OUR NETWORK

5 Festival Seni Budaya Tahunan yang Bisa Kamu Masukkan ke Itinerary Liburan

Semua orang tentu menantikan waktu di mana mereka bisa pergi berlibur, apalagi di tengah padatnya rutinitas. Jenis wisata yang dipilih pun bermacam-macam, mulai dari wisata alam, city tour, belanja, hingga wisata kuliner. Nah, banyak juga orang yang mengincar jenis wisata seni budaya di kota tujuan berliburnya. Beberapa festival seni budaya juga sudah menjadi itinerary wajib jika kamu berencana mengunjungi kota tempat diselenggarakannya acara tersebut. Sebagian pelancong bahkan menjadikan festival seni budaya itu sebagai alasan untuk mengunjungi kota tempat ia akan berlibur.

Kalau kamu sedang merencanakan liburan tahunan di beberapa kota di Indonesia, pastikan kamu nggak melewati festival seni budaya tahunan berikut ini, ya!

Jember Fashion Carnaval

sumber: Instagram @jemberfashioncarnaval

Digelar di Kota Jember, Jawa Timur, festival ini merupakan karnaval busana tematik yang berhasil mencuri perhatian dunia. Arena yang digunakan oleh acara tahunan yang umumnya digelar pada bulan Agustus ini adalah jalan protokol Kota Jember dengan melibatkan ribuan orang. Tahun ini sendiri, Jember Fashion Carnaval dihelat pada 31 Juli hingga 4 Agustus 2019 dan melibatkan lebih dari 6.000 peserta karnaval. Yang membuat kita tambah bangga menjadi orang Indonesia, acara ini menyabet gelar sebagai karnaval terbaik ketiga di dunia setelah Rio de Janeiro Carnival di Brazil dan Pasadena Flower Carnival di Los Angeles, Amerika Serikat. Wow!

ARTJOG

Sumber: Instagram @artjog.id
Sumber: Instagram @artjog.id

Bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi Yogyakarta pada pertengahan tahun, pastikan kamu tidak melewati festival seni kontemporer satu ini. ARTJOG sendiri biasanya digelar selama satu bulan penuh dalam kisaran periode bulan Mei, Juni, atau Juli setiap tahun. Festival seni ini memfasilitasi seniman dari berbagai kalangan, baik dalam maupun dari luar negeri untuk memamerkan karyanya yang beragam. Ada yang berupa karya dua dimensi, tiga dimensi, performance art, serta instalasi. Tidak sedikit pula orang yang datang hanya untuk mengabadikan diri di tengah karya seni yang unik melalui bidikan kamera. Meski demikian, pastikan kamu tetap mematuhi peraturan yang berlaku di venue, ya!

Pesta Kesenian Bali

Sumber: Instagram @@kapyuk
Sumber: Instagram @dartha_muggle

Bali tidaklah hanya tentang pantai, restoran dan kafe yang “Instagrammable”, atau pun hijaunya alam Ubud. Yuk, sesekali cari tahu mengenai acara seni asli Pulau Dewata ini! Nah, Pesta Kesenian Bali adalah salah satu event tahunan yang nggak boleh kamu lewati jika merencanakan liburan ke Bali pada bulan Juni atau Juli. Pesta seni yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Bali ini pertama kali digelar pada tahun 1979. PKB tahun 2019 sendiri diikuti oleh 4.370 peserta dengan tema Bayu Pramana yang memiliki makna “napas kehidupan”.

Dieng Culture Festival

Sumber: Instagram @festivaldieng

Bisa dibilang, festival seni budaya yang satu ini merupakan salah satu yang paling berbeda dengan festival lainnya. Pada dasarnya, Dieng Culture Festival merupakan acara tahunan khas dataran tinggi Dieng yang menampilkan berbagai kesenian dan kebudayaan, salah satu keunikan dalam rangkaian festival ini adalah ritual ruwatan. Ruwatan adalah ritual pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng yang bertujuan untuk mengusir nasib buruk atau kesialan dan dilakukan atas permintaan anak. Acara yang selalu menyedot ribuan pengunjung ini dimeriahkan dengan acara jazz di atas awan, pesta lampion, kembang api, festival film, dan masih banyak lagi. Biasanya, acara ini digelar sekitar bulan Agustus setiap tahunnya.

Art Jakarta

Sumber: Instagram @artjakarta

Nah, untuk kamu anak ibu kota yang belum merencanakan liburan di pertengahan tahun karena  kepepet deadline, jangan bersedih karena acara seni budaya di Jakarta itu super banyak! Art Jakarta adalah salah satunya. Diselenggarakan pada sekitar bulan Agustus setiap tahunnya, Art Jakarta berhasil menjadi salah satu most anticipated event di ibu kota. Di dunia seni kontemporer internasional, pengaruh Art Jakarta sudah tidak perlu diragukan lagi. Terbukti, Art Jakarta 2019 sendiri mampu menghadirkan tiga sajian utama dalam exhibition program, yaitu Jakarta Gallery yang menampilkan lebih dari 70 karya seniman dalam maupun luar negeri, Jakarta Spot, dan Jakarta Scene. Masing-masing program tersebut tentu memberikan pengalaman seni yang berbeda.

Kalau tahun depan kamu berencana mengunjungi kota-kota di atas, jangan lupa untuk memasukkan beragam festival seni budaya tersebut ke itinerary liburan, ya! Pastikan kamu mendapatkan harga terbaik untuk transportasi ke kota tujuan liburan beserta akomodasinya supaya menghemat budget liburan! Selamat melancong!

 

Sumber Featured Image: idwanderlust

Comments

Loading...