OUR NETWORK

Barack Obama : Jalan – Jalan Di 5 Lokasi Ini Selama Di Bali

Siapa yang tidak kenal dengan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama? Barack Obama adalah Presiden Amerika Serikat ke 44 yang pernah mendapat dukungan luar biasa dari masyarakat di berbagai negara pada pemilihan umum hingga 10 tahun lalu, termasuk juga Indonesia. Apalagi setelah terkuak fakta mengejutkan bahwa mantan Presiden AS ini pernah menetap dan tinggal di Indonesia saat beliau masih kecil untuk waktu yang cukup lama. Mungkin kenangan masa kecil inilah yang membuat Obama untuk ingin kembali mengunjungi Indonesia khususnya Bali dan Jakarta.

Setelah masa jabatannya berakhir, Barrack Obama memutuskan untuk berlibur di Bali untuk 5 hari dari tanggal 23 – 28 Juni 2017. Selama di Bali, Obama yang datang bersama rombongan keluarganya yang terdiri dari istrinya Michelle Obama, dua putri mereka Sasha Obama dan Malia Obama, saudaranya serta staf khusus dan pengawalnya, melaksanakan agenda liburannya yaitu menikmati keindahan alam dan wisata Ubud, Kabupaten Gianyar.

Dalam kunjungannya yang singkat itu, rombongan keluarga Barack Obama telah mengunjungi beberapa lokasi wisata yang terkenal di Ubud, diantaranya :

Kunjungan ke Agung Rai Museum of Arts (ARMA) dan Pura Dalem

Sumber Gambar : Instagram @amronpaulyuwono

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Ubud juga terkenal karena seni dan budaya Bali-nya yang sudah berkembang bertahun – tahun. Mungkin itulah alasan Obama dan keluarga pada hari kedua liburannya yaitu Sabtu, 24 Juni 2017 menyempatkan diri mengunjungi museum seni ini.

AgungRai Museum of Art (ARMA) sendiri berlokasi di Jl. Raya Pengosekan Ubud, dansudah berdiri sejak tahun 1996, dalam memamerkan berbagai karya arsitekturtradisional Bali yang dikeliling oleh taman – taman tropis. Uniknya, karya –karya seni seperti lukisan dan lainnya di tata dalam taman – taman cantiksehingga semakin memberi kesan keindahan dan kesan yang luar biasa. Dari kotaDenpasar, menuju ke ARMA ini hanya memerlukan waktu 51 menit (21,3 km) melaluiJl. Raya Singapadu. Saat di ARMA, setelah menikmati karya Seni yang dipamerkan, Obama juga mengunjungiPura Dalem dan menyempatkan diri untuk berdo’a dan menaburkan bunga demiperdamaian dunia. Disini, Obama dan keluarga juga mendapat jamuan hidanganjajanan Bali yang disajikan dengan mencicipi es kelapa muda.

Kunjungan ke Area Terasering di DesaJatiluwih, Tabanan

Pada hari selanjutnya yaitu tanggal 25 Juni, rombongan keluarga Obama mengunjungi Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan untuk berkeliling menyusuri area terasering, tracking path, dan mengamati aliran dan sistem irigasinya. Walaupun ada banyak lokasi sawah terasering yang indah di Bali, namun Kawasan Jatiluwih seluas 305 ha ini merupakan yang paling terkenal dengan pemandangan sawah berundaknya yang mempesona, terutama pada musim padi mulai menguning, dan telah menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 2012 sehingga patut untuk disaksikan.

Kawasan Jatiluwih dapat ditempuh sekitar 1 jam 45 menit perjalanan dari Denpasar jika menggunakan mobil melalui Jl. Raya Marga – Apuan.

Sumber Gambar : Instagram @
balibarber

Rombongan Obama tiba di lokasi sekitar pukur 16.00 WITA, dan mulai melakukan tracking hingga 500 meter mengelilingi persawahan. Rombongan Obama berkeliling sawah sekitar 80 menit sambil berbincang – bincang dengan petani setempat mengenai sistem terasering ini. Kunjungan ini juga mendapat perhatian dan antusias masyarakat sekitar, sehingga tak heran masyarakat sudah banyak berkerumun untuk menunggu kedatangan Obama dengan keluarganya.

Menurut Manajer Operasional Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa, meskipun pengamanan Obama ketat, aktivitas wisata kunjungan turis itu tetap berjalan degan baik. Nengah mengatakan bahwa pihak pengelola objek wisata Jatiluwih baru mendapatkan informasi rencana kedatangan Obama sekitar pukul 10.00 WITA. Selanjutnya, diumumkan melalui pusat informasi wisata dan mempersiapkan kunjungannya.

Setelah sempat berfoto – foto dengan warga dan petani setempat, sekitar pukul 17.30 WITA, Obama kembali ke penginapan dengan membawa oleh – oleh beras merah cukup banyak.

Berwisata Arum Jeram (Rifting)ke Sungai Ayung, Badung

Keesokan harinya (26/6), rombongan Obama bergerak menuju salah satu tempat olahraga favorit di Ubud yaitu rafting (arum jeram) di Puri Rafting yang terletak di Sungai Ayung, Banjar Karangdalam Satu, Desa Bongkasa Pertiwi, Kabupaten Badung, Bali. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai Ide Berlibur SERU 3 Hari 2 Malam di Badung! Untuk ke lokasi, dari kota Denpasar menempuh jarak 25,1 km atau 57 menit perjalanan melalui Jl. Ahmad Yani Utara.

Sumber Gambar : Instagram @maestro_travel.ru

Tidak seperti hari – hari sebelumnya, kali ini Obama hanya keluar denganberpenampilan santai dan mengenakan celana pendek dan sandal jepit. Rombongankeluarga Obama memanfaatkan hingga 6 perahu saat hendak mulai menyusuri sungaiAyung dengan mengambil titik start di Puri Rafting dan berakhir di Four SeasonsResort, Desa Sayan, Ubud, yang juga merupakan tempat penginapan keluarga Obamaselama di Bali.

Sungai Ayung ini terkenal akan arusnya yang cukup deras dan berbatu – batu sehinggasangat cocok sebagai lokasi untuk olahraga arum jeram. Rombongan Obama melewatiarea jeram dengan kategori cukup sulit hingga setelah 90 menit perjalananhingga pada akhirnya sampai di tujuan akhir.

Kunjungan ke Pura Tirta Empul

Sumber Gambar : Instagram @amronpaulyuwono

Pada hari terakhir liburannya di Bali, yaitu Selasa 27 Juni rombongan Barack Obama memilih Pura sebagai destinasi wisatanya. Kunjungan Obama dilakukan pada sore hari berjalan – jalan santai dengan tampilan kasualnya yang mengenakan kaus polo putih dan jins biru dipadukan dengan kacamata hitamnya menuju Pura Tirta Empul. 

Untuk menuju ke lokasi, dari kota Denpasar akan menempuh waktu sekitar 1 jam 19 menit (42,1 km) melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus.

Pura Gunung Kawih, Tampaksiring, Gianyar

Sekitar 30 menit lamanya kunjungan ke Pura Tirta Empul, rombongan Obama melanjutkan kunjungannya ke Pura Gunung Kiwi.

Sumber Gambar : Instagram @wayandana

Pura Gunung Kiwi sendiri merupakan destinasi wisata cukup terkenal karena memiliki data tarik sendiri yaitu pahatan dindingnya yang terbuat dari tebing batu. Saat tiba di Pura ini, Obama juga ikut mengenakan sarung, karena merupakan kewajiban saat seseorang memasuki tempat ibadah masyarakat Hindu untuk mengenakan sarung. Dari Pura Tirta Empul, Obama melanjutkan wisata menuju ke Pura Gunung Kawih hanya memakan waktu 11 menit dengan mobil melalui Jl. Sentanu.

Setelah 5 kunjungan singkat ini, Barack Obama dan rombongannya meninggalkan Bali dan bertolak ke Yogyakarta untuk melanjutkan liburan di destinasi wisata yang berbeda untuk 2 hari dan ke Jakarta untuk menyampaikan pidato dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017. Bagi Anda yang ingin mencoba destinasi wisata – wisata yang dikunjungi oleh Obama dan keluarganya, Anda tinggal meluncur ke lokasi wisata dan rasakan sendiri pengalaman menyenangkan saat mengunjunginya.

Comments

Loading...