OUR NETWORK

7 Candi Terkenal di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Indonesia adalah sebuah negara dengan kekayaan alam dan kekayaan budaya yang sangat luar biasa. Ada banyak peninggalan budaya di Indonesia yang masih bisa dilihat hingga saat ini, salah satunya adalah candi. Ada banyak candi terkenal di Indonesia yang kemudian menjadi tempat wisata budaya yang populer. Candi-candi tersebut tersebar di seluruh Indonesia dengan karakteristik yang berbeda. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan peninggalan candi terbanyak di dunia.

Dari sekian banyak candi yang ada di Indonesia, ada 7 candi terkenal di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Candi-candi yang saat ini menjadi tempat wisata budaya yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan, berikut ulasannya.

Candi Borobudur

Sumber: Instagram @senikerajinantangan

Borobudur menjadi salah satu candi paling terkenal di Indonesia. Candi ini terletak di Kota Magelang Jawa Tengah. Setiap tahunnya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini terus meningkat. Ada banyak keistimewaan yang dimiliki oleh candi Borobudur. Bahkan Candi Borobudur menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia.

Candi Borobudur merupakan candi terbesar dengan bangunan termegah di dunia, terutama untuk candi peninggalan umat Buddha. Banyak sejarah yang bisa dipelajari dari bangunan candi ini, terutama dari cerita yang digambarkan melalui relief yang sangat cantik. Sampai saat ini masih menjadi perdebatan bagaimana candi ini bisa dibangun sedemikian megah ribuan tahun yang lalu.

Untuk bisa berkunjung ke Candi Borobudur, Anda harus membayar tiket sebesar Rp. 30.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 12.500,- untuk anak-anak.

Candi Prambanan

Sumber: Instagram @jogjabangetdotcom

Candi terkenal di Indonesia yang berikutnya adalah Prambanan. Tepatnya Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman. Banyak pihak yang menganggap Prambanan sebagai candi dengan arsitektur termegah di Asia Tenggara. Candi peninggalan Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9, dibangun untuk persembahan Trimurti. Trimurti sendiri merupakan tiga Dewa yang dipercaya oleh umat Hindu, yaitu Dewa Wisnu, Dewa Siwa dan Dewa Brahma.

Selain itu Candi Prambanan juga sering disebut dengan sebutan Candi Roro Jongrang. Hal ini berkaitan dengan cerita rakyat setempat tentang Roro Jongrang dan berdirinya Candi Prambanan. Saat ini Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke candi ini dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kompleks Candi Penataran

Sumber: Instagram @syfeikarim

Kompleks Candi Penataran berada di Kecamatan Nglegok, Blitar, Jawa Timur. Candi Penataran juga memiliki banyak keistimewaan, berada di lereng Gunung Kelud dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan air laut. Nama asli dari candi ini sebenarnya adalah Candi Palah. Candi peniggalan agama Hindu Siwaitis ini diperkirakan dibangun pada masa Raja Srenggana. Berasal dari kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 masehi. Diteruskan sampai Pemerintahan Wikramwardhana yang berasal dari Kerajaan Majapahit pada tahun 1415.

Banyak sejarah yang menyelimuti Candi Penataran, saat ini Candi Penataran juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya terbaik di Jawa Timur. UNESCO menetapkan Candi Penataran sebagai Warisan Budaya Dunia sejak tahun 1995.

Candi Singhasari

Sumber: Instagram @zamrud_tours_and_travel

Masih dari Jawa Timur, Candi terkenal di Indonesia yang berikutnya adalah Candi Singhasari. Candi Singhasari merupakan situs budaya warisan agama Hindu dan Buddha. Berada di Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menurut sejarah, Candi ini dibuat dari tumpukan batu yang diukir. Sebenarnya candi ini belum selesai dibangun atau masih dalam tahap pembangunan, belum selesai sepenuhnya.

Beberapa patung yang dulunya ada di candi ini telah di bawa ke Museum Belanda, karena pada saat itu terjadi kerusakan candi yang cukup parah. Hanya ada satu patung asli saja yang masih diletakan di kompleks Candi Singhasari.

Candi Gedong Songo

Sumber: Instagram @micky_demsy

Candi ini merupakan candi peninggalan agama Hindu pada masa Wangsa Syailendra abad ke 9. Berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi ini memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah berada tepat di atas Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Seperti namanya, Candi Gedong Songo memiliki 9 bangunan Candi yang memiliki arsitektur yang unik. Candi ini semakin indah karena berada di area pegunungan dengan pemandangan alamnya yang menawan. Di sekitar Candi Gedong Songo juga terdapat pemandian air panas alami.

Saat ini Candi Gedong Songo menjadi salah satu candi terkenal di Indonesia yang selalu ramai dengan wisatawan. Keunikan dan keindahan candi ini mampu menarik wisatawan asing untuk datang dan berkunjung.

Kompleks Candi Arjuna

Sumber: Instagram @rainsibarani

Di dalam Kompleks Candi Arjuna terdapat 5 bangunan candi dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Ada banyak keunikan yang terdapat pada Kompleks Candi Arjuna. Salah satunya adalah berada di lokasi pegunungan tertinggi di Jawa, yaitu Dieng, berada di Perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara. Tepatnya Candi ini berada di ketinggian 2093 meter di atas permukaan air laut. Dengan ketinggian seperti ini, hawa dingin akan begitu terasa saat Anda masuk ke kompleks Candi Arjuna.

Berdasarkan catatan sejarah, Kompleks Candi Arjuna ini pertama kali ditemukan oleh seorang tentara Inggris pada tahun 1814. Berdasarkan relief dan simbol yang terdapat dalam kompleks Candi ini. Candi Arjuna difungsikan untuk tempat pemujaan bagi Dewa Syiwa yang merupakan Dewa Teragung umat Hindu.

Saat ini Kompleks Candi Arjuna menjadi salah satu tempat wisata budaya terbaik di Jawa Tengah. Hal ini juga didukung dengan keindahan alam di sekitar Kompleks Candi Arjuna. Banyak sekali wisata alam menarik dan indah di sekeliling Candi Arjuna.

Candi Mendut

Sumber: Instagram @bunpiau86

Mendut menjadi Candi terkenal di Indonesia yang berikutnya. Pembangunan candi ini diperkirakan ketika masa Kejayaan Syaillendra. Candi Mendut merupakan peninggalan Agama Buddha di Indonesia. Sama seperti beberapa candi lainnya, Candi Medut juga memiliki keistimewaan. Relief yang ada di candi ini banyak menggambarkan tentang binatang, seperti burung manyar dan kera, burung dan kura-kura, kepiting dan brahma dan lain sebagainya.

Candi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ritual kegamaan. Dari begitu banyak keistimewaan yang dimiliki candi ini, sejarah dan cerita rakyat yang menyelimutinya juga tidak kalah menarik.

Itulah 7 Candi terkenal di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Sebagai negara dengan kekayaan budaya yang sangat luar biasa, tidak heran jika Indonesia memiliki banyak peninggalan budaya seperti candi. Bahkan beberapa candi di Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Dunia. Tentu sebuah hal yang membanggakan, sebenarnya kekayaan budaya Indonesia pada masa lalu menggambarkan betapa makmurnya Negara Indonesia waktu itu.

Untuk melestarikan budaya Indonesia, semua masyarakat Indonesia harus ikut berperan aktif. Salah satunya adalah dengan menjaga warisan budaya Indonesia seperti candi dan sebagainya. Selain itu, Anda juga harus ikut berperan aktif dalam menjaga warisan budaya. Beberapa candi di atas hanya segelintir candi yang ada di Indonesia, masih ada banyak candi yang lainnya yang harus dijaga dan dilestarikan.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BZI8FvqHnaG/
instagram.com/p/BY5kWI9hdsk/
instagram.com/p/BZQNMXEDTzT/
instagram.com/p/BWJspWfHaYi/
instagram.com/p/BYPo87CAPxk/
instagram.com/p/BZSG042BU2n/
instagram.com/p/BYmxC1TBBNb/
instagram.com/p/BYC3ZMTgZKT/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…