OUR NETWORK

Keunikan Rumah Adat Pakpak Dari Sumatera Utara

Sumber: steemit.com

Di Indonesia memiliki budaya yang beragam dari mulai lagu, tarian , baju hingga rumah. Mereka memiliki keunikan masing – masing yang tersebar di seluruh Indonesia yang membuat Indonesia memiliki keragaman yang begitu mempesona hingga kemancanegara. Jika kita berbicara tentang Rumah saya teringat tentang keunikan Rumah yang di miliki adat Pakpak dari Sumatera Utara dengan desain yang sangat menantang serta memiliki citra yang kuat membuat rumah itu cukup membuat saya ingin menggali lebih dalam tentang artian setiap inci Rumah tersebut.

Sumber: batak-network.blogspot.com

Pemilik rumah adat Pakpak atau bisa di sebut yang menciptakan adalah Suku Batak Pakpak salah satu suku bangsa di Indonesia yang tersebar dibeberapa kabupaten atau kota di Sumatara Utara dan Aceh sampai sekarang masih ada. Contoh kabupaten yang menaungi Suku Batak Pakpak  seperti Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Barat , Kabupaten Humbang Hasudutan, Tapanuli Tengah ( Sumatera Utara ), Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Sumbulsalam (Perovinsi Aceh).

Dalam data pemerintahan yang telah terdaftar banyak Suku Pakpak yang bermukim di wilayah Kabupaten Dairi di Sumatera Utara yang kemudian lebih di kembangkan lagi wilayahnya oleh pemerintahan setempat pada tahun dua ribu tiga menjadi dua Kabupaten yakni Kabupaten Dairi Ibu Kota Sidikalang dan Kabupaten Pakpak Bharat dengan Ibu Kota Salak. Banyak yang mengatakan bahwa, terbentuknya suku Pakpak kemungkinan berasal dari keturunan tentara Kerajaan Chola di India yang mencoba menyerang Kerajaan Sriwijaya pada abad sebelas Masehi.

Rumah suku Pakpak memiliki bentuk yang unik dan khas yang terbuat dari bahan kayu dengan atapnya yang terbuat dari bahan ijuk. Bentuk arsitektur Rumah Adat Pakpak Sumatera Utara tidak hanya berbentuk seni budaya namun  di setiap bagian – bagian rumah adat Pakpak memiliki artian yang bermakna di mana menggambarkan bagaimana polah pikiran dan bagaimana Suku Pakpak berbudaya pada jamannya. Berikut beberapa bentuk dan arti Rumah adat Pakpakbdari Sumatera Utara. Bunga atap bentuknya melengkung dan memiliki arti “Berani memikul resiko yang berat dalam mempertahankan adat istiada. Lalu Tampuk Bumbungan yang memiliki arti “ Simbol kepercayaan Pukpak “  ber simbol Caben.

Sumber: steemit.com

Lalu ada tanduk kerbau yang melekat pada bumbung atap Rumah pakpak yang memiliki arti “Semangat Kepahlawanan Puak Pakpak”dan juga bentuk segitiga yang terdapat di Rumah Pakpak memiliki arti menggambarkan susunan adat istiadat Puak Pakpak dalam urusan kekeluargaan yang terbagi menjadi tiga besar. SENINA adalah saudara kandung laki-laki, BERRU adalah saudara kandung perempuan dan PUANG adalah kemanakan.

Dua buah tiang besar disebelah muka rumah memiliki arti kerukunan rumah tangga antara istri dan suami lalu arti dari satu buah balok besar yang di namai Melmellon yang berarti kesatuan dan persatuan dalam segala bidang pekerjaan menjadi gotong royong. Dan ada juga ukiran – ukiran yang terdapat pada segitiga muka rumah adat Pakpak yang bebentuk bahasa daerah pakpak  yang berarti bahwa suku pakpak memiliki darah seni yang begitu kental.

Pintu masuk dari bawah kolong rumah menunjukan kerendahan hati dan kesiap siagaan adat suku Pakpak dalam segala hal. Sedangkan fungsi yang di miliki oleh Rumah adat suku Pakpak yaitu penggunaan rumah untuk bermusyawarah untuk kepentingan umum dan juga biasa di gunakan untuk acara – acara adat. Itulah beberapa artian yang dimiliki oleh Rumah suku adat Batak Pakpak yang sederhana namun memiliki artian yang mendalam  siapapun wisatawan yang ingin melihat langsung seperti apa keunikan rumah adat suku Batak Pakpak bisa langsung datang ke Medan Sumatera Utara.

Kita sebagai penerus bangsa dan negara sebaiknya selalu merawat dan jangan apapun peninggalan nenek moyang kita sehingga kelak anak dan cucu kita yang akan datang juga dapat menikmati dan dapat meneruskan

Sumber: headtopics.com

Keindahan dan keunikan budaya-budaya terdahulu dan jangan sampai merusak budaya – budaya yang telah di bentuk oleh oran- orang, alangkah lebih baiknya bila lebih mengenal dan mempromosikan apa yang dimiliki Negara kita ke jagat internasiona sehingga membuat kita menjadi lebih bangga lagi menjadi warga Negara Indonesia – terimakasih salam wisatakawan

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…