OUR NETWORK

Masjid Lasusua, Ikon Kabupaten Kolaka Utara yang Tak Tergantikan

Sumber: anugerahkubah.com

Masjid saat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja. Meainkan, juga digunakan sebagai salah satu objek wisata yang mengesankan. banyak ilmu-ilmu dan pelajaran penting yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya soal kedekatanmu dengan Tuhanmu melainkan dengan manusia dan masih banyak lagi.

Salah satu keindahan yang harus kamu kunjungi bila pergi ke arah timur adalah Masjdi Lasusua. Pesonanya sangat menarik dan menawan. Kamu akan tersadar bila kawasan ini adalah Indonesia. Bukan luar negeri dengan pemandangan langit yang mengesankan dan menakjubkan.

Mengenal Masjid Lasusua

Sumber: anugerahkubah.com

Masjid ini menjadi salah satu kawasan yang cukup mengesankan dimana, merupakan hasil dari reklamasi. Lautan dirubah menjadi pesona masjid yang benar-benar megah. Pemandangan yang disuguhkan benar-benar seperti berada di luar negeri saja. Kubahnya yang berwarna kuning, menjadi simbol kemegahan lainnya.

Pembangunan dari masjid ini sendiri disinkronkan dengan pembangunan pemerintahan Kabupaten Kolaka. Keunikan lain yang bisa kamu lihat adalah jalanan menuju ke tempat ini sudah diblok sehingga akan terlihat seperti sebuah kolam. Padahal, semua ini adalah rekayasa pembangunan yang merupakan air laut.

Sumber: Facebook @Lasusua Berdagang

Pepohonan di samping kanan dan kirinya juga ditanami pohon sehingga, suasana sangat asri dan nyaman. Paling betah untuk berlama-lama di kawasan ini. Apalagi, semilir angin pantai selalu berhembus tanpa henti.

Sejarah mencatat, untuk bisa membangun bangunan masjid seperti ini, membutuhkan waktu kurang lebih 8 tahun. Dimana masa pembangunan mulai tahun 2009 dan berakhir di tahun 2017. Luas bangunan masjid mencapai 2500 meter persegi yang menempati lahan seluas 22,500 meter persegi. Untuk kapasitas jamaahnya sendiri mampu  menampung kurang lebih 3000 jamaah sekaligus.

Nama resmi yang diberikan oleh pemerintah pertama kali adalah Masjid Agung Bahrurrasyad wal ittihad. hanya saja, nama yang digunakan ini terlalu panjang sehingga, banyak yang mengenal dengan nama masjid lasusua.

Cara Menuju ke Masjid Lasusua

Masjid megah ini terletak di Bypass Desa Ponggiha, Kecamatan Lasuasua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Menuju ke objek wisata ini cukup mudah. Kamu bisa naik pesawat menuju ke Bandara Pomala. Sayangnya penerbangan langsung dari Jakarta belum ada.

Jadi, kamu akan diarahkan ke Makasar terlebih dahulu dan bisa melanjutkan penerbangan ke Bandara Kolaka Utara. Total waktu tempuh kurang lebih 7 jam sampai 9 jam lamanya dengan harga pesawat mulai dari 900 ribuan. Dari sini, kamu bisa menggunakan perjalanan darat selama 3 jam sampai 4 jam lamanya.

Ada cara lain melalui penerbangan menuju ke Kendari. Kemudian, kamu bisa menggunakan jalur darat dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam sampai 6 jam lamanya. Waktu yang cukup panjang. Kamu bisa memilih mana yang menurut kamu nyaman.

Keindahan Bangunan

Sumber: singgahkemasjid.blogspot.com

Waktu terbaik untuk menikmati Masjid ini adalah sore hari. Biasanya akan banyak pedagang yang memadati sepanjang jalur menuju masjid. maklum saja, pemandangan matahari terbenam dari sini benar-benar membuatmu terkesan. Rasanya, enggan untuk berkedip dan terus ingin menikmatinya.

Sumber: Youtube @achmadfauzi hm

Kalau di bulan Ramadhan, Tidak banyak pedagang kaki lima. tetapi, banyak jamaah yang menikmati suasananya. Bisa duduk-duduk di masjid, di area parkir, atau mendengarkan tausiyah di masjid. Sebelum bedug tiba, beberapa jamaah akan menempati tempat yang sudah disediakan untuk berbuka bersama. Momen-momen inilah yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Arsitektur Bangunan Masjid

Berbicara mengenai arsitektur bangunan, kawasan ini memang cukup mengesankan. dibangun dengan gaya timur tengah. Dua warna utamanya yaitu putih dan kuning menjadi warna kebesaran yang akan kamu temui selama menjelajah tempat ini.

Sumber: skygrapher.id

Begitu pula dengan kubahnya yang berwarna kuning. Untuk menambahkan keindahan, di sebelah utara, selatan, dan barat sudah dibangun sebuah menara yang sedikit jauh dari bangunan utama. Berbentuk bulat dengan kubah berwarna emas yang senada dengan kubah bangunan utama.

Keramik dan dindingnya kamu akan disuguhkan dengan lantai berupa keramik serta dinding dengan berbagai ornamen. Kamu juga bisa melihat pahatan kaligrafi yang mengesankan mata.

Kesimpulan

Keindahan Masjid Lasusua juga tampak megah di malam hari dengan berbagai lampu yang menghiasinya. Sebuah tempat ibadah yang mengesankan dan menakjubkan banyak orang. Kalau kamu ke Kolaka Utara, jangan sampai untuk melewatkannya. Jadi, kapan kamu akan siap mengunjungi tempat ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…