OUR NETWORK

Berbagai Macam Tarian Bali yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Bali adalah salah satu Pulau di Indonesia yang paling terkenal di Dunia Internasional, khususnya dalam bidang wisata. Ada banyak tempat wisata menarik di Bali yang patut untuk dikunjungi. Bali memiliki banyak sekali pantai yang indah dan mendunia. Selain wisata pantai, Bali juga terkenal dengan berbagai macam tarian tradisionalnya. Kekayaan budaya Indonesia memang sangat luar biasa, setiap Daerah di Indonesia pasti memiki tarian tradisional, bahkan lebih dari satu. Bali sendiri salah satu Daerah yang mempertahankan dan melestarikan budaya, tidak heran jika saat ini masih mudah menemukan berbagai macam tarian Bali. Di bawah ini adalah beberapa tarian Bali yang masih lestari hingga saat ini.

Tari Kecak

Sumber: Instagram @yiyirich

Ini adalah salah satu tarian Bali yang paling populer, bahkan tari Kecak menjadi salah satu buruan wisatawan. Banyak wisatawan yang memilih berwisata ke Bali bertepatan dengan diadakannya tari Kecak. Ini menandakan bahwa tari Kecak juga mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Bali.

Tarian Kecak ini diciptakan oleh Wayan Liman pada tahun 1930, menceritkan tentang Ramayana. Hampir semua penari dari tarian ini adalah laki-laki, tari Kecak menjadi salah satu tarian Bali yang paling unik, biasanya dibawakan oleh puluhan penari. Meskipun hanya dengan gerakan sederhana dan suara “cak.cak.cak” namun tarian ini dianggap sangat istimewa oleh wisatawan, kerena keunikannya.

Tari Puspanjali

Sumber: Instagram @rd_uchida

Tari Puspanjali merupakan tarian sambutan dari Bali yang sangat unik dan menarik. Dilihat dari namanya yang merupakan gabungan dari kata “Puspa” dan “Njali”, yang jika disatukan bemakna “Menghormati bagai bunga”. Tarian ini memang dilakukan untuk menyambut tamu atau wisatawan.

Biasanya tarian ini dibawakan oleh 5-7 orang penari perempuan. Menggambarkan tentang orang yang bergembira menyambut kedatangan tamu. Tarian ini pertama kali diciptakan pada tahun 1989 oleh N.L.N Swasthi Wijaya serta I Nyoman Windha. Sampai saat ini tari Puspanjali terus dilestarikan dan dilakukan untuk menyambut tamu penting serta wisatawan.

Tari Panji Semirang

Sumber: Instagram @dretnowulan

Tarian Bali yang satu ini sering dipertunjukan di luar Pura. Cerita tarian ini sendiri menggambarkan tentang seorang perempuan yang melakukan pengembaraan. Konon katanya diambil dari kisah Galuh Candrakirana yang melakukan pengembaraan dengan menyamar sebagai laki-laki. Dia melakukan hal ini setelah kehilangan suaminya.

Tari Panji Semirang sangat unik, karena ditarikan oleh perempuan dengan mata yang melotot seperti orang yang sedang dalam amarah besar. Meskipun sesekali melemparkan senyuman, mata penari tetap melotot. Pencipta tarian ini bernama I Nyoman Kaler.

Tari Trunajaya

Sumber: Instagram @halimsantoso

Tarian ini dilakukan oleh laki-laki dan mencertikan tentang laki-laki yang sedang memikat perempuan. Gerakan tarian yang tegas juga menggambarkan laki-laki yang perkasa. Tari Trunajaya sering dilakukan dengan iringan Gong kebyar, dan tarian ini bisa dipertunjukan dimana saja. Karena tari Trunajaya hanya dilakukan dengan tujuan hiburan saja.

Jika awalnya penari Trunajaya hanya laki-laki, namun saat ini juga ditarikan oleh perempuan. Tanpa mengubah karakter gerakan yang tegas bak seorang laki-laki. Mata yang melotot juga diperagakan dalam tarian ini. Meski terkesan menyeramkan, namun tarian ini bertujuan untuk menggambarkan laki-laki yang tegas.

Baca juga: 10 Pantai Terbaik yang Ada di Bali

Tari Barong

Sumber: Instagram @taksualit

Ini adalah salah satu tarian Bali yang paling populer dan paling menjadi daya tarik wisatawan. Tari Barong sendiri menceritakan tentang perang atau perseteruan antara kebajikan dan kejahatan. Disini kebajikan digambarkan dengan sosok barong, sedangkan kejahatan digambarkan dengan sosok rangda.

Tarian Barong memiliki gerakan yang unik dan beragam, kebanyakan menyerupai gerakan binatang. Jenis tarian ini juga beramacam-macam, dengan gerakan yang berbeda. Banyak yang beranggapan bahwa kata barong berasal dari kata “baharuang” yang berarti beruang. Namun bentuk barong dalam tarian ini tidak sepenuhnya mirip dengan beruang.

Tarian ini dilakukan oleh 2 orang penari laki-laki, satu berada di bagian kepala dan yang satu lagi dibagian ekor. Memang sangat mirip dengan barongsai, namun tari Barong ini sudah ada sebelum tari barongsai sampai di Indonesia. Dalam pertunjukannya, biasanya diiringi dengan gamelan kebyar, gamelan babarongan dan gamelan batel.

Tari Legong

Sumber: Instagram @romli_sawunggaling

Pada awalnya tarian ini hanya dipertunjukan di area keraton kerajaan Bali, namun saat ini tarian Legong telah berkembang seiring berjalannya waktu. Legong sendiri berasal dari dua kata, yaitu Leg yang bererti luwes dan gong yang berati gamelan. Oleh sebab itulah tarian ini memiliki gerakan yang luwes dan gemulai. Yang diiringi dengan gamelan khas dari Bali dengan nama Semar Pagulingan.

Semua penari Legong memakai atau membawa kipas, kecuali satu tokoh yang bernama Condong. Saat ini di Bali ada beberapa jenis Tari Legong, seperti Legong Kraton, Legong Jobog, Legong Bawa dan lain sebagainya. Tarian ini juga menjadi daya tarik wisatawan, terlihat dari antusiasme wisatawan yang luar biasa saat menyaksikan pertunjukan tari Legong.

Tari Pendet

Sumber: Instagram @makan.buku

Pada awalnya Tarian Bali yang satu ini adalah sebuah tarian pemujaan yang hanya dilakukan di dalam Pura yang ada di Bali. Dengan tujuan menyambut Para Dewa yang turun ke Bumi. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman, para seniman di Bali mengubah tarian ini menjadi tarian sambutan. Tidak heran jika tari Pendet sering dipertunjukan sebagai tarian sambutan tambu atau wisatawan yang datang ke Bali.

Bahkan ada tari Pendet dengan koreografi khusus saat dipertunjukan dalam pembukaan Asian Game Games di Jakarta. Gerakan tari Pendet pada waktu itu di modivikasi oleh I Wayan Rindi yang merupakan salah satu Seniman terbaik di Bali.

Tari Baris

Sumber: Instagram @sttwiradnyana_pokja1

Tarian bali yang terkenal dan menjadi daya tarik wisatawan yang berikutnya adalah Tari Baris. Sesuai dengan namanya, tari Baris ini dilakukan dengan formasi penari yang berbaris. Pada awalnya tari Baris merupakan sebuah tarian ritual, yang kemudian dikembangkan dan dikemas menjadi tarian yang sangat luar biasa.

Gerakan tarian ini mempertontonkan kegagahan para kesatria Bali pada saat berperang. Tidak heran jika dalam tarian ini dilakukan oleh banyak penari, antara 8 sampai 40 orang laki-laki. Namun Tari Baris tidak dipertunjukan pada hari-hari biasa, karena merupakan tarian yang dikeramatkan dan hanya dipertunjukan di hari-hari tertentu.

Tari Margapati

Sumber: Instagram @pregina__bali`

Jika dilihat dari namanya, tarian ini cukup mengerikan. Karena berasal dari dua suku kata, yaitu “Marga” yang artinya jalan dan “Pati” yang artinya kematian. Tarian ini sendiri menggambarkan tentang perjalanan perempuan yang melakukan kesalahan. Meskipun penarinya adalah perempuan, terdapat beberapa gerakan laki-laki dalam tarian ini. Saat diperhatikan lebih seksama, gerakan pada tarian ini menyerupai gerakan mengintai yang siap menyerang.

Beberapa tarian di atas adalah Tarian Bali yang paling terkenal dan menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Bali. Bali sendiri menjadi salah satu Daerah di Indonesia yang masih menjaga dan melestarikan budaya dengan baik. Nuansa budaya dan tradisi akan sangat dirasakan pada saat menginjakkan kaki di Bali. Hal ini juga yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Bali.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BTcA9M7jbzp/
instagram.com/p/BTcA9M7jbzp/
instagram.com/p/BXV0Wo6gzKp/
instagram.com/p/BOXTZXhAmZC/
instagram.com/p/BW9aNi_D24Y/
instagram.com/p/BXYPaFcB77S/
instagram.com/p/_USYdqp7sO/
instagram.com/p/BP3p7vuhgDy/
instagram.com/p/BP_WPV4gc1M/
instagram.com/p/BYk53A1BiHd/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…