spot_img

Jangan Ngaku Ke Yogyakarta Kalau Belum Mengunjungi Keraton Yogyakarta

Kalau kalian sedang berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta ada satu lokasi wisata yang rasanya tidak boleh untuk kalian tinggalkan karena tidak hanya menawarkan pemandangan yang mengesankan akan tetapi juga menawarkan edukasi sejarah mengenai Daerah Istimewa Yogyakarta itu sendiri. Lokasi wisata yang kami maksud adalah Keraton Yogyakarta yang merupakan Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan hingga saat ini masih berfungsi sebagai kediaman Sultan.

Sumber Gambar: Google Maps @Su Ah Lim 6116 (World traveller)

Selain sebagai kediaman Sultan, beberapa kompleks yang ada di Keraton Yogyakarta sudah dialih fungsikan sebagai museum yang menyimpan benda – benda bersejarah koleksi Kesultanan sehingga sangat cocok bagi kalian yang senang dengan sejarah. Selain itu Keraton Yogyakarta juga masih menjaga warisan – warisan budaya adat dan juga kesenian tradisional sehingga dalam waktu – waktu tertentu Keraton Yogyakarta akan menyelenggarakan pagelaran seni tradisional yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Sumber Gambar: Google Maps @Irma Mustafa

Nah, kalian penasaran dengan seberapa menyenangkannya berlibur di Keraton Yogyakarta ini? Tenang, kami akan memberikan kalian beberapa informasi menarik mengenai apa saja yang akan membuat kalian betah untuk berlama – lama menghabiskan waktu liburan kalian di Keraton Yogyakarta ini.

Ada begitu banyak hal yang bisa kalian nikmati selama berada di Keraton Yogyakarta yang akan membuat kalian lupa akan waktu, dan di bawah ini akan kami berikan beberapa hal menarik tersebut. Penasaran? Kalau begitu ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Menikmati Keindahan Keraton Yogyakarta

Sumber Gambar: PKG YIA

Sultan Hamengkubuwana I dikenal sebagai seorang arsitek yang sangat handal dan bahkan sampai diakui oleh ilmuwan dari Bangsa Belanda yang berada di Indonesia pada waktu itu, kepiawaian tersebut terlihat dari desain dari Keraton Yogyakarta. Desain Keraton Yogyakarta ini sendiri sebagai salah satu contoh dari arsitektur asli Jawa Terbaik yang dapat kalian temukan di Indonesia.

Di Keraton Yogyakarta kalian akan melihat banyak sekali situs – situs bersejarah yang masih berfungsi dengan baik, walaupun beberapa situs – situs tersebut sudah dialih fungsikan menjadi sebuah Museum yang dapat kalian kunjungi. Kalian juga akan menemukan sebuah Paviliun Istana yang sangat luas dan memiliki tujuh buah Balairung mewah yang desain arsitekturnya akan membuat kalian terkesima.

Alun – Alun Utara Dan Alun – Alun Selatan

Sumber Gambar: Kompasiana

Di Keraton Yogyakarta ada dua alun – alun yang dapat kalian temukan yaitu pada bagian Utara dan juga bagian Selatan dan namanya sendiri adalah Alun – Alun Utara dan juga Alun – Alun Kidul. Alun – Alun Utara merupakan sebuah tempat yang biasanya digunakan untuk acara rakyat dan acara Kerajaan yang melibatkan masyarakat sekitar, yang ketika sedang tidak ada acara dimanfaatkan sebagai lahan parkir.

Sedangkan Alun – Alun Kidul yang terletak pada bagian Selatan Keraton Yogyakarta ini adalah Alun – Alun yang dijadikan sebagai pusat hiburan rakyat yang mana para pengunjung dapat menikmati hidangan – hidangan khas di Angkringan.

Kompleks Sri Manganti

Sumber Gambar: Indonesia Kaya

Kompleks Sri Manganti adalah sebuah kompleks yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan Pusaka – Pusaka Keraton dan juga Alat – Alat Musik Gamelan milik Keraton Yogyakarta yang terletak di sebelah Selatan Kamandhungan Ler. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan akan tetapi Kompleks Sri Manganti ini juga terkadang digunakan untuk menyelenggarakan acara – acara pariwisata Keraton.

Kompleks Untuk Melakukan Acara

Sumber Gambar: JOGJA TOUR

Di Keraton Yogyakarta ini ada beberapa kompleks yang biasanya digunakan untuk melakukan berbagai macam acara mulai dari acara adat hingga acara kesenian yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Ada Kompleks Kamandungan Ler yang mana digunakan untuk melakukan acara adat seperti Garebeg dan juga Sekaten, yang diselenggarakan di bangunan utama bernama Bangsal Ponconiti.

Kompleks berikutnya adalah Kompleks Siti Hinggil Kidul yang merupakan sebuah kompleks yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan Pagelaran Seni seperti Wayang Kulit, Pameran dan acara lainnya. Berikutnya adalah Kompleks Kamagangan yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan acara Pertunjukan Wayang Kulit dan juga digunakan untuk tempat Upacara Bedhol Songsong.

Lokasi dan Alamat Keraton Yogyakarta

Masih ada banyak lagi tempat – tempat menarik yang bisa kalian kunjungi saat sedang berada di Keraton Yogyakarta seperti Masjid Gedhe yang merupakan Masjid Raya Kesultanan yang terletak di sebelah Barat Komplek Alun – Alun Utara. Jika kalian ingin menghabiskan waktu liburan kalian di Keraton Yogyakarta maka kalian dapat mengunjungi lokasinya di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.