OUR NETWORK

Keraton Suryanegara, Saksi Bisu Sejarah Kerajaan Sanggau Di Perbatasan Negara

Sumber Gambar: trepelin.com

Kabupaten Sanggau, menjadi salah satu wilayah yang menarik untuk dikunjungi. Dimana, kawasan ini selalu menawan dengan berbagai macam pesona sejarah yang seakan tidak akan pernah habis. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi dan belajar mengenai sejarah ini adalah Keraton Surnyakencana.

Disini, kamu bisa belajar bagaimana kerajaan Sanggau berdiri. Banyak koleksi menarik dan menawan bisa kamu lihat. Beberapa titik spot foto juga sudah disiapkan untuk menarik banyak orang agar datang mengunjungi. Apalagi, kawasan ini terletak di perbatasan negara Indonesia dan Malaysia. Sudah pasti akan sangat menawan untuk dikunjungi.

Mengenal Keraton Suryakencana

Sumber Gambar: akurat.co

Dilihat dari sejarahnya, keraton ini merupakan peninggalan dari kerajaan Sanggau. Dimana, pembangunannya diprakarsai oleh Putri Daranante. Kawasan ini paling tepat dikunjungi saat sore hari. Letaknya yang berada di tepian Sungai Kapuas membuatnya ramai dikunjungi.

Menikmati sore disini adalah sebuah kewajiban, suasananya cukup tenang dan syahdu. Rasanya semua kepenatan yang ada di kota luntur seketika. Apalagi, kamu bisa membaur dengan masyarakat sekitar yang juga memanfaatkan momen ini. Ajaklah satu atau dua orang bercengkrama, penduduk sekitar pasti sangat senang karena, mereka semua adalah orang-orang yang baik.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Pada tahun 2004 dan 2006, keraton ini sudah mengalami pemugaran. Hanya saja, untuk tangga bagian depannya tidak direnovasi. Maklum saja, penggunaan kayu ulin di tangganya. Sehingga akan bisa bertahan dari musim apa pun sampai bertahun-tahun lamanya.

Cara Menuju ke Keraton Suryakencana

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Sanggau. Menuju ke sini kamu bisa menggunakan pesawat terlebih dahulu menuju ke Bandara Supadio. kemudian, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi selama 4 jam 20 menit lamanya. Bila ingin lebih dekat lagi, kamu bisa pergi ke Kabupaten Sintang yang memerlukan waktu 2 jam 1 menit saja. Untuk jam bukanya sendiri kamu bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 9 pagi. Kemudian, pukul 7 pagi akan ditutup untuk umum.

Keindahan Keraton Suryakencana

Sumber Gambar: Facbook @istana Surya Negara

Sebelum kamu masuk kedalam, kamu bisa izin terlebih dahulu kepada kuncen yang ada disini. Maklum saja, tempat ini masih memiliki unsur magis yang cukup kental. Di ruang tamunya cukup luas. Kalau yang tidak tahu, kawasan ini seperti rumah biasa. Dimana, kamu bisa menemukan sofa yang cukup panjang dan empuk.

Di kanan dan kirinya, kamu bisa melihat foto-foo berjajar yang merupakan pimpina nKerajaan Sanggau terldahulu. Berlanjut ke ruang berikutnya, kamu bisa menyaksaikan sebuah Singgasana yang berkilau dengan emas. Ruangan singgasana ini pun cukup luas.

Mungkin bisa untuk 5 sampai 10 orang. Dimana, di tengahnya menggunakan tiang penyangga yang jumlahnya ada 4 buah. Sayangnya, menuju ke tempat ini tidak bisa semua orang diperbolehkan. Bagi wanita yang sedang datang bulan dillarang untuk bisa masuk ke dalam Istana, takut mengotori kesucian tempat ini.

Ada banyak koleksi yang masih bisa kamu lihat di keraton ini. Dimana, kamu masih bisa melihat baju raja dan ratu. Ada juga meriam, peti besi, kopiah raja, Alquran, lonceng, pedang, keris, gong dan masih banyak lagi yang bisa kamu nikmati disini.

Ada juga salah satu pedang yang konon menjadi salah satu saksi dari pendirian Kabupaten Sanggau. Pedang tersebut diletakkan di sebuah kain kuning. Dengan pedang dan gagangnya yang berwarna kuning keemasan yang panjangnya hampir 1 meter. Pedang kuno yang menjadi koleksi tertua di tempat ini.

Upacara Faradje

Kalau mau berkunjung ke tempat ini disarankan untuk datang saat ada Upacara Faradje. Dimana, masyarakat akan melakukan sebuah ritual untuk membersihkan semua benda-benda kerajaan. Tidak hanya itu saja, upacara ini juga mampu membersihkan wilayah dari berbagai malapetaka yang akan datang.

Biasanya, benda-benda pusaka ini akan dimandikan dengan menggunakan tepung mawar, Menurut Melayu sanggau sendiri tepung mawar adalah sebuah tepung beras yang sudah dibacakan dengan doa-doa. Upacara ini biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

Kesimpulan

Keraton Suryakencana adalah keindahan sejarah yang ada di Kabupaten Sanggau. Dimana, kamu bisa belajar banyak mengenai sejarah kota ini. Banyak koleksi yang bagus dan menawan bisa kamu dapatkan disini. Jadi, sudah siap belum mengunjungi Istana yang megah diperbatasan ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…