OUR NETWORK

Destinasi Wisata Keluarga Turap Siak di Riau

Liburan panjang sudah menanti di depan mata sehingga banyak wisatwan yang berlomba lomba untuk mencari tempat tempat destinasi wisata yang dapat sedikit mencerahkan fikiran serta dapat sedikit mengurangi beban hidup yang di dapat setiap hari di pekerjaan maupun di dalam lingkungan nah saya di siini akan meperkenalkan destinasi keluarga yang sangat indah dan menawan yang dapat di datangi bersama orang orang tercinta yaitu wisata Turap Siak yang berada di Riau. Wisata tersebut adalah wisata yang favorit masyarakat Riau banyak masyarakt riau yang datang untuk mengabiskan liburan sejenak bersama keluarga mereka dengan menikmati pemandnagan sungai dari pnggiran turap.

Sumber : Instagram @arofa

Tidak hanya wisatawan lokal yang datang namun juga banyak wisatawan yang dari luar Riau yang jauh – jauh datang untuk melihat istana, yang sekarang ini sudah di perbaiki oleh pemerintahan untuk dijadikan lebih menarik. Bahkan banyak wisatawan luar negeri juga yang datang berlibur di sana, untuk menikmati pemandangan dan juga untuk mempelajari sejarah – sejarah melayu yang ada di sana. Banyak pemandangan yang dapat di rasakan di sana tidak hanya Turap, namun juga ada seperti jembatan yang indah dengan banyaknya hiasan yang didekor semenarik mungkin oleh pemerintah setempat. Tak hanya itu sungai juga menawarkan pemandangan yang tidak kalah menarik.

Selain itu Kota Siak juga di kenal dengan sejarahnya yang berasal dari kesultanan Siak Sri Indrapura. Kerajaan itu Berjaya sejak tahun 1723 hingga 1943. Keberadaan kesultanan di tandai dengan adanya Istana Siak yang masih berdiri kokoh dan dengan adanya sejarah tersebut Pemprov Riau sangat gencar dengan merombak besar besaran namun tanpa merusak keaslian bangunan. Hanya menambahkan konsep pemandangan yang indah dan menawan, serta dengan adanya penambahan taman – taman bunga. Kawasan Water Front yang sturkturnya memanjang di sepanjang pinggiran Sungai terdalam di Indonesia tersebut, jadi pastikan Anda memasukan Turak Sia kedalam list yang harus Anda kunjungi.  Yang pastinya Anda tidak akan menyesal dan akan menciptakan momen – momen yang sangat bahagia bersama keluarga dan orang – orang tercinta.

Sumber: Riau Green

Mari sedikit mengenal sejarah Sungai Siak yang dulunya adalah tempat menjadi jalur perdagangan dari perdalamanSumatera menuju pelabuhan antar bangsa di Malaka. Hingga mencipakan kesuksesan oleh para pedagang di sana. Di pinggiranSungai Siak jika kita amati maka kita akan melihat sebuah bangunan benteng yang berdiri kokoh, peninggalan Belanda yang sampe sekarang masih terlihat kokoh dan oleh pemerintah bangunan tersebut di jadikan sebagai objek wisata yang juga tidak kalah indah dan menarik. Membuat bangunan tersebut tetap terawat dan tetap dari tangan oran- orang yang tidak bertanggung jawab.

Sumber: DetikNews

Dinas PU Siak membangun kawasan Water Front City (WFC) tersebut bertujuan untuk dijadikan sebagai kawasan wisata, yang dapat di gunakan warga sekitar sebagai tempat bersantai untuk sedikit menghilangkan penat dari beban pekerjaan yang ada. Panjang kawasan WFC sekitar satu kilo meter yang bertitik kordinat dari depan Istana Siak sampai dengan kelenteng Siak Hok Siu Kiong yang dibangun seumuran dengan Istana Siak. Pembangunan tersebut termasuk sangat cepat hanya berkisaran dua tahun saja. Masyarakat Riau sudah dapat menikmati hasilnya sekitar tahun 2014 sampai dengan 2016

Dulunya kawasan tersebut sebelum dipercantik seperti sekarang oleh pemerintah, merupakan kawasan kumuh yang di jadikan sebagai aktifitas para nelayan sebagai tempat pasar ikan, tempat mandi dan tempat makan serta serta kegiatan lainnya. Namun sekarang tempat tersebut sudah disulap menjadi sangat cantik dan rupawan. Hal tersebut juga menjadi keuntungan tersendiri oleh masyarakat sekitar, karena banyaknya wistawan yang datang untuk sekedar menikmati pemandangn yang ada dan juga membeli ikan disana.

Sumber: Riau Aktual

Lokasinya pun tdak terlalu jauh jika di tempuh dari Pekanbaru menuju Riau, membutuhkan waktu sekitar dua jam atau 130 kilometer jika mengendarai mobil. Kota Seri Siak Indrapura berada di pinggiran Sungai siak dan bisa langsung di akses melalui jalur air menuju Selat Malaka dan negara tetangga.

Comments

Loading...