OUR NETWORK

7 Museum dan Wisata Sejarah di Makassar

Berkunjung ke Makassar memang tidak pernah membuat kamu merasa bosan. Kota yang berjuluk Angin Mammiri ini memang memiliki sejuta daya tarik yang membuat siapa saja betah berada disini. Selain adanya pulau-pulau yang cantik, pantai yang indah, dan kuliner yang tidak ada duanya, Makassar juga memiliki beberapa museum dan wisata sejarah yang akan menambah wawasan.

Jika dalam akhir pekan ini kamu sudah menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai atau pulau-pulau yang ada di Makassar, mungkin sudah saatnya kamu mengunjungi beberapa museum dan wisata sejarah untuk menambah wawasan. Untuk referensinya silahkan baca dibawah ini.

Museum Kota Makassar

Sumber: Instagram @makassar.tempoedoeloe

Museum ini terletak di tengah-tengah kota Makassar, tepatnya berada di jl Balaikota No. 11, berjarak sekitar 25 km dari bandara International Sultan Hassanudin. Sebuah bangunan tua dengan gaya arsitektur Belanda yang menyimpan banyak sejarah karena memang ini adalah bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda dulu.

Monumen Mandala

Sumber: Instagram @faridats

Tempat yang bisa anda tuju untuk menambah wawasan selanjutnya adalah Monumen Mandala, sebuah monumen yang ada di pusat kota Makassar yang dibangun untuk mengenang masa pembebasan Irian Barat.

Disana kamu akan menemukan sebuah bangunan yang berbentuk segitiga dimana bentuk ini merupakan simbol dari Trikora. Oh ya dalam bangunan tersebut juga terdapat berbagai macam relief yang menggambarkan pembebasan Irian Barat.

Benteng Fort Rotterdam

Sumber: Instagram @dr_valyandra

Jika kamu bertanya mengenai benteng ini kepada masyarakat sekitar, mungkin beberapa dari mereka akan menyebut dengan nama lain seperti benteng Panyyua atau benteng Jum Pandang. Ketika kamu mencoba untuk masuk kedalam, kamu akan mendapati sebuah museum Lagaligo yang menceritakan tentang adat budaya Sulawesi Selatan.

Monumen Korban 40.000 Jiwa

Sumber: Instagram @nad_rj95

Seperti nama yang digunakan, monumen ini terletak di Jalan Korban 40.000 Jiwa. Sebuah monumen yang menjadi pengingat dimana para pejuang di Sulawesi Selatan dibantai habis pasukan belanda atas perintah Kapten Raymond Pierre Paul Westerling. Beberapa masyarakat sekitar menyebut peristiwa itu dengan pembantian Westerling.

Makam Raja-Raja Tallo

Sumber: Instagram @andiainunna

Ingin kembali melihat masa Kerajaan Talo? Kamu dapat mengunjungi kompleks pemakaman Raja-Raja Talo, sebuah peninggalan Kerajaan Talo yang masih ada hingga saat ini. Untuk kesana kamu bisa menuju ke jl Sultan Abdullah Raya, Tallo, Makassar. Tahu kah kamu? ternyata masih ada 100+ pemakaman kerajaan di Indonesia lho! salah satunya Makam Raja Siak di Riau yang bisa kamu lihat dalam 10 Wisata Siak yang Penuh Sejarah dan Budaya.

Makam Pangeran Diponegoro

Sumber: Instagram @maia_aprilia

Ketika kamu berbelanja di Pasar Sentral Makassar, jangan lupa untuk mampir di kompleks pemakaman Pangeran Diponegoro dan para keluarganya. Pangeran Diponegoro memang menjadi salah satu toko yang dibanggakan oleh Masyarakat Makassar. Bahkan sebagai sebuah penghargaan, jalan yang dulunya bernama Macinni Ayo diganti dengan Jalan Pangeran Diponegoro.

Jika kamu memulai perjalanan dari Bandara International Sultan Hassanudin, kamu harus melakukan perjalanan sekitar 17 kilometer. Oh ya kamu juga bisa menggunakan angkutan umum untuk sampai ke Makam Pangeran Diponegoro. Pilih saja angkutan yang menuju jalur Pasar Sentral Makassar.

Benteng Somba Opu

Sumber: Instagram @malieck_abdoellah

Ini adalah sebuah benteng yang menjadi peninggalan masa kerajaan Gowa, dimana pada saat itu dibangun oleh Raja ke sembilan pada abad ke 16. Jika kamu hendak menuju kesini, kamu bisa menuju ke jalan Daeng Tata, Kec Makassar. Selain difungsikan sebagai sebuah benteng, dahulunya tempat ini juga menjadi pusat pemerintahan kerajaan Gowa.

Beberapa orang percaya bahwa beberapa hal yang ada didalam benteng ini adalah sisa-sisa peninggalan kerajaan Gowa. Tidak hanya itu saja, kini didalam benteng terdapat sebuah Taman Mini Sulawesi Selatan. Hanya dengan mengunjungi ini seakan kamu sudah menjelajah keseluruh penjuru Sulawesi Selatan.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BXEzMW6jGxJ/
instagram.com/p/BUKv_5dBQOe/
instagram.com/p/BRxAMx6gLPe/
instagram.com/p/BRaYTZPgOsv/
instagram.com/p/BB6x0zKLHnH/
instagram.com/p/BbjenQrgXLc/
instagram.com/p/BUb1_qXBdl4/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…