spot_img

Jalan-Jalan ke Taman Spathodea, Wisata Keluarga Yang Murah Meriah

Jakarta adalah sebuah provinsi yang terkenal sebagai ibukota Indonesia. Di samping itu, Jakarta juga dikenal sebagai kota metropolitan terbesar di negara ini. Oleh sebab itu, banyak sekali masyarakat datang ke kota ini sehingga kepadatan penduduk pun mencapai 16.937 jiwa per kilometer persegi. Itulah mengapa Jakarta terkesan sesak dan penuh macet. Oleh karena itu, warga Jakarta membutuhkan ruang terbuka agar bisa bernafas lebih lega dan melepas stress akan penuhnya Kota Jakarta. Pemerintah pun mulai membangun ruang terbuka hijau untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat tersebut. Salah satunya adalah dengan membangun Taman Spathodea. Ingin lihat penampakan taman ini? Yuk, simak ulasan terkait Taman Spathodea dibawah ini!

Taman Spathodea

Taman Spathodea terletak di Jl. Kebagusan Raya, RT. 13 RW. 5, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Sesuai nama kecamatannya, taman ini juga dikenal sebagai Taman Spathodea Jagakarsa. Dulunya, taman ini adalah kolam empang dan tempat pembuangan sampah. Namun kini, taman yang terletak di area perumahan mewah ini telah diubah menjadi taman yang asri. Di samping itu, taman ini juga unik karena mempunyai kontur berundak. Kontur ini membuat taman menjadi naik turun dan terlihat seperti bukit-bukit kecil.

Sumber Gambar: backpackerjakarta.com

Nama Spathodea sendiri berasal dari nama tanaman Spathodea campanulata, karena taman ini banyak ditumbuhi tanaman jenis ini. Tanaman ini berasal dari Benua Afrika dan sering dikenal sebagai African Tulip Tree. Selain tanaman tersebut, Taman Spathodea juga banyak ditumbuhi oleh tanaman flamboyan, mahoni, angsana, nangka, glodogan, dan mangga yang semakin membuat taman ini terlihat rindang. Taman ini juga banyak ditutupi oleh rerumputan yang semakin membuatnya terlihat hijau.

Ada beragam fasilitas yang berada di taman ini. Dimulai dari fasilitas olahraga, Taman Spathodea memiliki lintasan yang bisa digunakan pengunjung untuk jogging. Lintasan tersebut juga bisa dilewati pengunjung menggunakan sepeda. Di samping itu, Taman Spathodea juga dilengkapi oleh beragam alat fitness luar ruangan.

Sumber Gambar: backpackerjakarta.com

Bila pengunjung berniat membawa anak kecil  ke taman ini, maka tak perlu khawatir karena Taman Spathodea juga dilengkapi arena bermain anak-anak yang menarik dan dicat dengan warna-warna cerah. Selain itu, di taman ini juga ada kolam ikan yang berupa danau kecil di mana para pengunjung bisa memberi mereka makan. Tentu aktivitas ini sangat disukai oleh si kecil.

Sumber Gambar: backpackerjakarta.com

Jika mulai terasa lelah, pengunjung bisa duduk di tempat yang disediakan. Sembari duduk maka bisa sambil menikmati segarnya udara dari pepohonan beserta sejuknya angin semilir. Untuk mendukung pengalaman menyenangkan selama di Taman Spathodea, taman ini juga dilengkapi beragam fasilitas lainnya, seperti kamar mandi dan area parkir yang cukup luas. Bahkan, area parkir taman ini bisa ditempati mobil-mobil para pengunjung. Selain itu, pengunjung  juga bisa melihat tempat-tempat sampah yang tersebar di seluruh taman sehingga memudahkan pengunjung untuk membuang sampah. Uniknya, tempat-tempat sampah tersebut mempunyai warna yang cantik, lho!

Bila ingin mengunjungi taman ini, maka pengunjung bisa datang antara jam 6 pagi – 6 sore setiap harinya. Disarankan untuk tidak berkunjung terlalu sore agar tetap bisa menikmati taman ini lebih lama. Tidak ada biaya yang dikenakan ketika megunjungi taman ini alias gratis. Namun pengunjung tetap perlu menyisihkan sedikit uang untuk membayar parkir kendaraan.

Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak sekitar 20 kilometer bila dimulai dari pusat Kota Jakarta. Jika ingin naik angkutan umum maka bisa naik mikrolet M17 dengan rute Pasar Minggu – Lenteng Agung dan turun persis di Taman Spathodea. Bila ingin naik KRL turunlah di Stasiun Lenteng Agung dan melanjutkan perjalanan dengan jarak tidak sampai 3 kilometer atau juga bisa naik bus Transjakarta ke arah Ragunan untuk mengunjungi Taman Spathodea karena taman ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pintu utama Kebun Binatang Ragunan. Yuk, langsung saja kunjungi taman indah yang gratis ini. Cocok sekali untuk mengisi waktu senggang atau waktu libur Sabtu dan Minggu bersama keluarga, sahabat atau pun bersama kekasih.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.