OUR NETWORK

Berwisata Sejarah di Situs Kerajaan Namatota – Kaimana

Sumber: id.pinterest.com/pin

Daerah Kaimana memiliki banyak sekali kekayaan budaya yang sangat menarik untuk dieksplore.  Bahkan demi mengembangkan potensi yang ada di daerah ini, pemerintah setempat terus berupaya melakukan pendampingan supaya masyarakat di sana bisa memanfaatkan daya tarik wisata di Kaimana. Salah satunya adalah dengan menjadikan Kampung Namatota sebagai prioritas dalam pengembangan kampung wisata.

Berbicara soal Kampung namatota, tentu tidak akan terlepas dengan hal yang paling melekat dengannya yaitu Kerajaan Namatota. Di kampung ini anda bisa menemukan berbagai peninggalan sejarahnya di Situs Kerajaan Namatota. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait hal tersebut. Tidak perlu berlama-lama, berikut ulasan selengkapnya.

Melihat Peninggalan Kerajaan Namatota

Sumber: id.pinterest.com/pin

Kampung Namatota ini merupakan kampung kecil di Papua Barat tepatnya di Kabupaten Kaimana dan berbatasan langsung dengan Teluk Triton. Kerajaan Namatota sendiri juga dikenal dengan sebutan Kerajaan Kowiai. Ini merupakan kerajaan islam di tanah Papua. Menurut sejarah, Kerajaan Namatota tempo dulu berlokasi di Semenanjung Bomberai.

Uniknya, nih, jika sebuah kerajaan biasanya mempunyai istana yang megah, layaknya kerajaan lain, Kerajaan Namatota tidak demikian. Kerajaan ini hanya memiliki rumah raja yang mereka sebut sebagai rumah adat.

Kendati demikian, rumah raja tersebut sekarang bukan lagi dihuni oleh raja dari Kerajaan Namatota melainkan hanya difungsikan sebagai tempat penyimpanan pernak-pernik serta berbagai aksesoris dari raja-raja Namatota terdahulu. Anda diizinkan melihatnya untuk mengenal lebih dekat detail dari sepak terjang kerajaan ini di masa lalu. Tidak masalah apabila anda ingin memotretnya juga.

Saat anda mengunjungi tempat ini maka akan menemukan juga berupa makam keluarga Namatota yang letaknya ada di depan rumah raja, di samping masjid. Beberapa waktu lalu, area makam ini dilakukan renovasi supaya lebih tertata rapih dan baik pengunjung yang mau melihat atau melakukan ziarah, dapat lebih nyaman.

Sumber: id.pinterest.com/pin

Suasana di sekitar area situs juga asri. Beberapa pohon pun tumbuh disana, dapat digunakan untuk beristirahat sejenak, atau berteduh dari terik sinar matahari.

Walau zaman telah berubah, namun warisan budaya ini tetap dipertahankan, loh. Yup, Kerajaan Namatota masih bertahan sampai sekarang. Apakah anda tahu siapa nama Raja Namatota yang paling terbaru? Raja Namatota yang sekarang adalah Randy Asnawi Ombaier

Jika mengacu pada informasi yang beredar dari berbagai sumber di internet, Randy Asnawy Ombaier Resmi menjadi Raja Namatota sejak tahun 2017.

Sebagai informasi tambahan nih, Kampung Namatota juga merupakan rumah untuk beragam biota laut, sehingga sangat difavoritkan oleh para penyelam. Keindahan bawah lautnya sangat tersohor, loh, sehingga banyak yang memutuskan untuk berlibur ke daerah ini.

Sumber: Instagram @Januar.adri

Adapun keberagaman jenis ikan karangnya tidak berbeda jauh dengan di Raja Ampat. Nah, Raja Namatota juga tentu ikut ambil peran dalam mengembangkan potensi wisata ini untuk menggerakkan sekaligus menaikkan roda ekonomi setempat. Jadi, selain berwisata sejarah, apabila belum puas bisa juga berwisata bahari disini. Setidaknya sekarang, sudah ada dua home stay yang dapat digunakan apabila wisatawan ingin menginap, dan tidak puas menjajal Kampung Namatota hanya dengan sekali singgah. Jangan Khawatir warga disana ramah, ramah, loh.

Sumber: d.pinterest.com/pin

Akses Lokasi

Nah, untuk mencapai lokasi wisata ini anda bisa menyewa perahu motor. Perahu motor tersebut dikenal dengan nama bodi. Kurang lebih memakan waktu 1 jam dari Kota Kaimana. Adapun tarif untuk sewa perahu motor tersebut dapat dinegosiasikan terlebih dahulu dengan sang pemilik perahu. Jangan khawatir, tidak akan terlalu menguras kocek anda, kok. Selama perjalanan anda bisa menikmati panorama lautan lepas yang begitu indah, jadi tidak akan bosan dan tiba-tiba perahu yang ditumpangi sudah menepi saja di dermaga.

Demikianlah sekilas mengenai Situs Kerajaan Namatota. Negara kita memang kayak akan sejarah yang menarik, termasuk tentang bagaimana kehidupan era kerajaan di masa lalu. Sangat menarik jika kita ingin tahu banyak bagaimana mengenai rekam jejaknya. Apabila anda penasaran ingin melihat berbagai bukti peninggalannya secara nyata maka salah satunya bisa mengunjungi tempat wisata sejarah ini. Jadi apabila akan berwisata ke Kampung Namatota, jangan lupa untuk mampir sejenak ke tempat, ini, ya.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali pada pembahasan wisata yang lebih menarik berikutnya.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…