barongsai

Sumber Gambar: m.beritajakarta.id

Sea World Ancol merupakan destinasi yang sempurna untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan suasana yang berbeda sambil memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi keponakan Anda tentang kehidupan bawah laut. Setiap tahun, Sea World Ancol menghadirkan atraksi menarik yang disebut Underwater Barongsai, di mana Anda dapat menyaksikan kepiawaian barongsai menari-nari di dalam akuarium raksasa. Ini adalah pengalaman yang unik dan menghibur, yang tidak hanya akan membuat keponakan Anda senang, tetapi juga memberikan mereka kesempatan untuk memahami lebih dalam tentang budaya Tionghoa melalui interpretasi yang kreatif dalam suasana bawah air.

Tidak hanya itu, Sea World Ancol terus berinovasi dan mungkin tahun ini mereka akan menghadirkan pertunjukan yang lebih menarik atau berbeda untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Apapun pertunjukan yang dipilih, Sea World Ancol tetap menjadi tempat yang ideal untuk membuat kenangan indah bersama keluarga. Dari kegiatan edukatif hingga hiburan yang memikat, Sea World Ancol menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi semua anggota keluarga.

Mengunjungi Sea World Ancol juga bisa menjadi momen nostalgia yang menyenangkan bagi Anda yang pernah mengunjunginya di masa kecil. Sambil mengenang kenangan indah di Sea World, Anda dapat menciptakan kenangan baru dengan keponakan Anda, mengenalkan mereka pada keajaiban dunia bawah laut sambil menikmati suasana khas Tahun Baru Imlek. Dengan berbagai atraksi menarik dan suasana yang meriah, Sea World Ancol adalah destinasi yang sempurna untuk merayakan dan mengapresiasi keberagaman budaya sambil bersenang-senang bersama keluarga.

Alamat: Jl. Lodan timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Melalui lima destinasi Imlek ini, Jakarta memberikan pengalaman yang beragam untuk merayakan Tahun Baru Cina dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Apakah Anda mencari nuansa tradisional, kemewahan modern, atau pemandangan laut yang menenangkan, Jakarta memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat perayaan Imlek Anda tak terlupakan. Selamat menyambut Tahun Baru Cina!

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.